7 Doa Ulang Tahun Anak dalam Islam yang Baik Meminta Rezeki dan Kesehatan

Komentar


Foto via belajarislam.com

Dengan bertambahnya umur maka semakin berkurang jatah hidup di dunia

BETUL TIDAK?

Karena itu memperingati hari kelahiran itu tak usah berfoya-foya atau mengadakan pesta yang besar, hal demikian adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang selain beragama islam satu hal yang perlu diingat adalah sudah mendekati kematian. 

Untuk itu hadiah yang paling utama adalah doa, doa agar diberikan kesalamat dunia akhirat. seperti ini doanya.

Ucapan selamat ulang tahun untuk anak saat ia berulang tahun adalah ucapan yang mengandung doa, motivasi dan juga kebaikan.

Ada beberapa doa yang baik untuk memberingati hari kelahiran atau ulang tahun dalam Islam dengan bahasa arab, doa ini baik sebagai bentuk ucapan ulang tahun.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa merayakan ulang tahun dalam agama islam itu masihlah ada perdebatan.

Beda, dalam merayakan ulang tahun selalu diwarnai dengan perayaan berupa pesta ulang tahun bersama orang- orang terkasih, anak- anak, ibu, ayah, kelurga, sahabat teman dan lainnya

Baca juga : Doa Sesudah Sholat Tahajud, Syarat, Jumlah Rakaat, Serta Tata Cara Tahajud yang Benar

Meskipun banyak kontroversi di kalangan umat islam dalam hal melaksanakan acara tersebut, tetapi sepertinya perayaan seperti ini akan susah untuk di rubah karena sudah menjadi tradisi yang melekat pada diri sebagian umat muslim, apalagi yang ulang tahun anaknya maka selain memberikan kado kejutan, tentunya memberikan ucapan pada anak

Pembahasan kali ini adalah tentang ucapan doa untuk ulang tahun islami lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Jika biasanya kita mengucapkan ucapakan selamat ulang tahun saja kepada keluarga atau sahabat/teman yang berulang tahun, maka kini sebaiknya anda tambah dengan doa untuk ulang tahun dalam islam.

Dan ada juga sebagian orang yang mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa inggris, misalnya; "Happy birthday, May God give you a better year for you". ...

Nah, pada halaman ini kami akan menyajikan doa ucapan ulang tahun untuk anak dalam islam, baik untuk ulang tahun anak-anak, doa ulang tahun untuk diri sendiri atau untuk keluarga dan teman.

Bagi anda yang ingin memberikan doa ulang tahun anak yang lebih islami lagi, berikut ada contoh ucapan Doa Ulang Tahun Anak Dalam Islami yang mungkin bisa anda berikan disaat hari kelahiran anak anda.

Ucapkan doa “Barakallah fii umrik” bukan hanya sekedar ucapan selamat. Berikut ada beberapa contoh ucapan ulang tahun dalam islam barakallah Fii Umrik terbaru, mungkin dapat menjadi refrensi untuk anda :

1. Doa ulang tahun islami mohon keselamatan dan kesejahteraan dalam bahasa arab dan artinya: 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

“ALLOHUMMA INNAA NAS-ALUKA, SALAAMATAN FID DIINI, WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI, WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI, WA BAROKATAN FIR RIZQI, WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI, WA ROHMATAN ‘INDAL MAUT,I WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI.”

Artinya : “Ya Allah, kami memohon kepadaMu, keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.”

“Barakallahu fii umrik , semoga umurmu yang ke … tahun ini di berkahi oleh allah swt. Milad Mubarak”

2. Doa ulang tahun islami mohon kemuliaan keluarga dalam bahasa arab dan artinya

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“ROBBANAA HABLANAA MIN AZWAAJINAA WA DZURRIYYAATINAA QURROTA A’YUNI WAJ-‘ALNAA LILMUTTAQIINA IMAAMA”

Artinya : “Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

3. Ucapan selamat ulang tahun islami untuk sahabat

Manusia diciptakan oleh allah swt berbangsa-bangsa dan bersuku-suku oleh sebab itu manusia tidak bisa hidup sendiri pasti membutuhkan teman, membutuhkan sahabat dalam artian pasti membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah sahabat, sahabat sholeh/hah kita yang senantiasa mengingatkan kita dalam kebaikan misalnya, tentu pasti sangat bermanfaat sekali untuk perkembangan kita nantinya.

Nah, untuk mempererat hubungan ukhuwah persahabatan antara kita dengan sahabat kita jika sahabat sedang ulang tahun tidak ada salahnya kita mengucapakan selamat ulang tahun islami untunya, dengan niat mempererat tali silaturahim kamu denganya.

Berikut contoh ucapan selamat ulang tahun islami untuk sahabat yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi ucapan selamat ultah untuknya, seperti dibawah ini:
“Met milad sahabat ku Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau ditambah kekuatan untuk dapat bisa berdakwah di kampus bersama ku lagi. aminn…”
“Barakallahu fii umrik ukhti (saudara perempuan) Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn.. “

Selamat ulang tahun soohibuni, semoga diberi umur yang berkah, sehat selalu dan Bahagia dunia akhirat. Semoga Alah swt melimpahkan rezeki yang halal untukmu, semoga kamu tetap menjadi pribadi yang selalu beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

Baca juga : Niat, Doa, Tata Cara Shalat Gerhana Bulan Total Lengkap dan Jelas

4. Ucapan selamat ulang tahun islami untuk anak

Salah satu amanah allah kepada kita adalah seorang anak, sholeh/hah atau tidaknya seorag anak tergantung pada orang tuanya, bagaimana cara mendidik merawatnya.

Anak akan tumbuh dan berkembang sesuai apa yang diajari oleh kedua orang tuanya ini paling dominan karena keluargalah yang wajib pertama memberi pelajaran kepada anak.

Meski tidak cukup hanya dengan usaha mengajarinya saja, kita sebagai orang tua juga mesti mendo’akan anak-anak kita semoga menjadi anak yang sholeh/hah berguna bagi agama nusa dan bangsa.

Dibawah ini adalah do’a dan ucapan selamat ulang tahun kepada anak yang dapat kamu praktek, silahkan di simak ..

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

“ Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i ”

Artinya : Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).
“Ya Allah Ya Karim, Di hari ulang tahun anak hamba ini berikanlah dia selalu kesehatan dan keselamatan. Jadikanlah dia menjadi seorang anak yang sholeh dan sholehah , anak – anak yang berbakti pada orang tua, mencintai Rosul-Mu serta selalu taat kepada-Mu ya allah… aminn..”
“Ya Allah Yang Maha Pelindung… Berikanlah lindungan-Mu selalu untuk anak – anak kami,  jauhkan lah meraka dari segala macam penyakit dan musibah, ya, allah karuniailah mereka perlindungan dalam ketaan kepadamu… aminn”

5. Uucapan selamat ulang tahun untuk pernikahan

Pernikahan adalah penyatuan antara kedua hati, kedua insang, utnuk hidup bersama dalam ketaqwaan kepada allah swt.

Dalam pernikahan kudu saling mengalah satu sama lain, tidak bisa mementingkan, memikirkan diri sendiri sahaja tetepi kudu saling memikirkan satu sama lain untuk yang lebih baik.

Menikah merupakan salah satu cara kita mendekatkan diri kepada allah swt. Dengan menikah kita akan mengerti bagaimana kehidupan se sungguhnya.

Menikah juga merupakan moment agung yang didalamnya akan dikumandangkan kalimat ijab dan qabul yang akan menggetarkan bumi dan seisinya.

Nah, untuk mempererat ukhuwah persahabatan sekaligus mempererat hubungan kamu dengan pasanganmu tidak ada salahnya jika kamu ucapkan selamat ulang tahun pernikahan islami pernikahan di bawah ini untuk pasangan atau sahabat seperjuanganmu.

Seperti apa kalimat selamat ulang tahun islami tersebut? berikut seperti di bawah ini baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain:
“Ya Rabb, Andai Kau berkenan, limpahkanlah rasa sykur atas cintamu kepada kami. Agar kami senantiasa bahagia dalam menjalani bahtera kehidupan dunia ini. Ya Allah, Andai semua itu tak layak bagi kami, maka cukupkanlah permohonan kami dengan ridlo-Mu, Aminnn …”
“Ya Rabb… Berkatilah umur kami, hati kami, pendengaran kami, suami/isteri kami, keturunan kami dan ampunilah kami. Jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang bersyukur. Aminn ya rabbal ‘alamin..”
“Ya allah.. Jadikanlah kami Suami dan Istri yang saling menyayangi di kala dekat, Serta saling menyempurnakan dalam peribadatan. Jadikanlah kami salah satu pasangan yang akan engkau temukan di akhirat kelak. aminn..”

6. Ucapan selamat ulang tahun islami untuk suami, kekasih tercinta

Suami adalah dia yang menjadi pemimpin bagi keluarga kita, menjadi pundak keluarga, penanggung jawab dalam keluarga.

Bekerja siang hingga sore dengan harapan istri dan anak-anak dapat tersenyum setiap harinya, tak peduli dengan apa yang dikerjakan yang penting halan dan diridhai oleh allah swt itulah suami sejati.

Meski kadang bertengkar karena perbedaan pandangan itu merupakan salah satu pernak-pernik dalam kehidupan berkeluarga dan hal seperti ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang telah menikah maka bersyukurlah atas nikmat allah swt.

Kita sebagai seorang istri yang baik hendaknya memberi perhatian, merendahkan hati kepada suami, karena taatnya istri kepada suami adalah salah satu bentuk taatnya kita kepada allah swt.

Lalau bagaimana bentuk ketaatan atau bentuk perhatian kepada suami?

Disini kamu bisa mewujudkan perhatian kamu ketika suami sedang ulang tahun misalnya, Luangkan waktu untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun romantis untuknya. Meski hanya ucapan ini akan berpengaruh dalam keharmonisan keluarga kamu lho.

Ucapan selamat ulan tahun islami untuk suami yang dapat kamu praktekan seperti dibawah ini :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama”

Artinya: Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.


Seiring dengan bertambahnya usiamu, semoga semakin disayang allah swt, pahala terus bertambah, segala urusan dipermudah… Selamat ulang tahun suamiku… ”
“Barakallahu fii umrik suamiku, dan Semoga dengan bertambahnya usia juga menjadikan kamu insan yang mulia disisi-Nya, semakin disayang Allah dan menyayangi Allah, aminn…”

Baca juga : Tata Cara Bacaan Doa Mandi Besar dan Niat Mandi Junub Setelah Haid

7. Ucapan selamat ulang tahun islami untuk istri tercinta

Bidadari dunia dialah seorang istri, jika kita dikaruniai seorng istri yang sholehah ini merupakan nikmat yang perlu kita syukuri, begitu juga sebaliknya perlu kita syukuri karena rencana allah adalah yang terbaik.

Seorang istri dalam keluarga sangatlah dibutuhkan terutama untuk tumbuh kembang sang anak, sebab istrilah yang paling banyak meluangkan waktu sedangkan sang suami yang mencarikan nafkah untuknya.

Untuk kamu para suami hormatilah istrimu kasih dia perhatian lebih, seperti memberi ucapan ulang tahun islami pada hari kelahirannya misalnya, walau cuma ucapan ini akan berdampak banget pada keharmonisan rumah tangga kamu. Dengan begini Istri akan merasa dihargai dan dibutuhkan.

Seperti apa ucapana selamat ulang tahun islami untuk istri adalah sebagai berikut:
“Miladuki sa’idy Semoga Allah swt. selalu mencurahlimpahkan keberkahan disisa umur yang diberikan-Nya padamu, semoga bisa menjadi seorang wanita sholehah yang dirindukan oleh penduduk langit. Amin….”

“Selamat ulang tahun sayangg, dihari ualang tahunmu ini mari kita berdo’a kepada allah swt, agar kita selalu di ridhai-Nya dalam jalan yang lurus, dipermudah segala urusan dan digolongkan kepada orang-orang yang senantiasa bersykur.. aminn “
"Hari demi hari silih berganti, tidak terasa kini kamu sudah menginjak usia yang ke 23, selamat ulang tahun ya istriku, semoga allah meridhai hubungan kita untuk bercanda, meniti kehidupan dan semoga kita dipertemukan di surga-Nya kelak, aminn… “

Demikianlah yang dapat kami cantum kan ucapan selamat ulang tahun islami untuk sahabat, anak, suami, istri, semoga dapa bermanfaat, terimakasih
Top