Punya Mimpi Tapi Kamu Masih Belum Melakukan ini, Sama Saja Bohong

Komentar

Sumber gambar unsplash.com
Apapun keinginan kita InsyaAllah, Allah akan mengabulkan. Namun ada hal yang harus dilakukan...

Karena memang semua butuh pengorbanan. Namun jika hal ini saja belum kamu lakukan sama saja bohong...

Sudahkah kita istiqomah melaksanakan qiyamul lail, bangun di sepertiga malam untuk shalat dan bermunajat kepada Allah.

Tidak sedikit orang yang berusaha untuk bisa bangun di sepertiga malam namun begitu sulit mencobanya.


Apa yang Menghalangi Seorang Hamba Untuk Bangun di Sepertiga Malam?

Syeikh Fudhail bin Iyadh pernah berkata: “Jika engkau tidak mampu menunaikan shalat malam dan puasa di siang hari, maka ketahuilah bahwa engkau sebenarnya sedang dalam keadaan terhalang, karena dosa-dosamu begitu banyak.”

Semoga dengan mengenali alasan mengapa masih malas Tahajud, tergeraklah kita untuk menjaga amalan mulia ini. Sebab, sungguh tidak ada kemuliaan seorang hamba kecuali karena keistiqamahannya menjaga shalat Tahajud, “Maa syarafal mu’min illa bit tahajud.”

1.Lemahnya Iman.
Dho'ful iimaani, lemah iman. Kalau kuat iman, pasti ia sangat cinta, rindu, dan sangat bahagia menghadap-Nya di penghujung malam. "Sesungguhnya bangun tengah malam lebih tepat untuk khusyuk, dan bacaan kala itu sungguh sangat berkesan mendalam," (QS al-Muzammil: 6). Bukankah kekasih senang berjumpa dan berduaan dengan kekasihnya.

2.Kurangnya Ilmu.
al-jahlu, karena awam ilmu agamanya. Seandainya tahu dalil, keutamaan, rahasia, hikmah, keajaiban, manfaat, indahnya Tahajud, pastilah ia menjaganya, bahkan sebelum tidur pun sudah senang karena nanti malam menghadap Allah.

3.Diperbudak Dunia.
hubbud dunya, diperbudak dunia sehingga dilelahkan dan disibukkan dengannya, siang dan malam. Bangun malam pun karena target dunia. "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu sampai kamu masuk ke dalam kubur," (QS at-Takatsur: 1-2).

4.Gemar Maksiat.
abdul hawa, budak nafsu. Orang yang kegemarannya melakukan amal maksiat, seperti pezina, pemabuk, pejudi, dan sebagainya sangat sulit untuk shalat malam. Puas dan senangnya hanya pada hal maksiat (QS Yusuf: 53).

5.Gemar Dengan yang Haram.
tho’mul haraami, banyak makan minum yang haram. Bisa dipastikan jika sesuatu yang dikonsumsinya adalah haram maka akan berat sekali untuk shalat lima waktu, apalagi shalat malam.

6. Gemar Berbuat Dosa.
katsrotul dzunuub, karena selalu dan keseringan berbuat dosa. Setiap dosa yg diperbuat menjadi noktah hitam di hati. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba, ketika berbuat dosa, maka pada hatinya akan tertinggal setitik noda hitam. Jika dia bertaubat dari dosanya, maka hatinya akan dibersihkan dari noda hitam tersebut. Namun, apabila dia terus menambah dosanya, maka noda hitam tersebut pun semakin bertambah.”

7. Terbelenggu Dosa dan Dikuasai Setan.

Seseorang datang kepada Imam Ghazali untuk menanyakan kepada beliau mengenai sesuatu yang menyebabkannya tidak bisa bangun malam untuk mengerjakan shalat. Beliau menjawab, “Dosa-dosamu telah membelenggumu."

Janji-janji Allah Untuk Ahli Tahajud.

Seperti yang dikutip dari Ustadz Adi Hidayat Lc, M.A orang yang mampu bertahajud dan benar tahajudnya maka akan dijamin oleh Allah عَزَّ وَ جَلَّى dalam 4 hal :

1.     Disukseskan dalam karirnya dan dimudahkan pekerjaannya.

2.    Dibimbing oleh allah dalam kehidupannya.

3.    Diberikan solusi terbaik ketika mempunyai masalah.

4.    Jika terganggu dan diganggu dalam hidupnya kepada orang yang sering tahajud maka akan ditolong oleh allah tanpa perantara.

Jika Susah Bangun Untuk Bertahajud Coba Lakukan Hal ini.

Supaya bisa bangun untuk sholat tahajud, kamu bisa membaca beberapa tips ini.

1. Usahakan Kamu Tidur Pada Pukul 10 Malam

Kenapa jam 10 Malam? Waktu tidur manusia itu beda-beda, tapi kebanyakan manusia biasanya tidur 5 sampai 6 jam. Nah, jika kamu rutin tidur jam 10 malam. Maka kemungkinan kamu akan bangun sekitar pukul 2 atau 3 malam. Nah, dengan begitu kamu bisa melaksanakan sholat tahajud di waktu itu.

2. Siapkan Alarm, Karena Itu Akan Membantu Membangunkan Kamu

Percaya atau tidak, sebenarnya dengan kamu niat bangun shalat tahajud itu aja, insyAllah kamu pasti bangun. Tapi supaya lebih aman, kamu juga lebih baik menyiapkan alarm yang akan membantu kamu membangunkan kamu. Sehingga kamu tidak akan terlewat untuk melaksanakan sholat tahajud itu.

3. Memantapkan Niat Untuk Bangun

Yaa niat adalah modal utama untuk melakukan sebuah aktivitas. Ketika semua usaha sudah dilakukan tapi niat yang ada dalam hati belum lurus dan belum mantap maka sepertinya usaha yang dilakukan hanya sia-sia belaka.

Doa yang Dibaca Setelah Sholat Tahajud

Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah amal ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah S.W.T. Amin
Top