Kenali Penyebab Kanker Otak, Gejala dan Cara Pengobatannya

Komentar

seruji.co.id/iptek

Namanya kanker, kalau sudah stadium 4, hanya keajaiban yang bisa menyembuhkan. Tapi juga anda sudah mengenali gejala jika masih stadium 1 atau 2, kemungkinan sembuh total itu bisa..

Kenali gejala kanker otak berikut...

Kanker otak adalah tumor otak ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. 

Perlu diketahui, tidak semua tumor otak bersifat ganas bisa dikategorikan sebagai kanker. Ada juga tumor otak yang bersifat jinak.

Tumor otak jinak adalah sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh perlahan dan tidak menyebar ke bagian lain.

Sebagian besar kanker otak adalah hasil penyebaran kanker yang berasal dari organ tubuh lain melalui aliran darah. Sedangkan penyebab kanker otak yang berasal langsung dari otak.

Siapa saja pasti tidak ingin mengidap penyakit kanker otak yang sarat akan penderitaan bahkan mematikan.

Upaya terbaik adalah melakukan pencegahan, maka dari itu kita harus mengenali apa saja hal-hal yang bisa menjadi penyebab kanker otak untuk kemudian kita hindari. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kanker otak mari kita cari tahu penyebabnya.

Dari beberapa kasus penyakit kanker otak, pada umumnya tidak diketahui apa yang dapat menyebabkan penyakit kanker otak, namun penyakit ini tidak menular.

Kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang terjadi pada bagian otak, dimana sel sel kanker tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi otak. 

Pemicu kanker otak salah satunya adalah obesitas. Selain kejang, sakit kepala adalah gejala awal lainnya yang timbul akibat kanker otak. Akan tetapi, apa bedanya dengan sakit kepala biasa?

Penyakit kanker otak dan penyebab, gejala serta ciri-ciri yang merupakan salah satu kanker yang menyerang organ di kepala manusia.

Penyebab kanker otak terbagi menjadi 2 kelompok, penyebab kanker otak akibat faktor internal dan eksternal.

Sedangkan, tumor otak adalah pertumbuhan sel-sel otak yang tidak wajar dan jumlahnya cenderung tidak terkendali. Penyebab kanker otak Penyebab umumnya karena kemampuan berkembangnya sel yang menyusun jaringan otak, dari syaraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak serta saraf tulang belakang atau dikenal dengan sebutan meninges.

Penyebab Kanker Otak

Berikut penyebab kanker otak:

1. Faktor radiasi : Gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel, komputer mendorong terjadinya sel kanker.

2. Faktor trauma : Trauma eksternal dapat merangsang otak, jaringan parut meningeal akan mengarah ke tumor dan dapat mempercepat pertumbuhan tumor otak yang sebelumnya sudah ada.

3. Faktor kimia : Timbulnya kanker otak terkait dengan kontak pestisida, pewarna, formaldehida dan lain sebagainya dalam jangka waktu panjang.

4. Faktor radioterapi : Kontak dengan paparan sinar radioterapi juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker otak.

5. Faktor bawaan : Pada masa perkembangan embrio sel awal atau residu ektopik jaringan dalam rongga kepala, memiliki fungsi diferensiasi dan proliferasi, dapat berkembang menjadi kanker otak bawaan.

6. Faktor genetik : Cacat genetik atau mutasi dapat menyebabkan kanker otak, sekitar setengah dari pasien kanker otak memiliki riwayat keluarga.

Gejala Kanker Otak

  • Timbul rasa sakit kepala pada pukul empat atau lima pagi, pasien sering terbangun dari tidur lelap, semakin lelap tidurnya, sakit kepala akan semakin berat.
  • Gejala muntah pada pasien kanker otak tidak disertai dengan rasa mual dan sakit perut, juga tidak terkait dengan mengkonsumsi makanan, melainkan muncul gejala muntah yang menyembur setelah sakit kepala sesaat.
  • Tumor otak dapat menimbulkan tekanan otak meningkat, menyebabkan arus balik darah vena di mata tidak lancar sehingga menimbulkan stasis edema dan melukai sel-sel visual di retina, yang mengakibatkan penurunan kemampuan penglihatan.
  • Satu sisi mata menonjol : Satu sisi bola mata menonjol ke depan, gejala ini semakin berat sehingga menyebabkan kelopak mata tidak bisa menutup dengan baik.
  • Lobus temporal pada bagian bawah otak di bawah rangsangan dari tumor otak, menyebabkan muncul fenomena ilusi indera penciuman.
  • Tumor otak menekan syaraf pendengaran, yang mengakibatkan fungsi pendengaran di salah satu sisi telinga mengalami degradasi secara bertahap.
  • Pasien yang timbul gejala epilepsi setelah dewasa, apabila tidak ada cedera luar atau faktor penyebab lainnya, maka terlebih dahulu dipertimbangkan adanya kanker otak.

Pengobatan Kanker Otak

1. Pengobatan operasi : Melalui operasi pengangkatan tumor primer, dengan sebisa mungkin mengangkat bersih sel-sel tumor, menghindari hyperplasia sel.

2. Pengobatan kemoterapi : Karena struktur khusus dari blood-brain barrier di otak, pengobatan kemoterapi mengalami banyak batasan/halangan, hanya dapat menggunakan obat kemoterapi yang bersifat larut dalam lemak (fat-soluble) melalui sel intimal masuk ke dalam sel tumor, untuk menghasilkan efek obat, akan tetapi cara yang demikian mempengaruhi kecepatan dan efisiensi fungsi obat.

3. Pengobatan radioterapi : Terutama menggunakan tingkat sensitivitas sel tumor terhadap sinar radiasi, berdasarkan diagnosis patologis tumor otak, tingkatan diferensiasi dan hasil pemeriksaan pencitraan untuk menentukan ukuran lingkup dan dosis penyinaran, akan tetapi dalam proses pengobatan radioterapi dapat timbul efek samping.
Top