41 Macam Keterampilan dari Barang Bekas yang Bermanfaat dan Bisa Dijual

Komentar


Foto via hidupsimple.com

Banyak barang-barang tak terpakai berserakan di rumah?

Jangan buru-buru dibuanga. Karena barang-barang bekas ini bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan. 

Tidak hanya membantu kamu dalam membereskan barang bekas tersebut, namun juga bisa memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari kamu loh.

Berisi berbagai kerajinan dari barang bekas yang bisa dijual dengan harga tinggi mulai dari bahan sedotan, kain flanel atau perca, botol bekas, kardus dll.

Merubah suatu hal yg tidak bernilai untuk dirubah menjadi barang yang bernilai seni tinggi, maka dibutuhkan daya imaginasi dan keterampilan untuk merubah barang bekas itu yaitu dengan cara khusus yang tetap mudah untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Tetapi kadang-kadang

Barang bekas sering dipandang sebelah mata. Bahkan sering dibuang dan dijual dengan harga yang sangat murah.

Baca juga : 22 Kerajinan Tangan Unik dan Cara Membuatnya yang Mudah Serta Bernilai Jual Tinggi

Tetapi di tangan orang kreatif, barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga mahal. Nah, biar gak lama-lama berikut adalah

Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat sangat banyak sekali jenisnya. Barang bekas yang sering kita abaikan bila dikelola dengan baik bisa menjadi sebuah barang yang memiliki nilai yang tinggi.

Tahukah kamu bahwa barang bekas bisa dibuat berbagai kerajinan tangan unik yang bisa dijual dengan harga mahal. Barang bekas sering dipandang sebelah.

Barang bekas sering berserakan di rumah? Jangan khawatir dan jangan pusing. Karena barang-barang bekas ini bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan.

Tidak hanya membantu kamu dalam membereskan barang bekas tersebut, namun juga bisa memberikan manfaat bagi kehidupan

Ide membuat sebuah kerajinan tangan biasanya dengan meniru kerajinan tangan yang sudah ada atau dengan memodifikasi bentuk atau bahannya.

Sering kali kita mendapatkan ide membuat kerajinan tangan dari barang bekas melalui gambar atau informasi yang kita dapatkan

Meskipun demikian, membuat kerajinan tangan dari barang bekas membutuhkan keterampilan tersendiri.

Mungkin saja ada yang mudah untuk dibuat, namun bisa jadi ada juga bentuk kerajinan lainnya yang memerlukan keterampilan khusus. Sehingga, bila ingin membuat kerajinan tangan dari barang bekas

Banyak sekali kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa dibuat karena bayangkan setiap hari sepanjang hidup manusia tentu memproduksi sampah, yang beraneka ragam ukuran dan Jenis. Ada sampah dari botol, plastik, kaleng bekas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Barang usang tersebut sering kita cuekkin, padahal dengan sedikit imajinasi kamu dapat menyulap barang usang itu menjadi barang yang bernilai tinggi.

Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan tangan yang dibuat dari beberapa barang bekas, kamu tentu mampu membuatnya pasalnya kerajinan dari barang bekas ini tidak Sulit untuk diciptakan.

Berikut ini video pembuatan kerajinan dari barang bekas : 



Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol usang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan yang unik dan tentunya kreatif.

Dengan hanya ketekunan dan juga ide-ide kreatif kamu mampu menghasilkan kerajinan dari botol dengan beberapa Jenis dan fungsi.

Kita mudah sekali menemukan berbagai macam macam sampah dari botol bekas yang bisa di manfaatkan diantaranya adalah  botol bekas minuman bersoda, botol bekas pembersih lantai serta botol bekas yang terbuat dari kaca.

Dengan memakai botol bekas ini, secara enggak langsung kita ikut berperan dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah.

1. Tempat untuk mengecas baterai ponsel



Andaikan kamu menjumpai plastik bekas dari botol atau plastik ynag terdapat di toilet, janganlah tergesa-gesa mau membuangnya begitu saja.

Tentunya kamu akan mudah untuk membuat kerajinan dari barang bekas yang unik dan terdapat nilai jual hanya dengan menyediakan berbagai alat sederhana dan bahan yang mudah ditemui di lingkungan terdekat rumah kamu.



Hasil kerajinan yang telah dibentuk bisa dipakai sendiri atau ditawarkan kepada orang lain yang membutuhkannya.

Ya, diantara satu kerajinan yang mampu diciptakan dari botol plastik bekas karbol adalah tempat cas HP yang simpel tetapi sangat membantu. Dengan hanya melihat gambar di atas kamu pasti mampu membuatnya.

2. Boneka lucu Bekas dari Botol Pewangi Pakaian



Botol-botol bekas pewangi pakaian, botol usang obat kumur mulut, atau botol usang oli motor jika kamu memiliki salah satu dari botol-botol ini berarti kamu mampu membuat boneka lucu yang satu ini.

Kamu bisa membuat botol tersebut jadi kerajinan tangan boneka dengan berbagai tokoh yang unik dan lucu.

Jadi kamu gak harus lagi membeli mainan yang mahal bagi anak-anak di rumah. Cukup dengan menciptakan kreasi dari botol-botol ini kamu sudah dapat membuat aneka mainan yang lucu.

Buatlah boneka tokoh idola kamu, jangan lupa sesuaikan ukuran botol dengan tokoh yang pas untuk kamu ciptakan.

3. Pot tanaman dari botol plastik



Masih seputar bagaimana menggunakan barang usang dari botol jadi kerajinan tangan yang nantinya bernilai.

Jika kamu ingin membuat indah tampilan halaman rumah, kamu dapat membuat taman kecil. Agar taman yang kamu hasilkan terdapat tampilan yang elegan, kamu bisa gunakan pot unik dari botol bekas ini.



Botol plastik usang minuman ringan dapat kamu manfaatkan jadi pot tanaman yang cantik. Ada beberapa bahan bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah botol usang, CD kaset bekas dan juga cat semprot Untuk membuat kerajinan tangan pot cantik ini dan memperindah tampilannya.

Dalam pembuatannya benar-benar gampang sekali, kamu bisa amati pada gambar di atas.

4. Bungkus kado yang unik



Bila kamu ingin memberikan hadiah kepada teman, sebaiknya kamu mengemas hadiah itu dengan bungkus yang unik dan indah.

Jangan membungkus hadiah untuk sahabat kamu dengan bungkus biasa saja.

Buatlah satu hal yang istimewa agar hadiah yang kamu beri memberikan kesan tersendiri pada yang menerimanya.

Kamu mampu membeli bungkus kado dan meminta orang lain untuk membuatkan kado itu. Atau kira-kira kamu bisa memaksimalkan botol bekas untuk dijadikan bungkus kado yang istimewa.

Bagaimana apakah kamu termotivasi untuk membuat bungkus kado ini, tidak susah kok cara membuatnya tinggal ikuti saja apa yang ada pada gambar. Untuk cara membuatnya kamu bisa amati pada gambar di bawah ini

5. Pot tanaman lucu dan cantik



Bila ada cewek yang lihat pot bunga ini, pasti langsung bilang “keren bangets” :v. Pot ini lebih sederhana tidak memerlukan bahan tambahan, tetapi kamu dituntut untuk kreatif menciptakan gambar lucu di pot. Ketrampilan melukis yang kamu punya sangat berpengaruh di hasil akhir.

6. Tempat Pensil dari Botol Bekas

Ternyata botol minuman ringan bisa dijadikan menjadi sebuah bentuk pesawat yang keren dan unik. Botol botol tersebut ditempelkan satu sama lain dengan menggunakan lem.



Untuk memakai gelang tidak harus yang mahal mahal, cukup bermodalkan bahan dari botol bekas sudah bisa untuk membuat gelang ini. Gelang ini terbilang unik dan elegan, lebih bagus lagi jika kamu tambahkan lampu neon di dalamnya.

Bisa untuk bergaya-gaya di depan teman kamu bukan. Sebenarnya gelang diatas adalah potongan dari botol bekas yang sudah dibentuk dengan pola tertentu. Adapun untuk rangkanya kamu gunakan benang supaya bisa bergabung ujung satu dengan ujung yang lainnya.

7. Gambar Wajah Dari Botol Bekas



Gambar di atas mengingatkan kita pada film kartun televisi upin dan ipin. Yak, benar film yang menceritakan tentang manusia purba itu. Agak unik dan juga lumayan aneh juga. Kamu hanya perlu memotong setengah bagian dari botol kemudian kasih cat dengan warna favoritmu. Kasih juga rambutnya, supaya terlihat unik.

8. Perahu Dari Botol Bekas



Ada-ada saja tingkah yang dilakukan oleh orang zaman sekarang. Yang biasanya botol diubah jadi kerajinan lain yang agak normal, namun yang ini tidak bahkan terbilang antimainstream. Kayaknya kamu yang belum pernah merasakan bagaimana asyiknya naik kapal atau perahu bisa untuk mencoba kerajinan tangan yang satu ini.

9. Bunga Dari Botol Bekas



Kamu capek memelihara atau merawat bunga namun selalu layu dan ujungnya mati. Atau kamu malas untuk menyirami air setiap hari dan tidak mau repot repot untuk memberinya pupuk. Kayaknya bunga dari botol bekas ini bisa menjadi alternatif untuk permasalahanmu. Tanpa harus menyirami dan juga tanpa repot repot untuk memberinya pupuk.

Kamu bisa menaruhnya di depan rumah kamu atau di dalam rumah seperti di ruangan  tamu supaya ruangan tamu kamu terlihat lebih keren lagi dan membuat nyaman para tamu yang berkunjung ke rumahmu.

10. Ikan dari Botol Bekas



Bingung mau cari hiasan gantung yang sesuai dengan hati kamu. Ikan dari botol bekas ini kemungkinan bisa membantu kamu. Dilihat dari gambarnya saja kemungkinan terlihat gampang dan simpel. Kamu cukup memotong dengan sesuai motif di atas lalu beri mata dan juga warna supaya ikannya benar benar terlihat hidup dan nyata.

11. Kerajinan Tangan dari Tutup Botol



Tutup botol kadang kali adalah sebuah benda yang remeh dan sering kali kita buang begitu saja. Padahal tanpa kita sadari sebenarnya tutup botol ini bisa disulap menjadi suatu yang berharga. Malahan beberapa model dan bentuk kerajinan dari barang bekas tertentu dapat dijual dengan harga yang sangat lumayan.

12. Kalender Dari Tutup Botol


Bikin saja kalender magnet agar kalendermu anti mainstream dan unik dibandingkan dengan yang lain.

Dalam pembuatannya terbilang gampang, kamu tinggal siapkan saja magnet yang dapat ditempelkan di bagian belakang botol serta spidol dalam menghias bagian depan tutup botol yang cocok dengan keinginan kamu.

Disamping keren, kalender unik semacam ini pula dapat digunakan berkali-kali atau bertahun-tahun selanjutnya. Kamu cukup rajin rajin saja mendesain dan bikin baru magnetnya jika mau di ubah suasana.

Baca juga : 14 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Karton, Dijamin Keren

13. Kursi Dari Tutup Botol



Memang selain kerajinan tangan yang kita bahas sebelumnya, dengan berbagai bentuknya yang unik, nyatanya tutup botol bisa dipakai dan diubah menjadi salah satu barang kerajinan yang memiliki nilai jual. Salah satunya adalah kursi dari tutup botol ini.

14. Pernak Pernik Dari Tutup Botol Bekas



Salah satu keunikan dari pernah pernik dari tutup botol ini adalah kamu bisa menaruh foto kamu atau foto gambar favorit kamu di bagian dalamnya entah itu pacar kamu, hewan peliharaan kamu, bahkan bisa juga foto kamu yang keren keren. Pernak pernik ini bisa kamu gunakan menjadi kalung yang elegan.

15. Hewan Dari Tutup Botol Bekas



Bagi kamu yang memiliki adik yang masih berumur di bawah 5 tahun, kamu bisa mengajarinya mengenali tentang nama nama hewan dengan bantuan media tutup botol ini. Dari tutup botol ini kamu bisa buat berbagai macam binatang seperti burung, ikan, kumbang dan sebagainya.

16. Kalung Dari Tutup Botol Bekas



Kamu juga bisa memanfaatkan tutup botol tersebut menjadi kalung yang indah dan elegan. Ada banyak motif yang bisa kamu buat diantaranya adalah dengan memberi gambar bintang di dalamnya.

17. Bunga Dari Tutup Botol Bekas



Idenya ini luar biasa sekali kreatif, bayangin tutup botol dapat dijadikan bunga loh bro. Kayaknya butuh ketenangan yang tinggi supaya bisa menemukan ide semacam ini. Caranya dapat dibayangkan sendiri kan, seperti membuat bunga, ya kaya gitu dech, hehe:D.

Wah kayaknya ide diatas luar biasa jeniusnya, Sekedar memakai 1 keping tutup botol mampu diubah menjadi suatu gambar ilustrasi yang terlihat hidup dan nyata. Kerennya banyak gambar ilustrasi yang dapat dibentuk, kayaknya idenya tersebut tidak dapat diprediksi.

18. Robot Dari Tutup Botol Bekas



Masing masing dari Kita tentu sudah mengerti tentang pentingnya recycling (daur ulang) terutama menggunakan botol plastik. Beragam dari  botol plastik bekas ini dapat kita lihat cuma tergeletak saja di berbagai tempat, misalnya di taman, sungai, dan di jalan. Sehingga membuat lingkungan menjadi tidak bersih dan juga tidak rapi. Yuk, kita manfaatkan sebaiknya botol botol plastik tersebut supaya menjadi ROBO-TIK (robot dari botol plastik).

Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Kardus bekas seringkali menjadi  barang yang menumpuk dan menghabiskan ruangan kamu, dan terkadang malahan bisa berakhir di tempat sampah. Sampai saat sekarang ada banyak sekali kardus bekas yang mana bisa kita temukan di lingkungan kita. Itu dikarenakan hampir setiap barang kebutuhan kita setiap waktu menggunakan kardus sebagai pembungkusnya.

Daripada kardus-kardus ini menjadi suatu barang yang tak berguna dan hanya jadi sampah, menjadi lebih baik kalau kamu membuat kardus ini jadi suatu kerajinan unik dan juga terdapat nilai seni yang tinggi. Berikut ini merupakan bemacam-macam kerajinan tangan dari kardus bekas.

1. Miniatur Rumah Mini Bagi Rumah Kucing



Kamu dapat memanfaatkan kardus bekas kamu untuk dijadikan jadi miniatur rumah mini dan bisa digunakan sebagai kandang kucing yang kamu pelihara.

Dengan membuat rumah mini yang nyaman dan unik ini pastimau menghasilkan kucing kesayangan kamu nyaman tinggal di tempat tinggalnya. Lihatlah kucing peliharaan kamu pasti akan merasa nyaman dan senang di dalam kandang yang telah kamu hasilkan.

2. Rumah Dari Kardus Bekas


3. Lampu Gantung Unik dari Kardus usang



Faktanya dengan kardus bekas kamu dapat menghasilkan satu buah hiasan sebuah lampu gantung eksklusif. Bagaimana kira-kira kamu berminat dengan lampu gantung hias itu kamu bisa membaca cara membuatnya di artikel saya yang lain.

4. Laptop Stand dari Kardus bekas



Dibanding kardus usang bungkus kamu tergeletak begitu saja dan hanya memenuhi gudang rumah kamu, mendingan pakai kardus tersebut sebagai stand laptop supaya makin meringankan kamu dalam mengerjakan semua pekerjaan yang sedang diselesaikan.

Dengan memakai bahan kardus yang gak terlalu banyak kamu sudah bisa membuat stand laptop. Dengan memakai stand ini tentunyaakan menolong kondisi laptop kamu tatap baik, selain juga itu juga bisa membantu pendinginan baterai supaya tidak cepat panas. hal tersebut dikarenakan karena sirkulasi udara berjalan dengan baik. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuatnya?

5. Lampu Belajar dari Kardus bekas



Kardus bekas pun ternyata bisa dijadikan sebuah lampu belajar yang keren dan kreatif. Untuk menghasilkan lampu ini memang gak tidak mampu dibuatnya dengan tangan biasanya, untuk tampilannya saja biasanya dibentuk dengan menggunakan software CAD 123D. Untuk metode membuatnya.

6. Kamera Dari Kardus Bekas


7. Boneka Danbo Dari Kardus Bekas


8. Celengan Dari Kardus


9. Mobil dari Kardus Bekas



10. Rumah Burung Dari Kardus


11. Labirin dari Kardus


12. Kapal dari Kardus Bekas


13. Aquarium Dari Kardus Bekas



Bosen dengan aquarium yang gitu gitu saja. Biasanya sih aquarium itu isinya air, ikan hidup dan mungkin terkadang kita malas untuk memberinya makan. Tenang, aquarium dari kardus ini bisa menjadi jawaban dan solusinya. Kamu hanya tinggal membuat berbagai hewannya, kemudian kamu kasih tali dan gantungkan di antara langit langit kardus tersebut.

14. Helm Prajurit dari Kardus Bekas



Bagi kamu yang penggemar film barat dan termasuk yang genre action, pasti tahu dengan benda ini. Yah, helm prajurit dari kardus ini bisa kamu jadikan sebagai mainan di rumah. Helm prajurit ini bisa kamu pakai ketika kamu lagi bermain perang-perangan dengan temanmu.

15. Buldozzer dari Kardus Bekas



Kardus tidak hanya bisa dibentuk menjadi kendaraan pada umumnya saja. Namun juga bisa dibuat kendaraan alat berat seperti bulldozer. Nantinya selain bulldozer kamu di artikel ini juga akan melihat alat berat lainnya seperti escavator dari stik es krim.

Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas

Sedotan adalah salah satu barang kerajinan tangan yang murah dan mudah untuk ditemukan. Biasanya sedotan digunakan sebagai alat bantu untuk minum dengan cara menyedotnya.

Kadang-kadang sedotan sesudah habis digunakan hanya jadi sampah plastik yang mengotori lingkungan. Seperti yang kamu tahu bahwa sampah plastik merupakan diantara sampah yang sangat susah untuk diurai oleh tanah.

Berikut ini yaitu beberapa kerajinan dari barang bekas unik yang bisa kamu buat dari sedotan bekas.

1. Bunga Plastik dari Sedotan



Bunga dari sedotan merupakan jenis kerajinan tangan yang paling sering untuk diciptakan . Sedotan yaitu bahan yang benar-benar unik karena mempunyai elastisitas dan juga warna yang beragam sehingga mampu dibentuk bermacam-macam kerajinan dari barang bekas yang unik dan indah.

2. Mainan Labirin dari Sedotan



Disamping diciptakan bemacam-macam kerajinan dari barang bekas tangan sedotan juga dapat dibuat mainan sejenis labirin untuk mengolah kreativitas anak-anak. Tentukamu mampu menghasilkan sendiri bemacam-macam kreasi lainnya dari bahan sedotan usang.

3. Lampu Kristal dari Sedotan bekas



Lampu kristal yang elegan ini bisa kamu hasilkan dari sedotan usang. Dengan kreasi ternyata bekas sedotan plastik bisa dibentuk sebuah lampu yang keren dan juga unik. Dengan lampu kristal ini pasti ruangan kamu akan lebih keren dan nyaman.

Baca juga : Banyak yang Pakai Cara Syirik Saat Menempati Rumah Baru, Ini Doa Islami Menempati Rumah

4. Burung Dari Sedotan Bekas



Kamu kebingungan mau mencari mana referensi yang pas untuk mendekorasi rumah kamu terkhusus di ruang tamu? ya kerajinan dari barang bekas ini bisa kamu jadikan sebagai contoh. Bentuk burung yang indah ini tidaklah sulit kamu buat, kamu hanya tinggal ikuti saja langkah-langkah di video di bawah ini, maka kamu akan mudah untuk membuatnya. Saya sengaja tidak memberikan tips-tipsnya tutorial dengan tulisan karena kelihatannya cukup mudah.

5. Sepeda Dari Sedotan



Ada ada aja ulah si abang yang satu ini, masak buat sepeda motor dari sedotan, gedenya juga kaya sepeda asli lagi. Pastinya si abang ini menghabiskan banyak sekali sedotan untuk membuat sepeda motor dari sedotan ini. Lama? pastinya. Mungkin abang ini menghabiskan waktu berminggu minggu lamanya untuk menyelesaikan mega proyeknya tersebut.

Kerajinan Tangan dari Barang bekas Kain Flanel

Kain perca atau kain flanel adalah termasuk dari berbagai jenis kain yang berasal dari limbah tekstil yang telah tak dipakai dan biasanya dibuang ke TPA.

Namun seandainya kamu terdapat kain perca kamu jangan bergegas untuk membuangnya, kamu bisa memaksimalkan kain ini menjadi bemacam-macam barang kerajinan dari barang bekas yang mempunyai nilai keindahan serta nilai jual cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan tangan dari kain perca yang kreatif dan unik.

1. Bros Bunga dari Kain Perca



Bros bunga cantik ini diciptakan dengan pakai kain sisa limbah konveksi. Dengan menggunakan kreativitas kamu bisa menghasilkan kreasi bros dengan aneka warna. Buatlah bros bunga ini dengan bemacam-macam motif kain serta berilah sentuhan akhir untuk menambah kecantikannya. Bagaimana apakah kamu berminat menciptakan bros sendiri?

2. Boneka Hias dari Kain Perca



Pernahkan kamu terbenak dalam fikiranmu untuk membuat ide berupa boneka lucu ini dari kain perca? Ya, kain perca benar-benar sesuai untuk menghasilkan berbagai kreasi yang lucu dan unik.

Di antara contohnya yaitu boneka ini, dengan mencampurkan bemacam-macam motif kain perca menghasilkan boneka hias ini menjadi keren. Coba deh bikin di rumah.

3. Sandal Dari Kain Flanel



Bagi kamu yang suka bepergian keluar entah itu mau berpariwisata ke suatu tempat wisata atau sekedar ke rumah teman, cobalah kamu memakai kerajinan tangan sandal dari kain flanel ini.

Tentu kamu akan merasakan kenyamanan karena ketika kamu pakai sandal ini rasanya terasa nyaman sekali dan lembut.

Selain itu dengan membuat ini akan membuat anak anak menjadi kreatif dan tentunya menyenangkan.

Masih ada kreasi lain yang mampu kamu hasilkan dari kain perca, misalnya keset yang unik, boneka, tempat tisu baca sepenuhnya tentang kerajinan tangan dari kain perca bisa membaca Kerajinan tangan dari kain flanel.

Itulah berbagai kerajinan dari barang bekas yang ringan dibuat, kamu cukup menggunakan imajinasi untuk mengembangkan bentuk kerajinan tangan yang lebih luas. Selamat membuat berkarya dan gunakan barang-barang bekas di sekitar kamu menjadi kerajinan tangan dari barang bekas.
Top