Viral, Ustad Khalid Basalamah Dilarang Ceramah oleh GP Ansor, Berikut Fakta Sebenarnya

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 07 May 2018

Viral, Ustad Khalid Basalamah Dilarang Ceramah oleh GP Ansor, Berikut Fakta Sebenarnya
Ilustrasi via Yes Muslim

Kabar Ustad Khalid dilarang ceramah oleh GP Ansor jadi trending di google. Entah bagaimana persepsi orang-orang jadi berbeda satu sama lain karena hanya mendengar sepotong potong.

Kami berikan fakta sebenarnya, berikut penjelasan ketua GP Anshor.

Ketua Gerakan Pemuda Anshor (GP Ansor) Yaqut Cholil Quomas mengatakan Ansor bersedia menerima penceramah dari aliran manapun. Baik dari wahabi atau salafi. “Asalkan dakwahnya santun kami akan terima,” kata Yaqut saat dilansir dari Tempo pada Ahad, 6 Mei 2018.

Ansor menolak Khalid Basalamah berceramah di Masjid Hasyim Asyari yang didirikan dibangun sebagai bagian dari penghormatan tokoh pendiri NU Hasyim Asyari, yang pengikutnya sering dibid'ahkan.  “Dakwah, dakwah saja, tapi jangan menjelekkan kelompok yang tidak sepaham.” 

Bid'ah adalah perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh yang yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Amaliah warga NU yang kerap dibid’ahkan di antaranya selamatan, ziarah kubur, mencium tangan kiai, minum air bekas kiai, dan lainnya. Padahal, ujar Yaqut, amaliah seperti itu diyakini warga NU sebagai amaliah yang lumrah namun diharamkan oleh Khaled.

Baca Juga: Kesalahan yang Dibuat-buat Tentang Keutamaan Bulan Rajab Menurut Mamah Dedeh dan Ustad Somad

Khalid Basalamah direncanakan memberikan siraman rohani untuk tabligh akbar yang digagas Tim Kajian Ilmiah Pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta pada Ahad, 13 Mei mendatang. Tabligh akbar digelar untuk menyambut Ramadan 1439 H. di Masjid Raya Hasyim Asyari, Jakarta. “Kami menolak permohonan tempat untuk dakwah Khalid Basalamah.”

Ceramah Khalid Basalamah, kata Yaqut, kerap menyinggung amaliah yang dilakukan warga Nahdlatul Ulama (NU). GP Ansor menghargai perbedaan. "Namun, jangan sampai Khalid Basalamah ceramah di tempat pendiri NU, yang pengikutnya sering dibid’ahkan."

Sejak awal, kata Yaqut, GP Ansor telah meminta agar pengurus Dewan Kemakmuran Masjid menolak permohonan penyelenggara tabligh akbar yang akan mendatangkan Khalid. Masih banyak masjid lain untuk dijadikan tempat berceramah Khalid Basalamah.

SHARE ARTIKEL