Doa Niat Puasa Sunnah Senin-Kamis dan Manfaatnya Sesuai Ajaran Islam dan Sunnah Rasul

Komentar
assajidin.com

Pertemuan kali ini saya akan berbagi doa niat puasa senin kamis, yaitu salah satu puasa sunnah yang dilakukan setiap hari senin dan hari kamis. Artikel ini akan membahas bacaan doa niat puasa sunnah senin kamis dan doa bukanya, dan keutamaan puasa senin-kamis.

Bacaan doa niat puasa sunnah senin kamis dan do'a bukanya, keutamaan puasa senin kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan bagi ummat Rasulullah untuk menjalankan salah satu amalannya, dan untuk menambah pahala.

Tata cara doa niat puasa senin kamis manfaat dan doa berbukanya. Puasa senin kamis adalah ibadah sunnah mingguan yang di anjurkan untuk di kerjakan, dan jika kita mempunyai hutang puasa wajib/puasa ramadhan, kita bisa menyahurnya dengan puasa senin-kamis juga.

Mari kita bahas doa niat puasa sunnah senin-kamis, beserta dengan hikmahnya. Agar kita bisa mengetahui manfaat dibalik puasa sunnah senin-kamis, supaya kita selalu diberi hidayah dan rahmat oleh Allah s.w.t.


Bacaan Doa Puasa Sunnah Senin-Kamis:

Bacaan Doa Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

Bacaan Doa Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Itulah bacaan doa niat puasa sunnah hari senin dan puasa hari kamis dalam bahasa arab, latin dan artinya. Silakan Anda baca berulang-ulang kali untuk menghafalkannya.


Doa Berbuka Puasa Sunnah Senin-Kamis:

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Artinya : "Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala."

Setelah kita mempelajari doa niat puasa sunnah senin-kamis, beserta dengan doa berpuka puasanya. Sekarang kita akan membahas manfaat puasa sunnah senin-kamis, keutaman puasa sunnah senin-kamis, dan hikmah dari puasa senin-kamis.



Manfaat Puasa Senin Kamis Diantaranya: 

1.  Merasa lebih baik secara fisik dan mental.
2.  Agar terlihat dan merasa lebih muda.
3.  Membersihkan badan.
4.  Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.
5.  Lebih mampu mengendalikan seks.
6.  Membuat tubuh sehat dengan sendirinya.
7.  Mengendorkan/melepaskan ketegangan jiwa.
8.  Menajamkan fungsi indrawi.
9.  Memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri.
10. Memperlambat proses penuaan.



10 Keutamaan Puasa Senin Kamis:

1). Pada saat inilah orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan.

Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)


2). Keutamaan hari Senin dan Kamis yang lainnya, bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias berpuasa pada kedua hari ini.

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia mengatakan,
“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya,

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya)


3). Keutamaan lain yang dimiliki hari Kamis, bahwa kebanyakan perjalanan (safar) Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam terjadi pada hari Kamis ini.

Beliau menyukai keluar untuk bepergian pada hari Kamis. Sebagaimana tercantum dalam Shahih Bukhari bahwa Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu mengatakan:

“Sangat jarang Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.”

Dalam riwayat lain juga dari Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu:

“Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (menang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR.Bukhori)


4). Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya : “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)


5). Dijamin Masuk Surga.

Allah swt menyediakan syurga untuk hambanNYA yang beriman,bertaqwa dan beramal sholeh.
Allah berfirman;

“Dan orang orang yang beriman yang mengerjakan amal sholeh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi didalam surga.Yang mengalir sungai2 dibawahnya. Mereka kekal didalamnya. Itulah sebaik baiknya pembalasan bagi orang beramal.”(QS Al-Ankabut)

Pada hadist Nabi yang diRiwayatkan dari Abi Umayah.

“Saya menemui Rasulullah saw dan berkata;

“suruhlah aku mengerjakan satu amalan yang dapat memasukan aku kedalam syurga”.

Maka Nabi bersabda;

“BERPUASALAH! karena puasa tidak ada tandingannya”.

Lalu saya datangi Rasulullah untuk kedua kalinya dan Rasulullah pun bersabda;

“BERPUASALAH”.’(HR.Ahmad & Hakim)


6). Terhindar Dari Siksa Api Neraka.

Puasa juga menjauhkan api Neraka dari orang yang berpuasa sejauh2nya.
Sebagaimana sabda Rasulullah; “Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari dijalan Allah,
Melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya dengan hari itu dari Neraka selama 70 tahun.”(HR.Bukhari & Muslim)


7). Menjadi Penolong Pada Hari Kiamat.

Sebelum amal2 manusia ditimbang, akan diawali dengan kehancuran alam semesta beserta isinya.
Pada hari itu tidak ada seorangpun yang bisa menyelamatkan dirinya dari kehancuran &keganasan kiamat.

Diantara amal shaleh yang sangat ditekankan oleh Rasulullah saw adalah puasa dan tilawatul Qur’an.
“puasa dan al Qur’an akan memberi syafaat bagi hamba pada hari kiamat.

Puasa berkata; ‘Ya Allah, aku mencegahnya dari makan,minum pada siang hari maka jadikanlah aku sebagai penolongnya.’ Maka syafaat keduanya diterima Allah.”(HR.Ahmad)

8). Menanam kedekatan Diri Pada Allah.

Puasa senin kamis bisa meningkatkan amalan kita, selain menjadikan kita lebih priduktif dalam beribadah,puasa menjadikan kita lebih dekat dengan Allah dan lebih bertaqwa.

9). Mempercepat Terkabulnya Doa.

Doa dianjurkan pada setiap waktu. Allah telah memerintahkan hambanya untuk berdoa kepadaNYa.
“Tuhan mu berkata, mintalah kepadaKU, niscaya Aku Kabulkan.”(QS.Ghafir).

10). Meningkatkan amalan

Jika pada hari-hari biasa Anda cenderung malas beribadah dan beraktivitas karena merasa kekenyangan, puasa Senin Kamis adalah jalan keluar dari kemalasan.

Puasa membuat hati kita lebih bersih sehingga produktivitas dalam meningkatkan amalan pun meningkat. Pasalnya, orang yang berpuasa cenderung ingin berbuat baik lebih banyak dari biasanya. Puasa juga melembutkan hati karena kita jadi memahami nasib dan rasa lapar mereka yang kurang beruntung. Singkatnya, puasa Senin Kamis mendekatkan kita kepada Allah.

Hikmah Puasa Senin-Kamis :

Baginda Nabi Muhhamad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunah senin kamis karena hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :
"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:

"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat." (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Dalam hadist diatas , maksud dari "Puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.

Maka dari itu sangat baik untuk melaksanakan puasa sunnah di kedua hari tersebut, yaitu puasa sunnah hari senin dan hari kamis. Apakah Anda sudah melaksanakannya? Semoga dengan adanya sedikit ulasan tentang manfaat dan keutamaan doa niat puasa senin kamis ini dapat membuka hati para pembaca semua untuk menjalankannya.

Hasil gambar untuk gambar puasa sunnah senin kamis
aktual.com

Itulah doa niat puasa sunnah senin-kamis beserta doa perbuka puasanya, manfaat puasa senin-kamis, keutamaan puasa-senin kamis, dan hikmah dari puasa senin-kamis. Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat dan kita sudah menghafal doa niat puasa sunnah senin-kamis, ada baiknya jika kita juga melaksanakan puasa sunnah senin-kamis, untuk mengamalkan dan menjalankan sennah rasul.

Semoga artikel tentang doa niat puasa ini bisa bermanfaat dan membantu bagi Anda semua yang telah membacanya.
Top