9 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Berbagai Penyakit

Komentar

foto via tongkronganislam.net

Jangan kira wudhu itu hanya buat bersuci untuk shalat, baca Qur'an dan ibadah saja...

Ternyata wudhu sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan lho, bahkan bisa cegah berbagai penyakit.

Nggak percaya??? Berikut kami ulas 9 manfaat wudhu bagi kesehatan!

Wudhu merupakan aktivitas yang dilakukan oleh orang untuk mensucikan diri dari hadast kecil.

Cara membersihkan Najis kecil dengan menggunakan air yang dilakukan dalam agama islam sebelum melakukan sholat. Wudhu biasanya dilakukan pada hendak melaksanakan shalat karena merupakan salah satu rukun shalat.

Selain menggunakan air wudhu juga bisa digantikan dengan debu yang disebut dengan Cara Wudhu Tayamum. Sebelum berwudhu sangat dianjurkan untuk membaca niat.

Niat berwudhu adalah:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى

“Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya :

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

Dan setelah berwudhu selesai membaca do’a:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّالله وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدَ الرَّسُولُ الله اَللهُمَّ جْعَلْنِى مِنَ التَّوَّبِيْنَ وَجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِرِ يْنْ وَجْعَلْنِى مِنْ عِبَادِكَ الصَّلِحِيْنْ

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna mUhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya :

“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Baca Juga : Tips Buat Muslimah Saat Berwudhu, Agar Aurot Tak Sampai Dilihat Orang

Banyak orang yang mengira bahwa wudhu itu cuma dibuat untuk shalat. Ternyata tidak, banyak hal yang dapat dilakukan dan manfaat besar dari wudhu.

Nah kali ini kami akan bahas mengenai manfaat wudhu. Agar anda tahu bahwa wudhu itu bukan hanya sekedar untuk shalat.

Manfaat wudhu bagi kesehatan
Wudhu merupakan suatu bentuk ritual yang mengawali ibadah sholat yang akan dilakukan oleh para kaum muslim di seluruh dunia. Wudhu sendiri merupakan salah satu cara menyucikan diri, yang terdapat dalam kitab suci Al-quran. Wudhu dilakukan oleh kaum Muslim dengan menggunakan air sebagai media melakukannya.

Wudhu sendiri bukan hanya sebagai sarana menyucikan diri namun memiliki manfaat yang lebih luas. Manfaat yang diperoleh tidak hanya dilihat dari segi unsur spiritualitas dan unsur keagamaan saja, namun juga manfaat yang diperoleh secara universal dari ritual wudhu itu sendiri.

1. Menyucikan diri

Apabila dilihat dari kacamata ritual, spiritualitas dan keagamaan, manfaat wudhu yang paling utama adalah untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah yakni  sholat dan membaca Al-quran. Kondisi tubuh yang berada pada dunia luar membuat tubuh telah ‘kotor’ secara spiritual, sehingga membutuhkan proses penyucian secara singkat. Hal ini dapat membuat seseorang layak melaksanakan ibadah sholat dan masuk ke dalam rumah Allah (masjid).

Baca Juga : Doa Sebelum Wudhu dan Setelah Wudhu yang Mudah Dihafal

2. Membersihkan diri

Selain untuk menyucikan diri, wudhu juga bermanfaat untuk membersihkan diri yang sudah kotor oleh dunia luar. Selain membersihkan kotoran secara spiritual, bagian luar tubuh pun akan mengalami pembersihan dari kotoran dan debu yang menempel pada tubuh ketika beraktivitas sehari-hari.

3. Menjaga kesehatan tangan

Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan ketika melakukan prosesi ritual wudhu adalah bagian tangan. Bagian tangan yang dibersihkan terdiri dari :
  • Jari-jari tangan
  • Kuku
  • Telapak tangan
  • Bagian punggung tangan
  • Pergelangan tangan
  • Lengan bawah dan lengan atas
Dengan membersihkan tangan secara menyeluruh melalui proses wudhu, maka kebersihan tangan kita akan terjaga seperti manfaat mencuci tangan. Meskipun tidak menggunakan sabun, namun beberapa jenis kuman dan penyakit yang menempel pada tangan akan bersih dan dapat hilang karena anda melakukan prosesi pencucian tangan dengan berulang-ulang hingga bersih. Maka dari itu tangan akan menjadi bersih, dan dapat bebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit yang menempel di tangan

4. Menyegarkan tubuh

Wudhu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan air bukan hanya dapat sekedar membersihkan dan menyucikan tubuh anda. Dengan berwudhu, kondisi tubuh akan menjadi lebih segar dan kantuk yang anda rasakan disela aktivitas akan hilang. Hal ini disebabkan oleh manfaat air yang mendinginkan dan dapat menyegarkan. Selain mampu menyegarkan tubuh, berikut ini manfaat wudhu yang dirasakan bagi tubuh yakni :
  • Karena tubuh menjadi segar, maka rasa kantuk dan lelah akan hilang
  • Ketika rasa kantuk dan lelah sudah hilang, maka konsentrasi dan focus pikiran akan terjaga dengan baik
  • Anda akan mudah dalam mengambil keputusan

Baca Juga : Wudhu Sambil Bicara Itu Boleh dan Tidak Dilarang, Tapi.....

5. Relaksasi

Manfaat wudhu juga berguna sebagai media relaksasi tubuh. Masih berkaitan dengan manfaat penggunaan air ketika melakukan prosesi ritual wudhu. Tubuh anda yang terkena percikan air, selain merasa segar akan merasakan kenyamanan dan rileks. Kondisi relaksasi ini juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh anda, antara lain :
  • Dapat menghilangkan stress, depresi dan beban pikiran
  • Menjadi lebih terkontrol dalam melakukan suatu aktivitas
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Tidak gegabah

Maka dari itu, disarankan bagi anda untuk melakukan wudhu tidak hanya sebelum melakukan ibadah Sholat. Namun kapanpun juga ketika anda merasakan gejala-gejala yang membutuhkan proses relaksasi, anda dapat dari manfaat wudhu.

6. Mencerahkan Wajah

Salah satu bagian tubuh yang paling utama dalam penampilan anda ialah bagian wajah. First impression berasal dari kondisi wajah. Kondisi wajah yang kusam, kaku, dan terlihat suram akan menyebabkan anda merasa tidak percaya diri dan mungkin dijauhi. Namun, untuk mencegahnya, anda dapat mencerahkan wajah anda dengan cara melakukan wudhu.

Biasanya setelah melakukan wudhu, maka kondisi wajah akan menjadi cerah dan cemerlang. Karena kotoran serta debu yang menempel pada wajah dapat hilang dan menjadi bersih, sehingga menjadi lebih enak untuk dipandang.

7. Baik untuk Kesehatan Wajah

Beberapa dokter kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan air wudhu sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan kesehatan wajah. Anda dapat melakukan prosesi wudhu sebelum tidur, untuk menjaga kesehatan wajah anda, dan :
  • Membersihkan wajah anda
  • Mencegah menumpuknya bakteri pada wajah
  • Meremajakan kulit wajah

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Ketika berwudhu, bagian tubuh yang ikut mengalami pembersihan ialah bagian mulut, yaitu dengan cara berkumur. Berkumur dengan menggunakan air segar dapat membantu menjaga kesehatan mulut anda. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dipeRoleh dari berkumur-kumur ketika melakukan wudhu :
  • Membunuh kuman yang ada di mulut
  • Dapat mempercepat penyembuhan dari sariawan
  • Menjaga dan mengurangi bau mulut
  • Nafas terasa lebih segar

Baca Juga : Pengertian Thaharah dan Contoh Macam-macam Thaharah

9. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Telinga

Bagian telinga pun tak luput dari pembersihan yang dilakukan ketika anda melakukan wudhu. Telinga anda pun akan menjadi lebih bersih, dan manfaat wudhu lainnya ialah jenis radang-radang telinga yang disebabkan oleh kotoran pada telinga akan mudah untuk dicegah.

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh ketika anda melakukan wudhu. Manfaat yang diperoleh tidak hanya dapat dilihat dari segi nilai keagamaan saja, namun juga dapat dilihat dari segi kesehatan dan kebersihan tubuh.

Selanjutnya adalah Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dalam Islam Menurut Ahli. Wudhu merupakan salah satu aktivitas yang dapat mencegah seseorang terserang penyakit Hepatitis A. 

Penyakit ini menyerang manusia melalui tangan dan kemudian masuk ke dalam tubuh. Jika seseorang berwudhu, ia harus mencuci atau membasuh kedua telapak tangannya. Hal ini sejalan dengan pencegahan penyakit Hepatitis A tersebut. Manfaat wudhu selanjutnya adalah mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh serta mengeluarkannya melalui air wudhu.

Wudhu juga dapat mengurangi depresi pada diri seseorang. Maka dari itu Rasulullah SAW menganjurkan agar umat Muslim berwudhu jika sedang dilanda gelisah dan amarah.

Baca Juga : Doa Tayamum Beserta Rukun Wudhu Lengkap Dengan Arab , Latin dan Artinya

Dari Abdullah bin Umar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya : “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan badannya suci, maka para malaikat akan bersamanya didalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sehingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si pulan karena tidur dalam keadaan suci.'” (HR. Ibn Hibban 3/329, Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

Manfaat Wudhu Dalam Islam Menurut Ahli selanjutnya adalah membuat pikiran menjadi lebih bersih dan jernih. Hal ini karena saat berwudhu, seseorang harus mengusapkan air ke kulit kepala.

Hal ini akan membuat pikiran lebih dingin, segar, dan jernih. Wudhu juga dapat menstimulasi irama tubuh secara alami.

Proses wudhu harus membasuh beberapa anggota wudhu. Anggota wudhu tersebut merupakan titik yang sangat tepat agar metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Sehingga seseorang akan terhindar dari masuknya penyakit ke dalam tubuh.
Top