Manfaat Cabut Gigi yang Berlubang, Namun Anda Juga Harus Tau Efek Negatif Berikut

Komentar

Sakit gigi via hellosehat.com

Sakit gigi memanglah hal yang sangat menggangu aktifitas kita, maka segera konsultasi pada dokter gigi dan segera cabut gigi yang berlubang. Karena Anda akan merasakan manfaat yang baik.

Cabut gigi kerap menjadi solusi untuk menghilangkan rasa sakit akibat penyakit gigi yang diderita. Namun perlu diketahui, cabut gigi tidak bisa dilakukan sembarangan, kita harus mempunyai alasan yang tepat terlebih dahulu untuk mencabut gigi.

Gigi permanen sebaiknya dipertahankan seumur hidup, tapi ada beberapa alasan yang menyebabkan pencabutan gigi perlu dilakukan. Alasan tersebut salah satunya adala karena gigi berlubang. Cabut gigi bisa menjadi prosedur yang cukup beresiko, untuk itu kenali manfaat dan efek samping dari cabut gigi yang mungkin muncul agar terhindar dari-Nya. Inilah manfaat dan efek samping dari cabut gigi.

Manfaat Cabut Gigi:

1. Lebih Efisien dan Efektif

Perawatan gigi sebenarnya mudah dilakukan jika dilakukan dengan rutin. Perawatan minimal yang bisa dilakukan oleh anda dengan mengosok gigi 2 kali sehari, berkumur dengan obat kumur dan melakukan flossing menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi Anda.

Cara lain untuk merawat gigi agar tidak cepat rusak karena berlubang adalah menghindari makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan Anda perlu mengetahui cara membersihkan karang gigi maupun plak pada gigi akibat sisa makanan yang menumpuk sehingga dengan sikat gigi setiap hari tidak cukup.

Saat gigi Anda berlubang, mencabut sendiri pun menjadi hal yang sulit karena gigi yang tercabut tidak akan sepenuhnya tercabut. Dengan datang ke dokter gigi, Anda mengetahui bagaimana cara cabut gigi berlubang yang benar.

Manfaat cabut gigi berlubang bisa Anda rasakan apabila Anda melakukan cabut gigi berlubang sebagai treatment perawatan gigi Anda. Selain cepat, cabut gigi berlubang bisa menjadi cara yang efektif dan efisien karena masalah gigi berlubang Anda langsung segera ditangani oleh dokter gigi. Selain cepat, cabut gigi berlubang bisa jadi cara yang efisien karena Anda tidak perlu melakukan tidakan perawatan lain sehingga bisa lebih hemat tenaga dan waktu Anda.

2. Mencegah Kerusakan Gigi

Aktivitas mencabut gigi pada gigi berlubang bisa menjadi cara lain untuk mencegah kerusakan gigi. Biasanya kerusakan  gigi yang terjadi pada satu atau dua gigi bisa mempengaruhi kerusakan yang menyebar.

Apalagi untuk gigi yang bersebelahan dengan gigi yang mengalami lubang. Hal ini karena, jika gigi yang berlubang tidak segera ditangani dengan mencabutnya, maka bakteri karena kotoran yang menumpuk seperti plak maupun karang gigi pada gigi berlubang akan menyebar ke gigi yang disebelahnya. Dengan cabut gigi berlubang, Anda juga bisa mencegah efek samping gigi berlubang.

3. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Gigi

Rasa nyeri pada gigi berlubang sering dirasakan bagi Anda yang punya gigi berlubang. Rasa nyeri pada gigi bukan hanya dirasakan saat Anda sedang makan dan minum saja. Saat Anda sedang tidak makan dan minum pun, Anda bisa merasakan nyeri. Nyeri pada gigi berlubang bisa menjadi indikasi gigi Anda mengalami masalah kesehatan gigi berlubang. Dengan mencabut gigi berlubang maka Anda akan merasakan manfaat cabut gigi berlubang yaitu dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi.

4. Mencegah Masalah Gigi Lainnya

Gigi berlubang tidak hanya merusak satu gigi saja, biasanya gigi berlubang bisa menjadi pemicu timbulnya masalah gigi lainnya misalnya gigi linu atau nyeri, gusi berdarah maupun hitam akibat gigi berlubang. Manfaat cabut gigi berlubang juga bisa membantu Anda untuk mencegah masalah gigi untuk tidak lebih parah lagi

5. Aktivitas Makan dan Minum Lebih Nyaman

Selain makanan yang menyebabkan gigi berlubang, gigi berlubang bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan aktivitas makan dan minum tidak nyaman. Hal ini karena gigi berlubang bisa menyebabkan makanan yang harusnya bisa langsung masuk kerongkongan semuanya malah terjebak di dalam gigi berlubang.

Pada gigi berlubang, makanan akan menyelip di gigi sehingga sisa-sisa makanan akan menumpuk. Jadi, jika Anda melakukan cabut gigi geraham maka Anda tidak perlu lagi merasakan rasa tidak nyaman saat makan maupun minum.


Mencabut gigi via dictio.id

Efek Samping Cabut Gigi:

Masalah yang disebut soket kering “dry socket” mungkin terjadi sekitar 3% sampai 4% dari semua ekstraksi. Hal ini terjadi ketika bekuan darah tidak terbentuk di lubang gusi bekas dicabutnya gigi atau bekuan darah terhenti atau rusak terlalu dini. Padahal bekuan darah sangatlah penting agar luka terlindungi dari dunia luar, mencegah infeksi, dan penyembuhan bisa lebih cepat.

Dalam kondisi soket kering, tulang yang menjadi tempat gigi menempel terkena udara dan makanan. Ini bisa sangat menyakitkan dan bisa menyebabkan bau atau rasa tidak sedap. Biasanya kondisi soket kering mulai menimbulkan rasa sakit pada hari ketiga setelah cabut gigi. Angka kejadiannya hingga 30% dan lebih mungkin terjadi setelah prosedur ekstraksi/cabut gigi yang sulit.

Perokok dan wanita yang mengonsumsi pil KB lebih cenderung mengalami soket kering. Merokok pada hari operasi lebih meningkatkan risikonya. Soket kering perlu diobati dengan obat jenis salep untuk menghentikan rasa sakit dan mendorong area tersebut agar cepat sembuh. Infeksi bisa terjadi setelah ekstraksi. Namun, Anda mungkin tidak akan terkena infeksi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat.


Dokter gigi via glitzmedia.com

Wah, banyak bukan manfaat cabut gigi berlubang ? Daripada mencoba obat-obatan maupun cara lain tapi tetap tidak ampuh, mencabut gigi yang berlubang bisa jadi alternatif untuk merawat gigi dan mengurangi kerusakan gigi lebih parah lagi. Selain itu, Anda juga menjadi tahu efek samping dari cabut gigi. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.
Top