Doa Sesudah Sholat Tahajud, Syarat, Jumlah Rakaat, Serta Tata Cara Tahajud yang Benar

Komentar

ilustrasi via deyerler.org

Merugi bila tak mengerjakannya, beribu manfaat bila bisa mengerjakannya
Nikmat apa yang lebih indah dari dicintai Allah SWT?? semua pasti memimpikannya, bila anda juga termasuk orang yang memimpikannya maka dari itu sholat tahajud ini harus anda istiqomahkan,

tidak mengerti tatacaranya? atau tidak tau doanya? pahami semua dengan jelas disini.

Membahas seputar sholat tahajud secara lengkap dan rinci. Pelajari doa, keutamaan, manfaat hingga waktu sholat tahajud yang benar.

Baca juga : Tata Cara Bacaan Doa Mandi Besar dan Niat Mandi Junub Setelah Haid

Sholat tahajud memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karena manfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajud sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat tahajud.

Sholat tahajud (Qiyamul Lail) adalah shalat sunnah yang dikerjakan saat tengah malam sesudah bangun tidur.

Sholat Tahajud Berapa Rakaat ? 

Tata cara sholat tahajud dilakukan beberapa rakaat sholat tahajud sekurang-kurangnya 2 (dua) raka'at dan sebanyak-banyaknya 12 (dua belas) raka'at. Cara sholat tahajud seperti halnya sholat-sholat sunnah lainnya, sholat tahajud dikerjakan setiap dua raka'at  melakukan salam. Tak hanya itu ada syarat sholat tahajud juga yang harus diperhatikan

Berikut Waktu, Doa, Keutamaan, dan Manfaat Sholat Tahajud.

Waktu yang Baik untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud dibagi menjadi tiga,yaitu :

Waktu Sepertiga Malam Pertama

Golongan pembagian waktu yang pertama yaitu waktu antara pukul 19.00 Malam hingga pukul 22.00 Malam.

Waktu ini disebut waktu yang baik untuk menunaikan sholat tahajud karena diwaktu ini biasanya kita kondisi kita masih Segar sehingga di waktu ini memungkinkan Kita untuk memperbanyak membaca Dzikir dan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud dengan Fokus dan Khusyu.

Namun tentunya dengan ketentuan telah menunaikan sholat isya dan sudah tidur terlebih dahulu, walau hanya tidur sebentar dan sesuai cara sholat tahajud dan witir yang telah dijelaskan

Dan mungkin sedikit Saran saja bahwa kalian bisa Tidur terlebih dahulu setelah kalian mengerjakan Sholat Wajib Maghrib karena biasanya Kondisi Tubuh ketika di Jam-Jam Setelah Sholat Maghrib ini gampang sekali untuk tertidur, maka dari itu kalian bisa tidur terlebih dahulu di Jam Setelah Sholat Maghrib dan bangun di Waktu – Waktu Sepertiga Malam Pertama untuk mengerjakan Sholat Isya dan Sholat Tahajud.

Waktu Sepertiga Malam Kedua

Lalu Waktu Terbaik Sholat Tahajud Kedua adalah di Waktu Sepertiga Malam Kedua yaitu waktu antara pukul 22.00 malam hingga pukul 01.00 malam.

Waktu ini disebut sebagai waktu sholat tahajud yang lebih utama dibandingkan yang pertama, karena lebih mendekati waktu sepertiga malam yang terakhir dan suasana diwaktu ini tentunya lebih tenang sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini dengan lebih Fokus dan Khusyu.

Namun sekali lagi kalian harus tidur terlebih dahulu ketika akan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud di Malam Sepertiga Malam Kedua ini.

Dan saat malam makin mendekati waktu akhir atau menjelang fajar subuh artinya makin besar mendapat kesempatan menemukan banyak ramat dari Allah SWT karena Mengingat pada waktu malam menjelang fajar adalah waktu turunnya rahmat Allah SWT beserta malaikat-malaikat Nya.

Waktu Sepertiga Malam Ketiga atau Terakhir

Kemudian untuk Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Tahajud yang paling utama adalah di waktu sepertiga malam terakhir, yaitu waktu antara 01.00 malam hingga masuknya waktu sholat subuh dan berkumandangnya adzan subuh.

Waktu Sepertiga Yang Terakhir ini adalah waktu yang paling utama untuk sholat tahajud karena pada waktu tersebut Allah menurunkan rahmat dengan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan kepada Nya.

Dan sesuai dengan hadits, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berikut ini : ” Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang-orang yang memohon , pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh ”.

Baca juga : Kenyataannya Masih Banyak yang Belum Paham ini Penjelasan Rukun Iman Ada 6

Doa niat sholat tahajud

Niat menjalankan sholat Tahajud sebenarnya cukup pendek sehingga dapat diingat dengan mudah.

Niat tersebut dalam bahasa latin adalah Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.



Artinya yaitu “Aku (berniat) shalat tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala”.

Tata Cara Sholat Tahajud yang Benar

Untuk melaksanakan sholat Tahajud, langkah-langkah yang harus dilaksanakan adalah:
  1. Mengucapkan niat sholat Tahajud pelan dan menghayati artinya dalam hati
  2. Mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan ke atasseperti takbir sholat biasanya
  3. Membaca doa iftitah. Karena sifatnya sunnah, akan lebih baik apabila dilakukan
  4. Membaca surat Al-fatihah.
  5. Membaca surat pendek Al Quran seperti An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat lainnya dalam Al Quran.
  6. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut.
  7. Rakaat sholat tahajud selanjutnya, ikuti langkah 2-6
  8. Setelah salam, Anda disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, dan doa sholat tahajud

Doa Sesudah Sholat Tahajud.

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. 

WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. 

ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan Sholat Tahajud

“Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun 9 macam keutamaan dan tuntunan sholat tahajud diantaranya:
  1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana,
  2. Tanda ketaatannya kepada Allah akan terlihat pada wajahnya,
  3. Akan dicintai oleh orang-orang sholeh dan semua manusia,
  4. Akan terjaga lisannya dari perkataan yang tercela dan mampu menucapkan kata-kata yang mengandung hikmah,
  5. Dijadikan orang yang bijaksana dan diberikan rizki pemahaman dalam agama,
  6. Wajahnya akan berseri saat bangkit dari alam kubur,
  7. Mendapat kemudahan dan keringanan saat dihisab,
  8. Melewati jembatan shirotol mustaqim dengan cepat laksana kilat yang menyambar,
  9. Catatan amalnya akan diterima oleh tangan kanan.
Selain itu, masih banyak lagi keutamaan dan kemuliaan sholat tahajud lainnya.

Baca juga : Pengertian Talak, Serta Hukum Berjima' Setelah Menjatuhkan Talak Satu dan Dua

Manfaat Sholat Tahajud

1. Manfaat Sholat Tahajud Bagi Wajah

Allah SWT akan memuliakan para penikmat tahajud dengan "Wujuuhun nuuri", yaitu wajah yang bercahaya, nyaman, dan menyenangkan jika di tatap.

2. Dikabulkannya Do'a - Do'a

3. Diangkat Ketempat Yang Terpuji

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah Sholat Tahajud (Sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu:
Mudah - mudahan Tuhanmu mengangkat-mu ketempat yang terpuji."
(Al - Isra Ayat 79)

4. Dicintai Allah SWT

Nikmat apa yang lebih indah dari dicintai Allah SWT??..

Gak ada..
...Terkait dengan poin Nomor 4 ini, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Ada 3 macam manusia, Allah SWT sangat mencintai mereka, tersenyum pada mereka, dan senang pada mereka, Yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus, kemudian ia bangun malam (untuk sholat), Lalu Allah SWT berkata: "Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat aku, seandinya ia berkehendak maka ia akan tidur". (Riwayat Ath - Thabrani).

5. Terhindar Dari Kesulitan

6. Terhindar Dari Kelalaian Hati

Terkait hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca 100 ayat, maka ia tidak akan di catat sebagai orang yang lalai, Dan apabila membaca 200 ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas" (Al - Hakim dalam kitab Al - Mustadrak)

7. Mendapat Berbagai Kemuliaan

Rasulullah SAW pernah bersabda:
"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik - baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, Maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat".

Yang dimaksud 5 kemuliaan di dunia adalah:
  • Allah menjaganya dari bencana - bencana
  • Tampak bekas taat diwajahnya
  • Ia akan disenangi oleh hamba - hamba yang shalih atau bahkan oleh semua manusia.
  • Kata - katanya mengandung hikmah
  • Allah memberikannya rezeki kepahaman terhadap agama.

Dan yang dimaksud 4 macam kemuliaan di akhirat adalah:
  • Dimudahkan baginya hisab
  • Dibangkitkan dari kubur dengan wajah yang putih lagi cemerlang
  • Berjalan diatas Shirat (jembatan di akhirat) laksana kila (bagai petir menyambar).
  • Diberikan kitab catatan amalnya melalu tangan kanan pada hari kiamatSubhanallahh..
Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

"Jibril mendatangiku dan berkata, Wahai Muhammad hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, Cintailah yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, Lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, Ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan orang muslim adalah sholat waktu malam dan ketidak butuhannya dimuliakan oleh orang lain." (HR. Al Baihaqi)

8. Menjadi Orang Yang Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari - hari di masyarakat,

Allah SWT berfirman,

"Adapun hamba - hamba Tuhan yang Maha Pengasih itu adalah orang - orang yang berjalan dengan rendah hati, dan apabila orang - orang bodoh menyapa mereka (dengan kata - kata yang menghina), mereka mengucapkan 'salaam', Dan orang - orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri" (QS. Al - Furqan 64-64)

9.Pelepas Ikatan Setan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

"Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, Apabila seseorang itu bangkit (bangun) seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, Apabila ia berwudhu maka terlepaslah ikatan kedua, dan apabila ia Sholat maka terlepaslah semua ikatannya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa".

10. Mencegah Perbuatan Dosa dan Kejahatan

"Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang - orang shalih sebelum kalian, Ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa" (HR. Tirmidzi, Al - Hakim, Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al - Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

11. Meningkatkan Semangat Kerja

12. Menjadi Manusia Pilihan

13. Jaminan Surga

14. Hebat Dalam Mengatasi Semua Masalah

15. Sarana Penghapus Dosa

Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Hendaklah kalian bangun malam sebab itu merupakan kebiasaan orang - orang shaleh sebelum kalian, Wahana pendekat diri kepada Allah SWT, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dalam tubuh." (HR. At - Tirmidzi)

16. Amal Yang Menolong Di Akhirat

17. Penyelamat Dari Siksa Neraka

18. Meringankan Lamanya Berdiri Pada Hari Kiamat

"Barangsiapa yang senang bila lamanya berdiri pada hari kiamat diringankan oleh Allah SWT, Maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah dimalam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir."
(Ibnu Jarir Ath - Thabari, tafsir Ibnu Jarir)

19. Menghilangkan Rasa Malas

Demikian yang sudah dijelaskan tentang Doa, Keutamaan, Manfaat Sholat Tahajud. Semoga dengan ini anda dapat menjalankan sholat tahajud dengan baik dan dapat mengetahui informasi tentang sholat tahajud.
Top