Baca Doa Ini, InsyaAllah Insomnia Atau Susah Tidur Anda Akan Terobati

Komentar

Gambar ilustrasi dilansir dari youtube.com

Susah tidur memang mengganggu...

Tapi jangan buru-buru mengkonsumsi obat tidur, karena dampaknya tentu berbahaya bagi kesehatan anda

Baca saja doa ini, agar mata anda cepat terlelap dan insomnia anda Insya Allah akan sembuh.

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi mendengar gangguan Insomnia atau susah tidur, bahkan mungkin anda juga mengalami.

Insomnia adalah masalah kesukaran dalam mempertahankan tidur sehingga membuat tidur seseorang tidak nyenyak dan mengakibatkan lesu sepanjang hari.

Seseorang yang menderita Insomnia biasanya akan mengeluhkan kendala-kendala seperti tidur tidak tenang, kesulitan tidur bahkan dampaknya bisa lebih buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari helosehat.com, selain mengganggu kenyamanan kita dalam beristirahat, Insomnia juga menimbulkan efek negatif yaitu:

1. Efek psikologis seperti gangguan memori, tidak fokus, pelupa, kehilangan motivasi, depresi.

2. Efek fisik atau somatic seperti nyeri otot, kelelahan, hipertensi, tubuh rentan terkena penyakit dan kekebalan tubuh menjadi lemah. Kurang tidur dapat membuat sistem imun dan kekebalan tubuh menurun.

3. Efek sosial seperti membuat seseorang kurang produktif, kurang bisa menikmati hubungan keluarga dan sosial.

4. Memiliki angka harapan hidup lebih sedikit dibandingkan orang yang tidur teratur 7 – 8 jam semalam.

5. Stress meningkat.

Dari penelitian Universitas Chicago mengungkapkan bahwa produksi kortisol atau hormon stres akan meningkat jika tidur seseorang kurang dari 7 jam.

6. Tampak lebih tua.

Kurangnya tidur seringkali membuat kulit lebih pucat dan wajah terlihat lelah.

Jyotsna Sahni, MD ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson.  menyatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol yang memperlambat produksi kolagen sehingga memicu keriput lebih cepat.

BACA JUGA: Tubuh Anak Denada Digerogoti Leukimia! Dear Orangtua, Kenali Gejala dan Penyebabnya

7. Resiko terkena kanker lebih tinggi.

Olahraga dapat membantu mencegah kanker, tetapi kurangnya tidur juga dapat merusak efek pelindungnya.

Dalam penelitian Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health Studi menjelaskan bahwa penggemar olahraga yang tidurnya kurang dari 7 jam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker dibandingkan mereka yang rutin melakukan senam dan tidur cukup.

Jika sudah mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan akibat gangguan Insomnia, pasti ingin mengatasinya. Dan berikut adalah solusi bagi anda:

Doa mengatasi dan mengobati ketika Susah Tidur (Insomnia)

Salah satu doa yang diamalkan oleh Sahabat Nabi yakni Zaid bin Tsabit ketika mengalami susah tidur (insomnia).

Pengakuan Zaid ini ditulis dalam Kitab Ibnu Sunni yang dikutip oleh Imam Nawawi dengan kalimat “Lalu saya membacanya, kemudian Allah menghilangkan apa yang saya alami ”.

Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika sulit tidur lengkap arab, latin dan artinya.

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada'atil 'uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta'khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi'i lailii wa anim 'aini

Artinya :

"Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. wahai Tuhan  yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku"

Itulah bacaan doa ketika susah atau sulit tidur seperti yang dialami Zaid bin Tsabit, dengan membaca doa diatas semoga Allah Swt memberikan ketenangan hati dan dimudahkan untuk tidur.

Dan semoga doa ketika susah tidur diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Wallahu A'lam
Top