Bau Mulut Mengganggumu? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Komentar

bau mulut via markijar.com

Banyak orang merasa minder atau tidak nyaman jika memiliki bau mulut, terutama jika harus berbicara dengan banyak orang. Sebenarnya, sangat mudah untuk menghilangkan bau mulut, sekaligus menjaga agar gigi dan gusi anda tetap sehat pada saat yang bersamaan. Simak apa saja makanan yang menyebabkan bau mulut dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut.

Bayangkan gimana malunya jika lawan bicaramu merasa mulutmu bau! Bau mulut bisa disebabkan banyak hal. Salah satu penyebabnya berasal dari makanan yang kamu konsumsi lho.
Setiap hari, berbagai jenis makanan kamu konsumsi tanpa tahu akibatnya. Mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa memicu aroma tidak sedap dari dalam mulut. Hmmm, gak pengin hal itu terjadi kan?

Maka dari itu, kami telah merangkum beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut di bawah ini!

1. Bawang putih 

bawang putih via asset-a.grid.id

Meski tidak mengherankan bahwa bawang putih masuk ke daftar ini, yang mungkin akan mengejutkanmu adalah bagaimana bawang dapat meninggalkan bekas sulfatnya pada lebih dari sekadar lidahmu.

Bawang putih juga diserap ke dalam aliran darahmu, yang menyebabkan aromanya mencapai paru-paru dan keluar melalui mulutmu. Setelah diserap, bawang putih lalu mengeluarkan aroma pahit dari pori-porimu.

Namun ini bukan berarti kamu harus menyatakan perang melawan bawang putih. Cukup dengan membatasi konsumsinya dan setelah kamu selesai makan, bersihkan mulutmu dari sisa bawang dengan menggosok gigi dan flossing. Dan ingatlah untuk berkumur dua kali sehari.

2. Bawang bombai 


bawang bombai via bukalapak.com

Sama seperti bawang putih, aroma bawang bombai akan bertahan lama setelah kamu selesai memakannya. Itu karena mereka mengandung senyawa sulfat yang diserap ke dalam aliran darah dan kembali di saat yang tidak kamu duga.

Berikan dirimu perlindungan ekstra dengan menggosok gigi, flossing dan berkumur.

3. Produk susu

susu via okezone.com

Susu mungkin baik untuk tubuh, namun juga dapat mengotori mulut. Itu karena bakteri alami yang ada di lidahmu memakan asam amino yang ada dalam susu dan keju, hingga menghasilkan aroma tak sedap.

4. Tuna Kaleng 

tuna kaleng via indonesian.alibaba.com

Semua orang dapat dengan mudah membedakan bau ikan dengan wangi vanilla, misalnya. Namun ada sesuatu pada tuna kaleng yang dapat menghasilkan bau yang lebih buruk.

Hidangan laut biasanya mulai berbau amis dan beroksidasi, sebuah proses yang diperburuk dengan proses pengalengan dalam wadah logam.

5. Junk food

junk food via fredericknewspost.com

Selain tidak baik dikonsumsi setiap saat, junk food  juga meninggalkan aroma tidak enak dalam mulut. Kandungan lemak dan kalori yang tinggi pada junk food  menyebabkan sistem pencernaan bekerja sangat keras.

Kandungan yang tidak baik bagi tubuh tersebut juga menyebabkan bau mulut. Tapi, kamu pasti tidak menyadarinya kan?

6. Daging merah

daging merah via obatradangsenditulang.com

Siapa sih yang gak doyan makan daging? Kalau kamu bukan vegetarian, pasti kamu suka mengonsumsi berbagai olahan daging merah kan?

Ternyata, daging merah bisa menyebabkan aroma tidak sedap dari dalam mulut lho. Hal ini dikarenakan daging merah cukup sulit dicerna dan memungkinkan munculnya aroma tidak sedap pada tubuh.

7. Alkohol

alkohol via vichealth.vic.gov.au

Selain tidak baik untuk tubuh, alkohol juga tidak baik untuk rongga mulutmu. Lawan bicaramu akan merasa tidak nyaman jika menghirup aroma tak sedap saat berbincang denganmu.

Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi alkohol, atau bahkan tidak mengonsumsinya sama sekali deh.

8. Kopi

kopi via seruni.id

Pencinta kopi wajib hati-hati nih! Asam pada kopi dan enzim alaminya akan bertemu dengan air liur dalam mulut.

Akibatnya, rongga mulutmu akan menghasilkan aroma yang kurang sedap. Biasakan minum air juga saat sedang minum kopi ya!

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Jika Anda merasa sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi namun masih saja bau mulut tidak hilang, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini:
  • Sikat gigi dua kali sehari, secara teratur.
  • Ganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali.
  • Bersihkan bagian lidah, dan minum segelas air setelah bangun tidur untuk menghilangkan bau mulut.
  • Lepas dan bersihkan gigi palsu jika Anda menggunakannya, sehingga tidak ada bakteri berkembang biak di gigi palsu.
  • Kunyah kulit jeruk, lemon, dan peterseli. Produksi air liur yang dipicu oleh asam jeruk dapat membantu menghilangkan bau mulut, sedangkan peterseli dapat menetralisir bau tidak sedap.
  • Cek kesehatan gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.
  • Berhenti merokok dan hindari konsumsi kopi yang berlebihan.
  • Kunyah permen karet rendah gula.
  • Kurangi atau bahkan hindari sama sekali konsumsi alkohol.
  • Minum cukup air putih, sehingga bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat dengan cepat dibersihkan.

Perhatikan juga apa yang Anda makan. Hindari makanan seperti bawang bombai dan bawang putih yang memiliki bau yang cukup menyengat. Pilihlah camilan yang lebih sehat, seperti apel atau wortel mentah, karena kandungan air di dalamnya dapat membantu membersihkan mulut.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur juga bisa membantu mencegah bau mulut. Selain itu, Anda bisa menggunakan cairan kumur penghilang tu. Namun, biasanya efek cairan ini hanya sementara.
Top