Kenali Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Tepat

Komentar

mommyasia.id

Bagaimana cara mengobati cacar air pada anak?  Cacar air merupakan respon tubuh yang normal terhadap infeksi untuk membunuh bakteri dan virus penyebab sakit.

Cacar air adalah penyakit menular yang umumnya terjadi pada anak-anak berusia di bawah 10 tahun, namun tidak jarang penyakit ini akan menimbulkan masalah pada ibu hamil, bayi yang baru lahir, remaja dan dewasa, serta orang-orang yang memiliki ketahanan imun rendah.

Cacar air pada anak bukanlah kondisi medis yang kritis. Namun, anak yang terjangkit cacar biasanya harus dikarantina di rumah agar tidak menularkan virus cacar pada orang lain, karena cacar air sangatlah mudah untuk menular.

Penyebab cacar air pada anak, bayi dan orang dewasa berasal dari infeksi virus varicella zoster. Virus ini menyerang semua tingkatan usia, apa saja penyebab cacar air ini? Mari kita bahas penyebab dan cara mengobati cacar air pada anak, bayi maupun orang dewasa.

Biasanya cacar air akan datang ketika musim dingin. Sebab, musim seperti ini memiliki kelembaban udara yang tinggi hingga memungkinkan virus dapat berkembang biak. selain cacar air pada anak, cacar air juga bisa dirasakan oleh orang dewasa juga.


buahhatiku.com

Cacar air pada anak biasanya membutuhkan waktu antara 10 hingga 21 hari untuk sembuh dari cacar air. Penularan cacar air pada anak terjadi ketika cacar air itu mulai meletus dan airnya terkena kulit orang lain, atau orang itu  menghirup udara yang terkontaminasi oleh virus varicella maka orang yang terkena air dari virus ini juga bisa tertular.

Ciri dan gejala cacar air pada anak yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Bentol-bentol kecil kemerahan yang perlahan menebal dan terisi cairan
2. Setelah 1-2 hari, bintil mengering, mengelupas, dan menjadi koreng
3. Kumpulan cacar baru akan muncul setelah 4-5 hari setelahnya
4. Diameter bintil tidak lebih dari 0.5 cm
5. Ruam kemerahan yang muncul biasanya dimulai dari area sekitar kepala dan punggung, kemudian menyebar ke seluruh tubuh setelah 1-2 hari
6. Demam. Semakin banyak bintil cacar yang mucul, semakin tinggi demam. Namun, anak Anda mungkin tidak akan mengalami demam pada hari pertama cacar atau jika bintil yang muncul tidak terlalu parah.
7. Ruam juga umum terjadi dalam mulut, kelopak mata, dan kelamin
8. Anak Anda terkena kontak dengan anak penderita cacar air 10-21 hari sebelumnya

Jika anak Anda menunjukkan gejala yang berbeda, hubungi dokter. Umumnya diagnosis cacar air pada anak terbilang mudah. Setelah kita mengetahui ciri dan gejala cacar air pada anak kita akan membahas penyebab cacar air pada anak, bayi, maupun orang dewasa.

jumalkeluarga.com

Penyebab Utama Cacar Air Pada Anak, Bayi, dan Orang Dewasa:

Sebelum diberlakukan vaksin pada tahun 1995, cacar air merupakan infeksi paling umum yang terjadi pada anak-anak, di mana hampir semua pernah terinfeksi sebelum usia 15 tahun dan menyisakan hanya 5% dari populasi yang masih mungkin terinfeksi. Di negara tropis seperti Indonesia, cacar air biasa terjadi di bulan terdingin atau terpanas.Cacar air merupakan penyakit infeksi serius dengan berbagai komplikasi yang dapat menyebabkan kematian, khususnya pada bayi, si Kecil dengan kondisi gangguan pertahanan tubuh, bahkan orang dewasa.1

Cacar air merupakan bentuk pertama dari infeksi Varicella Zoster Virus (VZV). Setelah terinfeksi, virus ini akan tetap berdiam diri di dalam sistem saraf pusat. Virus ini umumnya menyerang si Kecil dengan kondisi gangguan pertahanan tubuh. Penularan cacar air sangat mudah. Jalur utamanya adalah melalui percikan saluran nafas. Cara lain adalah dengan adanya kontak langsung dengan cairan dari vesikel (benjolan berisikan cairan jernih) pada pasien yang menderita cacar air.1,3  Gejala akan timbul rata-rata 14-16 hari sesudah infeksi3, walau jangka waktunya bisa mencapai 10-21 hari setelah paparan.1,3

Itulah penyebab cacar  air pada anak, bayi dan orang dewasa. Sekarang kita akan membahas cara mengobati cacar air pada anak secara alami dan tradisional, dijamin ampuh dan aman.

hellosehat.com


Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami:

1. Jus Buah Mengkudu

cenggrenge.com

Siapa yang tak kenal buah yang rasanya terbilang sangat pahit ini? Ya, meskipun buah ini tidak enak tetapi jangan ragukan kemampuannya. Mengkudu merupakan buah yang kaya akan khasiat, termasuk dalam menyembuhkan cacar air. 

Caranya yaitu, ambil sebanyak 30 gram buah mengkudu matang, cuci bersih, lalu blender hingga halus untuk dijadikan jus. Setelah itu, minum ramuan tersebut secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Kacang Hijau

epicuae.com

Jika Anda tidak menyukai jus buah mengkudu karena rasanya yang sangat pahit, solusi selanjutnya Anda bisa menggunakan ramuan tradisional kacang hijau. Caranya adalah dengan merendam kacang hijau dengan air hingga mengembang, lalu tumbuk halus.Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.

3. Temulawak

go-dok.com

Anda juga bisa memanfaatkan temulawak untuk mengobati cacar air. Caranya yaitu, ambil sebanyak 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan air sebanyak 600ml. Lalu cuci hingga bersih, dan potong kecil-kecil kencur tadi. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tadi dan rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Nah, ramuan tadi bisa Anda minum sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Jagung Muda

majalah-holiday.com

Obat tradisional untuk mengobati cacar air adalah jagung muda. Caranya yaitu cuci terlebih dahulu jagung muda yang Anda dapatkan. Setelah itu parut, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air. Cara pengobatan ini bisa Anda lakukan secara rutin, dimulai dari tahap pengobatan, penyembuhan, hingga menghilangkan bekas cacar air.

5. Berendam air dingin

pixabay.com

Air dingin bertindak sebagai kompres yang meringankan rasa gatal dan kemerahan akibat cacar. Minta anak Anda untuk berendam air dingin setidaknya selama 10 menit setiap empat jam sekali pada beberapa hari pertama ia terkena cacar air. 

Berendam aman dilakukan sebagai terapi rumahan karena cacar menular hanya melalui udara, bukan air. Untuk melindungi bintil cacar agar tidak pecah, jangan gosok dengan handuk saat mengeringkan badan. Tepuk-tepuk perlahan tubuh sampai air menyerap kering.

catatanmini.com

Nah, itulah ciri-ciri, penyebab dan cara mengobati cacar air pada anak. cara mengobati cacar air pada anak ini juga bisa kita lakukan untuk orang dewasa juga, sekarang pengetahuan kita tentang cacar menjadi lebih banyak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Top