Pakai Cara Diet yang Sehat Ini! Tak Hanya Langsing, Tubuh Juga akan Terhindar dari Berbagai Penyakit

Komentar

Cara diet yang sehat via alodokter.com

Banyak orang mencari cara diet yang sehat untuk memilki tubuh yang ideal. Memiliki tubuh yang bagus dengan berat dan tinggi badan ideal adalah impian semua orang. Faktor utama yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makan atau menjalani diet. Meski Anda sangat ingin mendapatkan berat badan yang ideal, sebaiknya Anda pilih-pilih diet yang tidak membahayakan kesehatan.

Banyak orang yang menganggap diet sama dengan mengurangi porsi makan atau malah tidak boleh makan sama sekali. Alih-alih mendapat tubuh langsing yang diidamkan, tubuh menjadi tidak fit, mulai dari sariawan hingga terkena maag.

Cara diet yang sehat tidaklah sulit, sebab pada dasarnya semua orang – mau yang kelebihan berat badan atau tidak – harus melakukan diet ini agar terhindar dari berbagai penyakit kronis di kemudian. Lalu, bagaimana cara diet yang sehat dan alami?

1. Pasang target yang masuk akal

Saat Anda memutuskan berdiet, targetkanlah berat badan yang harus Anda turunkan. Tak usah muluk-muluk karena berat badan idelanya turun sebesal 0,5 kg per minggu. Jadi, jangan terlalu terobsesi ingin menurunkan berat badan secara drastis karena hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

2 . Pilih makanan yang tepat, jangan melewatkan waktu makan

makanan yang tepat via pexels.com

Cara diet yang sehat dan alami yang pertama adalah dengan memilih makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ya, pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet Anda.

Cara diet sehat ini dapat Anda lakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Makanan dengan gula tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula sehingga buruk bagi tubuh. 

Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda saja.

Sebaliknya, kalau Anda mau menjalani diet sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, bukan berarti Anda menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk ya. Semua makanan itu tetap kok diperlukan bagi tubuh, namun Anda harus mengatur porsinya dengan baik.

3 . Atur porsinya sesuai dengan kebutuhan

Setelah memilih makanan yang tepat, maka cara diet sehat selanjutnya adalah mengatur porsi makanan tersebut. Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Tentu, ini tidak bisa sembarangan menghitungnya.

Kalau Anda kesulitan Anda bisa konsultasikan hal ini dengan ahli gizi. Namun, bagi Anda yang memiliki berat badan, biasanya akan diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 1500 kalori.

Untuk menerapkan cara diet sehat, ingatlah selalu bahwa dalam satu kali makan Anda harus menyeimbangkan semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Anda dapat menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi, dalam satu kali makan, Anda harus mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur satu mangkuk, serta buah sebagai selingan. Anda bisa menerapkan porsi sesuai dengan ilustrasi gizi seimbang berikut ini.

4 . Mengonsumsi Banyak Air Putih

ilustrasi air putih via vebma.com

Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. 

Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

5 .  Olahraga /Aktif Bergerak

ilustrasi olahraga via beliefnet.com

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan.

Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.

6. Menerapkan pola hidup sehat

Setelah menerapkan berbagai cara diet sehat seperti yang sudah disebutkan di atas, alangkah baiknya jika Anda juga menerapkan pola hidup yang baik secara keseluruhan. Apa saja pola hidup yang baik itu?

Ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, misalnya tidur dengan cukup dan hindari begadang. Lalu, hindari mengonsumsi alkohol yang berlebihan dan jangan merokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehat alami Anda berjalan dengan mudah dan berhasil.

Banyak kan cara bukan yang dapat dilakukan tampa diet ketat, ini dapat menjadi tips bagi anda untuk melakukannya. Dan banyak juga manfaatnya yang dapat diperoleh dari diet yang sehat.
Top