Ini Keutamaan Puasa Senin Kamis, Bila Istiqomah Akan Mendapat Beribu Pahala

Komentar

gambar via harian.analisadaily.com
Keutamaan dari puasa senin kamis yang menjadi salah satu puasa yang di anjuran oleh Rasulullah, berikut manfaat menjalani puasa senin kamis..

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa senin dan kamis menjadi salah satu puasa sunnah yang cukup populer di kalangan umat islam, namun nyatanya di akui atau tidak kepopuleran tersebut tidak lantas membuat semua orang yang mengetahui melaksanakannya.
Bahkan jika di prediksi dari sekian banyaknya umat islam dunia mungkin hanya segelintir saja yang bisa mengerjakan puasa di hari senin dan kamis, mungkin karena banyak alasannya baik itu karena senin adalah hari kerja, rasa malas bahkan mungkin karena keimanan masih lemah.

Kita pastinya sering sekali mendengar anjuran untuk berpuasa sunnah senin kamis. Rasulullah SAW senantiasa menghidupkan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis.

Sudahkah Anda membiasakan diri berpuasa sunah Senin-Kamis?

Tahukah apa saja keutamaan Puasa Senin Kamis yang perlu diketahui oleh setiap muslim? Jangan sampai kita berpuasa hanya karena keadaan, misalnya karena tanggal tua, karena ingin berdiet, karena ingin sehat, padahal keutamaan puasa Senin Kamis melampaui itu semua.

Berikut ini beberapa keutamaan puasa senin kamis yang patut anda ketahui :

Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka

Sehingga pada kedua hari tersebut, seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim seperti Dosa yang Tak Terampuni Oleh Allah SWT akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya:

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT.

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya:

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Hari kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah SAW dilakukan.

Ka’ab bin Malik R.a pernah mengatakan :

لَقَلَّمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ إِذَا خَرَجَ فِي سَفَرٍ إِلاَّ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya: “Sangat jarang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik R.a juga pernah mengatakan :

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ فِي غَزْوَةِ تَبُوْكَ وَكَانَ يُحِبُّ أَنْ يَخْرُجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya: “Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.

Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah SAW dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, atau bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya:

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin.

Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Keutamaan puasa senin kamis lainnya :

1. Kunci Sukses mencapai cita-cita yang diinginkan
2. Sebagai Cara Mendapatkan Jodoh
3. Sebagai Cara Menahan Hafsu
4. Mengencangkan kulit
5. Menurunkan tekanan darah tinggi
6. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
7. Dapat meremajakan sel kulit

Nah, dengan membiasakan diri puasa Senin Kamis, kita bisa belajar untuk tidak berlebihan dalam makan dan minum.

Berikutnya kita akan bahasa puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah
Salah satu amalan utama di awal Dzulhijjah adalah puasa Arafah, pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim pun sama seperti istimewanya puasa sunnah senin kamis.

Puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Puasa Arafah adalah salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Keutamaannya sangat luar biasa.

Tak hanya menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya, ternyata ada keutamaan puasa arafah lainnya berdasar hadits dan penjelasan ulama.

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan karena memiliki keutamaan yang luar biasa..

Setidaknya, ada 4 keutamaan puasa arafah sebagaimana diterangkan para ulama berdasarkan hadits-hadits berikut ini:

1. Keutamaan puasa arafah terpopuler: menghapus dosa 2 tahun

Ini adalah keutamaan puasa arafah yang paling populer. Puasa di hari arafah, dapat menghapus dosa dua tahun yakni dosa tahun sebelumnya dan dosa tahun sesudahnya sebagaimana disabdakan Rasulullah dalam banyak hadits shahih.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda: “Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

2. Amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

Puasa arafah merupakan salah satu amal khusus pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Secara umum, amal-amal pada 10 hari ini merupakan amal yang memiliki keutamaan.

Amal shalih pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangat dicintai Allah dibanding waktu lainnya, bahkan setara dengan jihad fi sabilillah yang membuat seorang mujahid syahid dan hartanya habis di jalan Allah.

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

“Tidak ada satu amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).”

Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?”

Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Hadits senada juga diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad)

3. Dilaksanakan di hari Arafah

Puasa arafah sangat utama karena dikerjakan pada hari arafah. Pada hari arafah tersebut, Allah SWT banyak membebaskan manusia dari neraka.

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka melebihi hari arafah (HR. Muslim)

4. Tidak pernah ditinggalkan Rasulullah

Dalam Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq dan Fiqih Islam wa Adillatuhu karya Prof Dr Wahbah Az Zuhaili dijelaskan, Rasulullah tidak pernah meninggalkan puasa arafah. Ini menunjukkan keutamaan yang luar biasa.

أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ


Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa asyura, puasa hari arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan shalat dua rakaat sebelum subuh (HR. An Nasa’i dan Ahmad)

Demikian keutamaan puasa arafah dan keutamaan puasa senin kamis, semoga kita dimudahkan Allah untuk mengerjakannya. Allahumma aamiin.
Top