Bacaan Doa Zakat Fitrah Untuk Membayar dan Menerima Lengkap Arab dan Latin

Komentar

ilustrasi via www.nu.or.id

Umumnya masyarakat kita akan menyalurkan zakat fitrah di minggu akhir ramadhan...

Berikut bacaan doa zakat fitrah lengkap... Semoga bermanfaat...

Seluruh amal ibadah harus melibatkan niat. Bukan hanya ibadah wajib tapi juga ibadah sunnah. Niat merupakan bagian dari penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Tak terkecuali pada pelaksanaan zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh setiap individu Muslim, baik laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, atapun hamba sahaya.

Niat adalah iktikad tanpa ragu untuk melaksanakan sebuah perbuatan. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut. Talaffudh berguna dalam memantapkan iktikad karena niat terekspresi dalam wujud yang konkret, yaitu bacaan atau lafal.

Adapun untuk pelaksanaan atau waktu mengeluarkan zakat fitrah yaitu pada bulan puasa ramadhan. Secara umum di masyarakat kita biasanya zakat fitrah dikeluarkan mulai tanggal 27 Ramadhan s/d 30 Ramadhan atau Malam Takbiran. Itu syah-syah saja, karena zakat fitrah selambat-lambatnya dan/atau paling lambat dikeluarkan sebelum orang-orang selesai menunaikan shalat ied (hari raya idul fitri), apabila dikeluarkan setelah sholat idul fitri maka tidak tergolong ke dalam zakat, melainkan amal atau sedekah biasa.

Inilah doa niat zakat fitrah yang mesti anda ketahui agar nanti ketika anda ingin mengeluarkan zakat fitrah maka anda bisa membaca doa niat zakat fitrah agar zakat fitrah anda diterima oleh Allah SWT karena niat yang tidak baik maka tentunya tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Pengertian zakat fitrah menurut ajaran Islam ialah zakat yang hukumnya wajib dimana dikeluarkan secara ikhlas pada setiap individu perempuan maupun laki-laki yang beragama Islam yang masuk dalam syarat-syarat yang wajib dalam mengeluarkan zakat firah.

Definisi kalimat fitrah ini sendiri memiliki arti yang suci atau bersih atau kondisi manusia yang terlahir kembali sehingga disebut sebagai zakat fitrah yang merupakan zakat yang mensucikan dan membersihkan kembali diri kita sebagaimana fitrahnya.

Lalu dengan adanya perintah membayar, memberikan dan mengeluarkan berupa zakat fitrah ternyata sudah dijelaskan dalam firman Allah SWT yang berbunyi bahwa “Sesungguhnya beruntunglah seorang musslim yang telah membersihkan diri dan dia ingatt kepada Tuhannya lalu dia Shalat”.

Sedangkan untuk kepada manfaat zakat fitrah, adapun keistimewaan dalam membayar zakat fitrah dan keutamaannya dalam mengeluarkan zakat fitrah antara lain akan memperoleh pahala yang begitu banyak, kemudian zakat fitrah ini bermanfaat dalam membersihkan jiwa dan diri kamu, dan juga sebagai tanda rasa syukur terhadap Allah SWT, lalu bisa memperpanjangkan umur dan memperlancar usaha kamu.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Niat ini diucapkan oleh diri kita sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

Jika seorang suami ingin membacakan niat zakat fitrah untuk istrinya, maka lafadznya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Bagi orang tua yang memiliki seorang anak laki-laki yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya : 

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Bagi orang tua yang memiliki seorang anak perempuan yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya : 

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya : 
Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala

Itulah lafadz niat zakat fitrah lengkap arab, latin dan terjemahannya yang dapat kita baca sesuai kondisi, artinya apakah kita niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri kita sendiri atau untuk orang lain yang telah diwakilkan kepada kita. Jadi tinggal sesuaikan saja. Adapun untuk besar zakat fitrah yang wajib dikeluarkan menurut para ulama sesuai penafsiran terhadap hadits adalah sebesar satu sha' (1 sha'=4 mud, 1 mud=675 gr) atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan.

Karena di Indonesia makanan pokoknya adalah beras, maka zakat fitrah yang dikeluarkan adalah beras kurang lebih 3kg, ada juga sebagian orang yang mengeluarkan zakat fitrah dengan menggunakan uang seharga beras 3kg (misalnya).  

Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah

Tentunya di dalam melakukan zakat fitrah maka ada terdapat serah terima antara yang memberi dan menerima zakat yang pasti disertai dengan adanya doa dari kedua belah pihak antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Doa niat membayar zakat fitrah
“Allahumma j’alhaa maghnaman, walaa taj’alhaa maghraman”

Berarti: “Ya Allah jadikanlah iaa sebagai ssimpanan yang menguntungkkan dan jangan jadikanlah ia pemmberian yang merugiikan”

2. Doa niat menerima zakat fitrah
“Aajarak-llahuma fiima a’thaita, wa baraaka laka fiima abqaita, waj’alhu laka thahuuraa”

Berarti: Semoga Allah memmberi pahala atas apa yangg telah kau berikann, menjadikannya penyuci (jiwa dan harta) untukkmu, dan melimmpahkan berkah terhadapp harta yang tersisa”.

Demikianlah informasi terkait Kumpulan Doa Niat zakat fitrah untuk Membayar dan Menerima semoga informasi ini dapat memberikan manfaat yang sedalam-dalamnya bagi kita semua agar sekiranya kita tidak lagi lalai dalam mengamalkan doa niat zakat fitrah, karena tentunya tindakan kita mesti diawali dengan niat olehnya itu kita mesti mengetahui niat zakat fitrah itu agar zakat kita diterima oleh Allah Swt.
Top