Kumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-Hari yang Mudah Dihafal

Komentar

ibnudin.net

Kumpulan doa-doa pendek islam pilihan terlengkap. Kumpulan doa-doa pendek sehari-hari yang harus diterapkan dalam setiap aktivitas. Mujarab terbaik pendek terlengkap dalam Alquran dan sunnah para nabi.

Kumpulan doa-doa pendek beserta artinya, agama islam merupakan agama yang indah dalam agama islam juga mengajarkan doa-doa pendek yang mudah dihafal. Artikel ini juga akan membahas, kumpulan doa-doa pendek untuk anak yang mudah untuk mereka hafal.

Doa yaitu sebuah sarana yang akan menumbuhkan rasa kehati-hatian terhadap seseorang , di mana mereka yang dalam segala hal pekerjaannya selalu terancam bahaya. Kumpulan doa-doa pendek sehari-hari yang lengkap dan pendek, seperti doa keselamatan, makan, tidur, doa sehabis sholat 5 waktu dan lainnya. Akan kami bahas dalam artikel ini.

Kumpulan doa-doa pendek setelah sholat juga salah satu doa yang akan menjaga keselamatan kita dalam setiap aktifitas harian mulai dari pagi hari hingga malam hari. Kumpulan doa-doa pendek islam ini akan selalu mengajarkan dan mengingatkan kita kepada Allah.

Penting bagi Anda yang ingin meraih keberkahan dalam hidup, karena kita tidak bisa mendapat keberkahan jika bukan karna Allah. Kumpulan doa-doa pendek ini akan menuntun kita kepada keberkahan dan keselamatan di dunia.

Kumpulan doa-doa pendek untuk anak sholeh sholehah sehari hari lengkap, seorang anak harus kita kenalkan dengan agamanya dengan baik, seorang anak harus mengetahui kumpulan doa-doa pendek sehari-hari dan kumpulan doa-doa pendek setelah sholat. Agar setelah dewasa nanti mereka akan terbiasa dengan hal itu.

Berikut ini akan membahas kumpulan doa-doa pendek islam yang mudah dihafal, dan membahas kumpulan doa-doa pendek beserta artinya, dan juga kumpulan doa-doa untuk anak yang mudah untuk mereka hafal.


Kumpulan Doa-Doa Pendek Beserta Artinya :

1. Doa mau tidur
Yang pertama adalah doa ketika mau tidur. Dalam suatu keterangan disebutkan bahwa tidur adalah keadaan di mana kita sedang setengah mati, karena kondisi tubuh yang sedang tidak sadar. Mengetahui hal tersebut, kita panjatkan doa pada Allah agar tetap diberi perlindungan selama tidur dan dibangunkan kembali dalam keadaan yang sehat.
Berikut adalah doa ketika hendak tidur.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati”

2. Doa bangun tidur
Ketika kita bangun dari tidur, mendapati diri kita dalam keadaan segar dan sehat. Sudah sepantasnya kita syukuri kondisi tersebut. Panjatkanlah doa segera setelah kita bangun. Disunnahkan pula untuk mengucek mata atau bagian-bagian muka yang lecek sembari berdoa. Adapun doa bangun tidur adalah sebagai berikut.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْـدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya : “Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan” (HR. Bukhari dan Muslim)”

3. Doa saat dapat mimpi baik
Ketika mendapat mimpi baik terkait dengan hidup kita, mungkin kita berharap mimpi tersebut kemudian jadi nyata. Tentunya dengan izin Allah dan usaha yang kita lakukan untuk mencapainya. Makanya, saat mendapat mimpi baik, panjatkanlah doa berikut.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

4. Doa ketika mendapati mimpi buruk
Ketika mendapat mimpi buruk yang sama sekali tidak kita inginkan keberadaannya. Tidak ada yang pantas kita mintai pertolongan dan perlindungan selain Allah SWT.

Mintalah perlindungan pada-Nya dari berbagai godaan dan gangguan yang bisa melenakan. Dan saat mendapat mimpi buruk, berikut doa yang bisa kita hafal dan panjatkan.

اَللّٰهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”.

5. Doa menjelang shubuh
Shubuh adalah waktu yang sangat agung dalam Islam. Hadist menyebutkan bahwa shalat dua rakaat sebelum shubuh itu lebih baik dan berharga daripada dunia dan segala isinya.

Oleh karenanya beruntunglah kita yang masih diberikan kesadaran dan bisa bangun saat shubuh tiba. Inilah doa yang bisa sobat panjatkan saat menjelang subuh.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)”.

6. Doa ketika bersin dan Mendengar orang lain bersin
Bersin adalah sebuah nikmat yang berharga yang kadang dilupakan dan diabaikan oleh banyak orang. Dengan bersin maka kotoran-kotoran dalam hidung dans sistem respirasi dapat hilang dan tubuh bisa lebih sehat. Doa ketika bersin sebagai berikut.

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Artinya: Segala Puji Bagi Allah

Doa Ketika Mendengar Orang lain Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

Artinya: Semoga Allah memberi rahmat kepadamu.

Kemudian orang yang bersin juga mengucap doa lagi sebagai berikut.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Artinya: Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu.

7. Doa saat mau makan
Setiap hari kita pasti makan, dan atas apa yang telah kita dapat makan tersebut sudah sewajarnya kita panjatkan doa sebelum makan. Agar apa yang kita makan bisa bermanfaat dan mendapat berkah dari Allah SWT.

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

8. Doa saat lupa baca doa sebelum makan
Mungkin sering di antara kita lupa ketika hendak makan namun lupa berdoa seperti di atas. Untuk itu kita bisa menggantinya dengan bacaan doa sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.

9. Doa sesudah makan
Tak lupa pula setelah beres makan, berikut adalah doa yang dapat kita panjatkan sebagai bentuk rasa terima kasih dan syukur kita pada Allah SWT.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam”.

10. Doa setelah minum
Selepas minum kita juga dianjurkan untuk mengucap doa yang juga sebagai bentuk syukur atas nikmat. Nikmat dalam bentuk minuman yang menyegarkan dan menyehatkan badan. Berikut adalah doanya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”.

11. Doa sebelum belajar
Kumpulan doa-doa pendek islam, doa untuk memohon agar selalu ditambahkan ilmu dan menjadi paham akan banyak hal yang bermanfaat. Sehingga dengan ilmu yang didapat bisa mengantarkan kita pada kecintaan dan keimanan lebih pada-Nya, Ajarkan doa ini kepada anak kita, karena kumpulan doa doa pendek untuk anak ini bisa menjadi kebiasaan mereka sebelum belajar.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya : “Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini”.

12. Doa sesudah belajar
Setelah belajar, pastikan kita juga akhiri dengan bacaan doa yang berisi permohonan agar ilmu yang didapat tidak menjadikan kita menjadi berperangai jelek dan menjauhi-Nya, doa ini termasuk kedalam kumpulan doa-doa pendek untuk anak juga, biasakan mereka membaca doa ini sesudah belajar . Berikut adalah doa harian ketiak selesai belajar.

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Artinya : “Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”.

13. Doa Niat Wudhu
Wudhu adalah salah satu syarat sah nya sholat. Ketika hendak menunaikan ibadah sholat pastinya kita dahului dengan wudhu. Dan berikut adalah doa niat yang biasa dibacakan ketika hendak wudhu.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”.

14. Doa setelah wudhu
Adapun untuk doa setelah wudhunya adalah sebagai berikut.

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci”.

15. Doa menyambut pagi hari
Waktu pagi selepas shubuh adalah waktu yang cukup penting dan terlalu berharga untuk dilewati hanya dengan tertidur. Kita jalani pagi dengan penuh rasa syukur dan sambut ia dengan doa harian ini.

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

16. Doa menjelang saat petang
Waktu petang juga tak kalah pentingnya. Merupakan waktu yang juga diyakini sebagai yang mustajab untuk kita panjatkan doa.

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

17. Doa masuk kamar mandi / WC / Toilet
Sejelek-jeleknya tempat adalah kakus atau toilet. Dan sudah sewajarnya ketika kita memasukinya, selingi juga dengan doa agar terhindar dari gangguan-gangguan syetan. Dianjurkan juga untuk memasukinya dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu sembari berdoa.

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”.

18. Doa keluar kamar mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Artinya : “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”.

19. Doa memakai baju / berpakaian
Ketika kita akan mengenakan pakaian juga sebaiknya kita membaca doa dan meminta agar dijauhkan dari kejahatan.

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَسْـأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَاهُوَلَهُ,وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ.

Artinya : “Wahai Tuhanku,berilah aku kebaikan dengan pakaian ini, dan hindarkanlah aku dari kejahatan yang ditimbulkan”.

20. Doa ketika membuka/melepas pakaian
Ketika melepaskan pakaian kita juga wajib bersyukur karena kita telah dijauhkan dari kejahatan.

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّى اْلأَذَاى وَعَافَانِيْ.

Artinya : “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia”.

21. Doa meemakai pakaian baru
Ketika kita mendapat pakaian baru, tentunya kita sangat bahagaia. Maka dari itu, kita harus bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

22. Doa ketika bercermin
Ketika bercermin kita juga harus bersyukur kepada Allah, karena Allah yang telah menciptakan kita.

اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Artinya : “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”

23. Doa saat bersiwak

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَّتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَأَفْصِحْ بِهِ لِسَانِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَأَثِبْنِيْ عَلَيْهِ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya : “Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut) dan fasihkan lidahku dengan siwak itu serta berkatilah siwak tersebut dan berilah pahala aku karenanya wahai Dzat paling mengasihi diantara para pengasih.”

24. Doa setelah adzan

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya :”Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”.

25. Doa setelah iqamah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Artinya : “Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi”.

26. Doa menuju masjid
Kita sebagai manusia tidak terlepas dari bahaya. Oleh karena itu, kita juga harus membaca doa ketika hendak pergi kemasjid, agar kita selalu diberi keselamatan, dan dijauhkan dari segala godaan.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

27. Doa masuk masjid
Sebelum kita masuk ke dalam masjid, kita harus membaca doa sebelum masuk masjid. karena masjid merupakan tempat suci, dan rumah Allah. Maka dari itu kita harus meminta izin kepada Allah untuk memasuki rumahnya, dengan membaca doa:

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

28. Doa keluar masjid

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

29. Doa ketika hendak membaca al-quran
Sebelum membaca al-quran kita juga harus membaca doa, agar kita selalu mendapat rahmat dari Allah SWT.

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

30. Doa setelah selesai membaca al-quran 

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

31. Doa masuk rumah
Begitu juga jika ingin masuk rumah, kita juga harus membaca doa agar tempat kita selalu dalam lindungan Allah.

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

32. Doa keluar rumah (hendak bepergian)
Sama halnya dengan masuk rumah, kita juga harus membaca doa ketika ingin keluar rumah atau berpergian. Agar kita selalu dalam perlindungan Allah dimanapun kita berada.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah”

33. Doa naik kendaraan darat
Doa sehari hari berikutnya adalah doa naik kendaraan. Ini merupakan kegiatan yang barangkali sudah menjadi rutinitas bagi sebagain orang. Agar senantiasa dilingkupi oleh keselamatan, maka sebelum kendaraan berangkat, panjatkanlah doa berikut ini.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya : “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”.

34. Doa naik kendaraan laut
Saat naik kendaraan laut atau air, yang mana keselematan kita juga tidak ada yang tahu seperti apa. Untuk itu selalu sertakan Allah dalam setiap langkah kita. Manakala sedang berada dalam sebuah kendaraan kapal laut dan sejenisnya, ucapkanlah doa harian ini.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih”

35. Doa saat sampai ditempat tujuan
Sebuah nikmat yang tak terhitung nilainya ketika kita diberikan keselamatan untuk sampai di tempat tujuan.

Adapun doa sehari hari yang cocok dan bisa sobat panjatkan manakala sampai di tempat tujuan adalah sebagai berikut.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى سَلَمَنِى وَالَّذِى اَوَنِى وَالَّذِى جَمَعَ الشَّمْلَ بِ

Artinya:”Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku.”

36. Doa agar diberi rezeki yang berkah
Sebanyak apapun penghasilan yang kita dapat tentu akan tidak berguna bila tidak ada keberkahan di dalamnya.

Untuk itu agar rezeki yang kita peroleh itu berkah, maka teruslah panjatkan doa sehari hari untuk keberkahan rezeki yang kita dapat.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Artinya : “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku”

37. Doa agar selamat dunia akhirat
Ini adalah doa sehari hari yang barangkali sudah banyak diketahui karena sering sekali dibaca dalam beragam kesempatan. Doa ini penting sebagai upaya kita memohon kebahagiaan bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

38. Doa minta hujan turun

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Artinya :“Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” (HR. Abu Daud)

39. Bacaan doa untuk kedua orang tua
Sebagai manusia sudah sepantasnya kita selalu berbakti pada kedua orang tua, khususnya ibu. Karena berkat jasa mereka, kita semua bisa hidup dan tumbuh besar seperti sekarang.

Untuk itu, selalu doakanlah mereka agar kehidupannya senantiasa disayang oleh Allah SWT.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”

40. Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua
Sebagai anak yang sholeh juga kita jangan pernah lupa untuk selalu mendoakan agar dosa-dosa orang tua kita diampuni oleh Allah SWT.

Doa anak yang sholeh itu akan terus mengalir sekalipun orang tua sudah meninggal dan bisa jadi sumber penolong bagi mereka  di akhirat kelak.

 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Biasakan membaca kumpulan doa-doa pendek sehari-hari ini agar hidup kita tetap dalam perlindungan dan rahmat Allah, setelah kita mempelajari kumpulan doa-doa pendek, kita akan membahas kumpulan doa-doa pendek setelah sholat.

Gambar terkait
quran-sunna.ru

Kumpulan Doa-Doa Pendek Setelah Sholat:

bacaan doa setelah selesai sholat merupakan Kumpulan doa-doa pendek islam bahasa arab yang digabungkan atau dibaca sesudah sholat. Misalnya, membaca doa memohon dijauhkan dari kejahatan, kemudian disusul/dilanjutkan dengan doa selamat dunia akhirat dan seterusnya.

Berikut kumpulan doa setelah sholat :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Artinya :
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu."

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

Artinya :
"Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya."

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Artinya :
"Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab."

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Artinya :
"Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur"

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا

Artinya :
"Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul."

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Artinya :
"Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam."

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya :
"Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang."

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :
"Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam"


Itulah kumpulan doa-doa pendek sehari-hari, kumpulan doa-doa pendek untuk anak, kumpulan doa-doa pendek setelah sholat, dan kumpulan doa-doa pendek beserta artinya yang akan membuat kita lebih dekat dengan Allah dan selalu mendapat rahmatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Top