Cara Diet Sehat dan Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan

Komentar

Diet Sehat via yuklihat.com

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Cari tahu cara diet sehat alami termasuk cara merancang menu diet sehat dan makanan diet sehat dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan cara diet alami tidak hanya dapat membuat kamu mendapatkan berat badan ideal, tapi juga mendapatkan tubuh yang sehat.

Saat ini banyak sekali beragam cara diet yang dilakukan demi menurunkan berat badan. Berikut kami berikan cara diet sehat dan alami yang bisa dicoba! Mari kita simak artikel ini.

Menurunkan berat badan dalam jangka waktu 7 hari itu bukan hal yang mustahil asalkan kita punya banyak kesabaran dan disiplin. Melakukan cara diet alami adalah solusi paling aman untuk menurunkan berat badan. Simak tipsnya untuk Anda di sini.

Diet Tanpa Olahraga dengan cepat merupakan cara diet yang sangat diidamkan bagi orang dengan waktu yang sangat sedikit. Berat badan dan bentuk tubuh ideal adalah sebuah hal yang diimpikan oleh hampir semua orang. Berbagai macam cara dilakukan agar bisa memiliki tubuh ideal.

Banyak sekali cara diet sehat dan alami yang ditawarkan baik oleh ahli kesehatan maupun penjual obat pelangsing. Terutama penjual obat pelangsing, banyak orang yang tergiur untuk membeli obat pelangsing tersebut.

Ada banyak metode diet yang bekerja untuk menurunkan berat badan kita, ingin berat badan turun secara permanen, mari kita simak bersama cara diet sehat dibawah ini.


Diet sehat dan alami via ciricara.com

Penurunan berat badan drastis secara cepat yang tidak menyehatkan menyebabkan beberapa risiko gangguan kesehatan, lagipula penurunan berat badan seperti itu tidak akan bertahan lama dan nantinya juga akan cepat naik kembali. Berikut ini beberapa resiko yang bisa kamu hadapi.

Resiko Diet Ketat:

  • Kurang nutrisi
  • Tubuh mudah lelah dan terasa lemas.
  • Jaringan otot rusak karena diet ekstrim yang cepat tidak membakar lemak, melainkan otot tubuh.
  • Berat badan cepat naik lagi.
  • Gangguan tubuh seperti menstruasi tak teratur, rambut rontok, konstipasi, dsb.
  • Bisa terkena penyakit serius semacam dehidrasi, batu empedu, elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang, 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Diet

Orang yang tidak paham tentang cara diet sehat dan alami menurunkan berat badan biasanya melakukan beberapa kesalahan di bawah ini:
  • Sengaja melewatkan makanan utama, padahal cara ini akan cenderung membuat kamu mengemil makanan-makanan ringan di sela waktu makan utama.
  • Menyepelekan kandunan makanan ringan, padahal ada beberapa cemilan yang jumlah kalorinya tidak disangka banyak. Jadi jangan lupa memeriksa label nutrisi sebelum ngemil.
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kalori banyak, niatnya memang menghindari makanan berkalori tinggi dan beralih ke minuman manis seperti kopi dengan krim ataupun minuman soda. Padahal minuman-minuman semacam itu jumlah kalorinya tidak kalah dibandingkan dengan makanan yang berusaha kamu hindari.
  • Kurang mengonsumsi air putih karena mengira hal itu justru akan membuat gemuk, padahal air mineral penting untuk meningkatkan metabolisme.
  • Menetapkan target berat badan turun yang tidak realistis, contohnya niat mengurangi berat badan 5 kilogram seminggu. Hal ini malah akan memicumu untuk melakukan segala cara agar berat badan turun termasuk cara diet tak sehat. Akhirnya kamu bisa stress dan makan lebih banyak.
Cata diet via resephariini.com

Cara Diet Sehat dan Alami yang Benar

Obesitas atau kelebihan berat badan dipicu oleh banyak hal yaitu faktor pola makan, genetik, dan masih banyak lainnya. Kamu dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan alami tanpa ada efek samping sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh, selain itu lebih murah dan ekonomis. Berikut adalah beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan:

1. Menentukan Target

Target-target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk penurunan berat badan, contohnya jika kamu suka ngemil gorengan, mulai sekarang niatlah untuk berhenti atau mengurangi camilan gorengan tersebut.

2. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

3. Olahraga /Aktif Bergerak

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.

4. Konsumsi Kacang Pistachio

Mungkin belum semua orang sering mendengar kacang pistachio. Kacang jenis ini biasanya tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, Azerbajian Barat dan Iran. Kacang Pistachio relatif lebih mahal dari jenis kacang-kacangan yang lain. Kandung protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein terbaik yang sangat rendah kalori. Jadi, jika kamu memiliki uang lebih tidak ada salahnya mencoba makanan ini sebagai salah satu cara diet alami.

5. Mengonsumsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak Dalam Tubuh

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:
  1. Buah berry: Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  2. Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.
  3. Yogurt: Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.
  4. Teh hijau: Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
Makan sehat via serbaneka.info

6. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Salah satu cara diet alami dalam 1 minggu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serta. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.

7. Mengganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Pilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Tertentu

Akan lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus daripada makanan yang digoreng. Makanan yang dikukus atau direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digoreng dalam minyak panas. Apalagi makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi.

9. Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Makanan siap saja, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.

10. Mengatur Isi Makanan Di atas Piringmu

Yang harus kamu lakukan adalah mengatur ulang makanan di atas piringmu. Intinya adalah memenuhi sepertiga piring kamu dengan makanan rendah lemak seperti ikan, daging unggas, atau daging tanpa lemak. Selain itu, perbanyak buah dan sayuran serta kacang-kacangan. Pilih juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah. Kalau suka buah, pilih yang tidak terlalu manis seperti alpokat, tomat, dan apel.

11. Memperhatikan Pola Makan Malam

Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil. Jadi atur pola makan malam kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, selain itu juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan jika tidak ingin perut menjadi besar (buncit).

Badan ideal via nutrisisehat.over-blog.com

Itulah cara diet sehat dan alami dan tidak berbahaya, diet memang membutuhkan waktu yang cukup lama, dan kita sebaiknya jangan melakukan diet ketat, karena diet ketat bisa merusak kesehatan tubuh kita sendiri dan diet ketat bukanlah solusi yang baik untuk mendapat tubuh ideal.

Lakukan cara diet sehat seperti diatas, agar kita bisa mempunyai tubuh ideal dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda.
Top