Bukan Harta Benda, Ini Wasiat yang Wajib Diberikan ke Anak Seperti Ajaran Rasulullah

Komentar

Gambar mendidik anak dengan ilmu agama, dilansir dari tribunnews.com

Penting bagi orang tua mengajarkan wasiat-wasiat ini sejak anak masih kecil...

Agar anak tumbuh dalam ketaatan hanya kepada Allah SWT, agar anak menjadi pribadi yang baik serta selamat dunia akhirat.

Memiliki anak-anak yang sholeh dan sholihah adalah dambaan bagi setiap Orang tua. Namun, anak-anak tak akan menjadi sholeh dan sholihah tanpa adanya bimbingan dari orangtua itu sendiri.

Banyak orang tua yang hanya mementingakan wasiat harta benda, padahal dalam kehidupan yang singkat ini harta bukanlah segala-galanya.

Ujung-ujungnya anak tak mengenal Agama, dan menjadi pribadi yang buruk.

Oleh karena itu berikan mereka wasiat-wasiat yang baik, sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang taat kepada Allah, dan selamat dunia akhirat.

Dari ibnu ‘Abbas dia berkata : Pernah pada suatu hari saya berada di belakang Nabi maka beliau bersabda kepada saya : “ Wahai anak muda, sesungguhnya saya akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat :

1. “jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu.”

Yaitu laksanakan perintah-perintahnya Allah dan jauhilah larangan-larangan Nya , Allah pasti akan menjagamu di dunia dan akheratmu.

2. “Jagalah Allah kamu akan mendapati Allah di hadapanmu”.

Yaitu di depanmu. Jagalah batasan-batasan Allah (syariat Allah) dan perhatikan hak-hakNya niscaya kamu akan dapati Allah memberikan taufik kepadamu dan menolongmu.

3. “ Apabila kamu meminta, maka mintalah kepada Allah. Dan apabila kamu memohon pertolongan, mohonlah kedapa Allah”.

Yaitu apabila kamu meminta pertolongan terhadap perkara dari perkara-perkara dunia dan akherat maka mintalah pertolongan dari kepada Allah.

BACA JUGA: Wahai Bunda, Tunda Tidurmu Sebelum Mendoakan Anakmu

4. "Ketahuilah bahwasanya seandainya umat ini bersatu untuk memberikan manfaat kepadamu dengan sesuatu, maka mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu kecuai dengan sesuatu yang Allah takdirkan kepadamu, dan apabila mereka bersatu memberikan mudharat kepadamu dengan sesuatu, mereka tidak akan mampu memberikan mudarat kepadamu kecuali dengan sesuatu yang Allah tuliskan kepadamu. Pena-pena telah diangakat dan lembaran-lemabaran (takdir pent) telah kering"

[ diriwayatkan oleh At Tirmidzi dan ia berkata : hadist hasan shahih]

Kenapa orang tua harus memberikan wasiat tersebut kepada anak?

Memerintahkan anak-anak dengan ketaatan kepada Allah dan menjahui kemaksiatan kepadaNya agar mereka bahagia dunia dan akherat.

Anak akan menjadi tahu bahwa Allah akan menyelamatkan seoarang muslim ketika dalam kesempitan apabila melaksanakan hak Allah, dan seorang anak juga kan memahami bahwa hanya meminta kepada Allah dan meminta pertolongan kepadaNya semua masalah akan teratasi.

Anak-anak juga akan memahami takdir yang baik atau yang buruk, kerana hal itu termasuk rukun niman.

Kemudian anak-anak akan tumbuh jadi pribadi yang baik untuk mengahadapi hidup dengan keberanian dan cita-cita agar menjadi individu yang bermanfaat bagi ummatnya.

Demikian, Wallahu A'lam
Top