Misteri Malam Pertama di Alam Kubur, Orang-orang yang Terbebas dari Pertanyaan Kubur

Komentar

Sumber gambar wajibbaca.com

Diantara orang-orang pilihan Allah yang dikehendakinya saat hari kiamat kelak tidak akan mendapat pertanyaan dari malaikat penanya dan sudah pasti surga menjadi tempatnya...

Siapa saja mereka...? Apa kita bisa...?

Kematian adalah sebuah kepastian yang akan dijalani oleh setiap makhluk yang bernyawa. Setelah ajal menjemput, manusia akan menjalani kehidupan di alam barzah hingga hari kiamat nanti.

Menurut Al-Qur’an dan hadist, di dalam kubur mayat akan ditanyai oleh dua malaikat Allah SWT yakni Munkar dan Nankir.

Namun ternyata, ada beberapa golongan orang yang terbebas dari pertanyaan di dalam kubur. Berikut ini uraiannya.

1. Orang yang mati syahid

Dari Rasyid bin Sa’ad, dari beberapa sahabat nabi, disebutkan bahwa ada seseorang yang bertanya pada Nabi Muhammad SAW. “Wahai Rasulullah SAW, mengapa orang-orang beriman akan diuji dalam kubur, kecuali para syuhada?” Beliau menjawab, “Kilatan pedang yang berkelabat di atas kepala mereka sudah cukup menjadi ujian bagi mereka.”

2. Ribath (berjaga di tapal batas wilayah muslim untuk mencegah serangan musuh) di jalan Allah

Salman mengatakan, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Ribath sehari semalam lebih baik dari puasa dan shalat malam sebulan. Kalau seseorang mati dalam kondisi seperti ini, amalnya akan mengalir dan dicurahkan rizki atasnya serta dijamin bebas dari ujian (kubur).”

3. Meninggal dikarenakan sakit perut

Abu Ishaq As-Syu’aiby berkata, Sulaiman bin Shord berkata kepada Khalid bin Urfathah atau sebaliknya, Khalid berkata kepada Sulaiman, “Apakah kamu mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa meninggal karena sakit perut, tidak akan diazab dalam kuburnya’.” Salah seorang dari mereka menjawab, ‘Ya’.”

4. Bacaan surat Al-Mulk

Rasulullah SAW bersabda, “Surat tabarak akan mencegah azab kubur.”

5. Meninggal pada hari Jum’at

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada seorang Muslim yang meninggal pada hari Jum’at atau malam jumat kecuali Allah pasti akan menjaganya dari fitnah kubur.”
Top