Yuk Belajar Bacaan Adzan, Lengkap dengan Gambar, Latin dan Artinya

Komentar

bacaan adzan via kanalaceh.com

Sebagai umat muslim, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan hal yang satu ini. Ya, Adzan  dan iqomah. Menurut beberapa sejarah, Adzan mulai dilaksanakan sejak abad ke-2 H.

Adzan dan iqomah merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan, dimana adzan merupakan suatu panggilan untuk memberitahukan waktu sholat fardhu telah tiba sedangkan iqomah merupakan suatu panggilan untuk melaksanakan sholat. 

Sebagai umat muslim wajib mengetahui bacaan adzan, hal ini dikarenakan adzan menjadi patokan utama dalam melaksanakan sholat. Jika tidak ada adzan, kita belum tentu bahkan tidak sadar jika waktu sholat fardhu sudah tiba.

Dengan adanya adzan, kita bisa melaksanakan sholat fardhu secara berjama'ah dimasjid maupun di mushola. Mengingat begitu banyak pahala yang didapatkan jika kita melaksanan sholat dengan berjamaah yaitu sebanyak 27 derajat, dibandingkan jika kita melaksanakan sholat fardhu sendirian. Sebagaimana Rasulullah Saw menegaskan pentingnya sholat, terlebih sholat berjamaah.

Dari Ibnu Umar ra sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: "Shalat berjamaah 27 derajat lebih utama daripada shalat sendirian." (HR. Malik, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Nasa'i-At-Targhib)


ilustrasi sholat berjamaah via ikhtisarislami.com

Adzan biasanya dilakukan oleh seorang laki-laki. Banyak hadist yang menerangkan tentang betapa besarnya manfaat bagi seseorang yang mengumandangkan Adzan, seperti mendapat pahala yang sangat besar, mendapat ampunan dari Allah, kesaksian dari benda hidup dan mati yang mendengar suaranya, hingga kemuliaan memliki ciri leher panjang yang khas kelak di hari kiamat. Subhanallah.

Oleh karena itu, mari kita pelajari bacaan adzan  berupa gambar, tulisan bahasa Arab, latin beserta artinya untuk memudahkan kita semua dalam menghafalkannya. Sehingga, kita akan siap ketika diberi kesempatan untuk menjadi muadzin di sebuah mesjid.

Bacaan Adzan yang Dikumandangkan oleh Muadzin 

Sebagai seorang muslim, kita wajib mempelajari dan menghafal bacaan adzan. Berikut ini bacaan adzan dalam bentuk gambar, teks arab maupun latinnya, beserta artinya.

1. Versi Gambar


ilustrasi bacaan adzan via intinebelajar.blogspot.com

2. Versi Teks

Arab :

[2x]  اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ
[2x]   أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ إِلَّااللهُ
[2x]  اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
[2x]  حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ
[2x]  حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ
[1x] اَللهُ اَكْبَرُ, اَللهُ اَكْبَرُ
[1x]  لَا إِلٰهَ إِلَّااللهُ

Latinnya :

Allaahu Akbar Allaahu Akbar. [2x]
Asyhadu an laa illaaha illallaah. [2x]
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. [2x]
Hayya 'alas-shalaah. [2x]
Hayya 'alal-falaah. [2x]
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. [1x]
Laa ilaaha illallaah. [1x]

Terjemah (artinya) :

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. [2x]
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. [2x]
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. [2x]
Marilah Sembahyang (sholat). [2x]
Marilah menuju kepada kejayaan. [2x]
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. [1x]
Tiada Tuhan selain Allah. [1x]



Demikianlah mengenai bacaan adzan beserta terjemahnya. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang belajar bacaan adzan. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan.
Top