Jangan Mungkir! Banyak Suami Istri “berselingkuh" Terang-terangan Bahkan Saat Berdua Diranjang

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 28 Jun 2018
Jangan Mungkir! Banyak Suami Istri “berselingkuh
Gambar ilustrasi via pinterest.com

Terhentak rasanya mengetahui fakta ini. Bahwa hampir rata-rata pasangan suami istri pasti berselingkuh....

Bisa jadi Anda salah satunya! Tak percaya? Mungkin awalnya Anda mengelak, tapi tidak setelah baca ini...

Silahkan cek suami atau istri anda sendiri di rumah.

Menurut dai yang konsen dalam bidang keluarga dan al-Qur’an, Zainuddin Musaddad, dalam paparannya pada Seminar Parenting bertema “Orangtua sebagai Tauladan dalam Ber-Qur’an, Mungkinkah?” menjelaskan, belakangan ini banyak suami istri “berselingkuh.” seperti dilansir dari Hidayatullah.com

“Kita melakukan pelanggaran perselingkuhan, tidak dalam kejahatan, tidak dalam perzinaan, tapi kita melakukan suatu tindakan kejahatan psikologis,” ucapnya menegaskan.

“Saya harus tegaskan ini sebuah kejahatan psikologis, agar kemudian kita tidak menjadi orang jahat, ‘berselingkuh’,” imbuhnya.

Jangan Mungkir! Banyak Suami Istri “berselingkuh
Gambar ilustrasi via jawapost.com

“Masak sudah mau tidur masih main HP (handphone). Ini yang (disadari atau tidak) memperlambat kematangan seorang ibu, sehingga ketenangan dan komunikasi antara suami dengan istri tidak terjadi dan ketenangan juga tidak tercipta, sibuk main HP, kalau tidak dihentikan bisa sampai larut main HP.

Wajah istri yang seharusnya sudah aman dan nyaman dipandang suami, masih tidak aman dan nyaman, karena wajah terkonsentrasi ke layar HP, seolah-olah tidak ada suami di dekatnya. Karena pikiran kita masih terkoneksi dengan informasi yang terus datang ke dalam HP,” ulasnya.

Sebaliknya, suami juga ada yang berperilaku sama.

“Dari pulang kerja sampai mau tidur, masih saja asyik di depan laptop. Tidak ada komunikasi, padahal ada istri di rumahnya di dekatnya,” katanya.

Lebih jauh, perilaku ‘selingkuh’ psikologis semacam ini katanya akan berakibat pada tidak maksimalnya perhatian dan pendidikan kepada buah hati.

“Pengaruhnya jelas, hubungan suami-istri terganggu, cahaya di dalam rumah perlahan redup bahkan padam, bahkan selanjutnya, anak-anak menjadi kurang sentuhan, apalagi asuhan dan pendidikan. Bagaimana tidak kalau suami dan istri masing-masing konsentrasi ke HP-nya masing-masing,” pungkasnya.

BACA JUGA: Awas! Curhat di Sosmed Itu Bukannya Dapat Solusi, tapi Malah Berbagai Keburukan ini

Jangan sampai main HP kemudian melupakan hak dan tanggung jawabmu.

Sayangnya, banyak suami dan istri saat ini yang justru abai, cuek, dan tidak peduli. Semoga Anda tidak termasuk di antaranya.

Hak suami-istri dalam Islam

Salah satu kunci keluarga bahagia yaitu adanya pemahaman dan pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri di dalam bahtera rumah tangga.

Diperlukan kerjasama antara suami dan istri dalam membangun keharmonisan rumah tangganya.

Tak lupa pula didasari dengan agama, keluarga tersebut akan menjadi sakinah.

Seorang suami yang beriman akan mampu menjadi kepala rumah tangga yang baik dan kelak membawa keluarganya menuju syurga.

Seorang istri yang sholehah tentunya yang selalu taat pada suaminya serta mampu membawa keluarganya senantiasa dalam kebaikan.

Firman Allah swt: “Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal (mendapat ketenangan di dalamnya)” (QS. An-Nahl:80)

Suami sebagai pemimpin rumah tangga memiliki hak-hak yang didapatkan dari istri dan anak-anaknya. Istri menghormati suami, dan anak-anak menghormati ayahnya. Beberapa dalil tentang suami sebagai pemimpin rumah tangga antara lain:

Firman Allah swt:

“Laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Alloh telah melebihkan sebagian dari mereka atas sebagian yang lainnya dan karena mereka telah membelanjakan sebagian harta mereka.”  (Qs. an-Nisaa’: 34).

Rasulullah saw bersabda: “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain1niscaya aku perintahkan seorang istri untuk sujud kepada suaminya. Dan tidaklah seorang istri dapat menunaikan seluruh hak Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadapnya hingga ia menunaikan seluruh hak suaminya. Sampai-sampai jika suaminya meminta dirinya (mengajaknya jima’) sementara ia sedang berada di atas pelana (yang dipasang di atas unta) maka ia harus memberikannya (tidak boleh menolak).” (HR. Ahmad)

Al-Hushain bin Mihshan rahimahullahu menceritakan bahwa bibinya pernah datang ke tempat Rasulullah saw karena satu keperluan. Seselesainya dari keperluan tersebut, Rasulullah saw bertanya kepadanya: “Apakah engkau sudah bersuami?” Bibi Al-Hushain menjawab: “Sudah.” “Bagaimana (sikap) engkau terhadap suamimu?” tanya Rasulullah lagi. Ia menjawab: “Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak mampu.” Rasulullah bersabda: “Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.” (HR. Ahmad )

Hak-hak suami antara lain:

1. Ditaati dalam seluruh perkara kecuali maksiat.

Sabda Rasulullah saw: “Hanyalah ketaatan itu dalam perkara yang ma’ruf.” (HR. Bukhari dan Muslim). Istri wajib mentaati perintah suami asalkan itu bukanlah perbuatan maksiat dan melanggar hukum agama Islam. Istri juga wajib menolak perintah suami untuk berbuat maksiat kepada Allah swt, karena apabila ia menaati suaminya berarti ia berbuat dosa sebagaimana suaminya berdosa karena telah memerintahkannya bermaksiat.

Ketaatan istri kepada suami termasuk memenuhi panggilan suami ke tempat tidur dan tidak boleh menolak suami, kecuali sedang dalam keadaan haid. Istri yang menolak ajakan tersebut akan dilaknat oleh malaikat, sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Jika seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak untuk datang maka para malaikat akan melaknatnya sampai pagi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Dimintai izin oleh istri yang hendak keluar rumah.

Istri tidak boleh keluar rumah kecuali seizin suami.

Hal ini termasuk ketika istri ingin mengunjungi orangtuanya serta kebutuhan lainnya. Istri yang keluar rumah tanpa seizing suaminya cenderung menimbulkan fitnah hingga maksiat kepada Allah swt.

3. Istri tidak boleh puasa sunnah kecuali dengan izin suaminya.

Terutama jika suami sedang berada di rumah seharian. Rasulullah saw bersabda: “Tidak boleh seorang istri puasa (sunnah) sementara suaminya ada di tempat kecuali dengan izin suaminya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Suami berhak mendapatkan kesenangan bersama istrinya yang harus segera ditunaikan dan tidak boleh tertunda dikarenakan sang istri sedang puasa sunnah. Oleh sebab itu lah istri bisa berpuasa sunnah hanya atas izin suami.

4. Istri tidak boleh mengizinkan seseorang masuk ke rumah suami kecuai dengan izinnya.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah saw: “Tidak boleh seorang istri mengizinkan seseorang masuk ke rumah suaminya terkecuali dengan izin suaminya.

(HR. Bukhari dan Muslim)‘Amr ibnul Ahwash ra meriwayatkan dari Rasulullah saw, sabda beliau:

“Ketahuilah, kalian memiliki hak terhadap istri-istri kalian dan mereka pun memiliki hak terhadap kalian. Hak kalian terhadap mereka adalah mereka tidak boleh membiarkan seorang yang tidak kalian sukai untuk menginjak permadani kalian dan mereka tidak boleh mengizinkan orang yang kalian benci untuk memasuki rumah kalian. Sedangkan hak mereka terhadap kalian adalah kalian berbuat baik terhadap mereka dalam hal pakaian dan makanan mereka.” (HR. At- dan Ibnu Majah)

Mendapatkan pelayanan dari istrinya.hal ini memang sudah semestinya, sebagai tugas istri di rumah yaitu melayani dan mengurusi segala kebutuhan suami.

BACA JUGA: Main Tancap Gas Saat Babak Ke-2 Padahal yang Pertama Belum Mandi? Apa Boleh

Seperti yang telah dicontohkan oleh istri sahabat Nabi Muahmmad saw, yaitu Asma’ istri Abi Bakar Ash-Shiddiq ra. Ia mengurusi hewan tunggangan suaminya, memberi makan dan minum kudanya, menjahit dan menambal embernya, serta mengadon tepung untuk membuat kue. Ia yang memikul biji-bijian dari tanah milik suaminya sementara jarak tempat tinggalnya dengan tanah tersebut cukuplah jauh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Disyukuri kebaikan yang diberikannya.

Istri harus menysukuri atas setiap pemberian suaminya dan berterima kasih kepadanya.
Islam memandang tinggi dan mulia Terhadap wanita. Oleh karena itu, istri pun juga memiliki hak-hak yang harus ditunaikan oleh suami. Sesuai denga firman Allah swt: “Dan para istri mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban mereka menurut cara yang ma’ruf.” (QS. Al-Baqarah: 228).

Seperti suami, istri pun berhak mendapatkan hak-haknya sebagaimana ia juga memenuhi kewajibannya.

Adapun hak-hak istri antara lain:

1. Mendapat mahar dari suaminya.

Tentunya ketika akad nikah seorang lelaki harus menyerahkan mahar kepada wanita yang dinikahinya. Mahar adalah wajib hukumnya, sebagaiaman firman Allah swt: “Berikanlah mahar kepada wanita-wanita yang kalian nikahi sebagai pemberian dengan penuh kerelaan.” (QS. An-Nisa`: 4)“…berikanlah kepada mereka (istri-istri kalian) maharnya dengan sempurna sebagai suatu kewajiban.” (QS.An-Nisa`: 24)

Serta sabda Rasulullah saw yang diucapkan ketika seorang sahabatnya ingin menikah namun ia tidak memiliki harta: “Lihatlah apa yang bisa engkau jadikan mahar dalam pernikahanmu, walaupun hanya cincin dari besi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Digauli oleh suaminya dengan patut dan akhlak mulia.

Allah swt berfirman: “Bergaullah kalian dengan para istri secara patut. Bila kalian tidak menyukai mereka maka bersabarlah karena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An-Nisa`: 19)Rasulullah saw pun telah bersabda: “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Mendapatkan nafkah , pakaian, dan tempat tinggal.

Suami wajib memberikan nafkah dam pakaian yang layak bagi istrinya, serta anak-anaknya. Firman Allah swt: “…dan kewajiban bagi seorang ayah untuk memberikan nafkah dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf.” (QS. Al-Baqarah: 233)

5. Mendapat perlakuan adil, jika suami memiliki lebih dari satu istri.

Maka suami yang berpoligami wajib memberikan nafkah dan perlakuan yang sama kepada istri-istrinya.  “…maka nikahilah wanita-wanita yang kalian senangi: dua, tiga, atau empat. Namun jika kalian khawatir tidak dapat berbuat adil di antara para istri nantinya maka nikahilah seorang wanita saja atau dengan budak-budak perempuan yang kalian miliki. Yang demikian itu lebih dekat bagi kalian untuk tidak berbuat aniaya.” (QS. An-Nisa`: 3)

Rasulullah bersabda: “Siapa yang memiliki dua istri lalu ia condong (melebihkan secara lahiriah) kepada salah satunya maka ia akan datang pada hari kiamat nanti dalam keadaan satu sisi tubuhnya miring/lumpuh.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

6. Mendapatkan bimbingan dari suaminya agar selalu taat kepada Allah swt, serta terjaga dari api neraka.

Bimbingan itu berupa pengajaran/pengetahuan agama. Sebagaimana firman Allah swt: “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu….” (QS. At-Tahrim: 6)
SHARE ARTIKEL