Arti Khitbah Adalah Berikut ini yang Benar Menurut Islam

Komentar

Ilustrasi. Republika.

Istilah tunangan tidak dikenal dalam istilah syariah. Tapi kalau mau dicarikan bentuk yang paling mendekatinya, barangkali yang paling mendekati adalah “khitbah”, yang artinya meminang/melamar...

Apa itu Khitbah?

Khitbah adalah mengungkap keinginan untuk mengawini seseorang perempuan tertentu, lalu kemudian diumumkan kepada khalayak oleh pihak yang terlibat dalam proses pinangan baik sendiri atau secara bersama-sama. 

Khitbah merupakan langkah awal dari pernikahan. Hal ini telah disyari'atkan oleh Allah subhanahu wata'ala sebelum diadakan aqad nikah antara suami istri, untuk mengetahui pasangan yang akan menjadi pendamping hidupanya.

Arti Khitbah

Al-Khitbah dengan dikasrah 'kho”nya berarti pendahuluan “ikatan pernikahan” yang maknanya permintaan seorang laki-laki pada wanita untuk dinikahi.

Dan hal ini pada umumnya ada pada laki-laki. Maka yang memulai disebut “khoothoban” (yang meminang) sedang yang lain disebut “makhthuuban”(yang dipinang).

khitbah yang artinya meminang.

Khitbah adalah sebuah akad, dan sama seperti halnya seluruh akad, harus ada dua pihak yang berakad.

Apakah khitbah itu sama dengan pertunangan? Bagaimanakah cara khitbah yang benar dalam Islam? 

Disitat dari rumahfiqih, makna khitbah dalam bahasa Indonesia ada bermacam terjemahan, antara lain bermakna melamar atau meminang. Bahkan ada juga yang mengartikan dengan pertunangan.

Istilah tunangan sebenarnya tidak dikenal dalam istilah syariah. Namun jika berminat dicarikan padanan katanya, tentu saja adalah khitbah, yang artinya meminang. 

Tetapi tetap saja ada perbedaan asasi antara tunangan dengan khitbah. Paling tidak dari segi aturan pergaulannya. 

Sebab masyarakat kita biasanya menganggap bahwa pertunangan yang telah terjadi antara sepasang calon pengantin sudah setengah dari menikah. 

Sehingga seakan ada hukum tidak tertulis bahwa yang sudah bertunangan itu boleh berduaan, berkhalwat berduaan, naik motor berboncengan, makan, jalan-jalan, nonton dan bahkan sampai menginap.

Khitbah Dalam Pandangan Islam

Abdullah Ibnu Mas'ud Radhiallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda pada kami:"Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu."

Muttafaq Alaihi
.

Fungsi Khitbah

  • Sebagai cara untuk saling mengenal antara si peminang dan yang dipinang.
  • Supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.
  • Memberi dorongan untuk segera melaksanakan pernikahan.
  • Kedua belah pihak akanmenjadi lebih yakin untuk hidup bersama dengan damai,bahagia, dan sejahtera serta saling mencintai dan menyayangi.

Hikmah Khitbah

  • Dengan disyari'atkanya khitbah maka calon suami diharapkan memiliki kemantapan hati untuk melangkah dalam mengarungi bahtera rumah tangga.
  • Sebagai pengenal terhadap identitas calon istri yang bakal jadi pasangan hidupnya.
  • Tercapai kemaslahatan bagi kedua belah pihak.
  • Terciptanya suasana saling mencintai dan menyayangi di antara kedua belah pihak.
Itulah penjelasan tentang khitbah, semoga bermanfaat.
Top