Doa Sebelum Wudhu dan Setelah Wudhu yang Mudah Dihafal

Komentar


www.islamkafah.com

Kali ini akan dibagikan doa Sehari-hari yaitu lafaldz doa wudhu yaitu dibaca saat sebelum wudhu . Selain itu akan membagikan doa sesudah wudhu . . .

Untuk memudahkan dalam mempelajarinya dalam postingan ini ada dalam Arab disertai latin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Sangat baik dan tentunya di anjurkan sekali dalam setiap mengerjakan sebuah amalan baik sebelum dan sesudahnya itu untuk senantiasa di awali dan di lanjutkan dengan berdoa.

Termasuk ketika sesudah melaksanakan berwudhu, dimana sesudahnya itu terdapat keutamaan dan keunggulan dari kalimat doa yang dibaca setelah wudhu.

Wudhu merupakan syarat sah sholat. Jika tidak sah wudhu kita maka tidak sah pula sholat kita. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk sangat memperhatikan wudhu.

Karena kesempurnaan sholat berawal dari kesempurnaan wudhu. Berikut ini doa sebelum wudhu dan setelah wudhu.

Wudhu menurut bahasa artinya bersih atau indah sedangkan menurut syara' artinya membersihkan anggota-anggota wudhu untuk menghilangkan hadast kecil.

Wudhu merupakan syarat sah sholat, yang dikerjakan sebelum melakukan sholat adapun anjuran berwudhu yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-maidah ayat 6 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوْا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ 


Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilas salati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni)

Artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." ( QS Al-Maidah ayat 6 )

Berdasarkan ayat diatas, maka pengertian wudhu adalah membasuh muka dan kedua tangan sampai dengan siku, menyapu sebagian kepala dan membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki dengan air yang suci dan mensucikan secara berurutan dengan niat menghilangkan hadast atau sengaja wudhu.

Islam mengajarkan bahwa sebagai muslim, kita harus selalu menjaga keimanan kita, dan berbicara mengenai keimanan, pastilah ada kaitannya dengan kebersihan. Karena kebersihan itu sebagian daripada iman.

Syarat-Syarat Wudhu

Berikut adalah syarat-syarat berwudhu:
  • Beragama Islam
  • Mumayiz
  • Tidak sedang berhadast besar
  • Menggunakan air yang suci dan mensucikan
  • Tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit

Rukun-Rukun Wudhu

  • Niat (sengaja ) menghilangkan hadast atau sengaja berwudhu.
  • Membasuh Muka
  • Membasuh kedua tangan sampai siku.
  • Menyapu sebagian kepala dengan air.
  • Membasuk kedua kaki sampai mata kaki
  • Menertibkan rukun-rukun tersebut secara berurutan

Doa Sebelum Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta'aalaa

Artinya :

"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta'ala"

Setelah berwudhu membaca doa setelah wudhu berikut adalah bacaan doa setelah wudhu dalam bahasa arab, latin dan artinya

Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiina.

Artinya:
"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh"

Itulah doa sebelum wudhu dan sesudah wudhu. Berwudhu merupakan syarat sah sholat yang harus dilakukan sebelum melakukan sholat, semoga doa sebelum wudhu dan setelah wudhu bisa bermanfaat bagi pembaca. Semoga bermanfaat.
Top