Tips Cepat Cara Menghilangkan Nyeri Haid yang Menyakitkan

Komentar


www.esf.hu

Nyeri haid itu ada yang sangat menyiksa, bahkan yang nggak kuat ada wanita sampai pingsan...

Kalau sedang, sedang datang tamu, biar nggak sampai sakit begini caranya....

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Simak cara menghilangkan sakit perut karena haid berikut ini...

Nyeri haid atau disebut juga dysmenorrhea merupakan rasa sakit yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi. Rasa sakit atau kram ini biasanya dirasakan di sekitar bagian perut dan terjadi karena uterus berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan dindingnya pada saat menstruasi.

Cara menghilangkan nyeri haid perlu diketahui bagi setiap wanita karena beberapa di antaranya akan merasakan nyeri luar biasa saat haid.

Masalah nyeri haid adalah masalah yang cukup mengganggu. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi nyeri haid secara alami? Simak selengkapnya oleh dr. Jessica disini!

Menurut dr. Jessica, " masalah nyeri haid adalah masalah yang cukup mengganggu. Aktivitas terhambat, suasana hati yang buruk dan rasa nyeri yang sangat mengganggu menyebabkan para wanita tidak menyukai nyeri haid.

Namun, terkadang kita tidak dapat menghindari kedatangan sang nyeri haid ini. Cara paling sederhana buat sebagian orang adalah dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas semacam parasetamol dan lainnya.

Namun, sebagian orang yang tidak terbiasa meminum obat pereda nyeri acapkali mau tidak mau menelan rasa nyeri haid dengan meringkuk sepanjang waktu diperlukan

Jangan khawatir, ada saran medis untuk mengatasi dan mencegah nyeri haid yang mengganggu tanpa meminum obat anti-nyeri".

Nyeri saat haid atau datang bulan sangatlah wajar selama tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab dan cara mengatasi nyeri haid berlebihan. Satu hal yang hanya bisa dirasakan wanita, dan gak akan pernah bisa dirasakan laki-laki adalah dismenore alias nyeri haid.

Nyeri haid adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami mengalami menstruasi. Nyeri yang dirasakan terkadang bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab Nyeri Haid

Nyeri haid dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari yang normal, hingga yang tidak normal dan memerlukan penanganan dokter. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab nyeri haid yang perlu kamu ketahui.

1. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Seseorang yang mengidap PCOS ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, penderita PCOS dapat mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan pada tubuh. Penyakit ini dapat menyerang wanita pada masa subur dengan kisaran usia 16-24 tahun.

2. Radang Panggul

Organ-organ reproduksi dapat mengalami infeksi yang mengakibatkan nyeri dan peradangan pada panggul (Pelvic Inflammatory Disease). Infeksi ini dapat terjadi sebagai komplikasi dari penyakit menular seksual.

3. Endometriosis

Endometriosis terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel rahim di luar organ rahim seperti tuba falopi atau ovarium. Dokter mungkin akan menangani penyakit ini dengan melakukan operasi.

4. Adenomiosis

Adenomiosis terjadi karena adanya pertumbuhan lapisan rahim hingga mencapai otot dinding rahim. Pertumbuhan ini tidak normal dan dapat menyebabkan nyeri yang tidak biasa hingga mengganggu rutinitas kamu.

5. Fibroid Rahim

Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Tumor yang bertambah besar akan memberikan tekanan pada rahim. Penyakit ini dapat menyerang wanita dengan kisaran usia 40-50 tahun.

6. Penyempitan Leher Rahim (Stenosis Serviks)

Penyempitan pada serviks dapat menyebabkan akumulasi darah pada rahim. Dalam kasus yang parah, stenosis serviks dapat memicu terjadinya endometriosis dan pembentukan abses karena bercampurnya darah haid dengan sel-sel di dalam rahim.

7. Pemasangan Alat KB IUD (Intrauterine Device)

Alat KB IUD ditempatkan di dalam rahim. Fungsinya untuk mencegah proses pembuahan sel telur oleh sperma. Pada waktu awal pemasangan alat KB ini, kamu mungkin mengalami nyeri haid yang lebih berat dari biasanya. Tetapi tenang, seiring waktu nyeri haid tersebut dapat menghilang.

Hal yang perlu kamu perhatikan. Jika kamu sudah menggunakan IUD selama bertahun-tahun dan tidak pernah mengalami nyeri haid. Maka, kamu harus menemui dokter untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang menyerang organ reproduksimu.

Menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi bisa dilakukan tanpa obat. Berikut cara mengatasi nyeri haid dengan mengkonsumsi makanan sehat alami.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Rasa sakit pada menstruasi memang biasa dirasakan oleh hampir setiap wanita. Untuk mengurangi rasa sakit ini, tidak harus menggunakan obat berbahan kimia. Ada cara- cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri haid secara alami, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa tipe rempah seperti kayu manis dan jahe.

Mengkonsumsi teh chamomile dan pisang pun dapat membantu meredakan nyeri. Menerapkan panas pada bagian tubuh yang sakit juga dapat membuat nyeri hilang, apalagi jika dibantu dengan berolahraga ringan dan sedikit yoga. Nah, buat kamu yang sedang mencari cara mengurangi rasa sakit pada saat haid, simak terus ulasan kami di bawah yah!

1. Konsumsi Kayu Manis
Sedikit info buat kamu yang belum tahu, kayu manis ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat dari kayu manis ini pun banyak sekali, yang salah satunya adalah dapat menjadi pereda nyeri alami.

Kandungan Antispasmodic yang ada pada kayu manis ini akan mencegah otot berkontraksi, yang biasanya menjadi penyebab keram dan rasa sakit pada perut. Untuk mengkonsumsi kayu manis ini, anda bisa menambahkannya pada makanan, dibuat menjadi teh, atau bahkan bisa dikonsumsi langsung.

2. Makan Pisang
Percaya atau tidak, mengkonsumsi buah pisang dapat menjadi salah satu cara meredakan nyeri haid secara alami loh! Pisang yang kaya akan kandungan potassium ini dipercaya oleh banyak orang dapat meringankan rasa keram dan nyeri pada perut.

Selain itu, mood dan emosi pun akan lebih stabil jika rutin memakan pisang. Untuk mendapatkan efek yang lebih efektif, kamu bisa mengkonsumsi pisang sebagai makanan rutin setiap pagi. Kamu akan merasa segar, tidak cepat lapar, dan tentu saja bisa meringankan nyeri haid secara alami.

3. Gunakan Jahe
Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa jahe merupakan salah satu jenis rempah yang kandungannya sangat bermanfaat untuk tubuh. Jahe sudah digunakan sejak zaman dahulu kala, yang secara penelitian ilmiah sudah terbukti dapat menyembuhkan beragam macam penyakit, termasuk nyeri haid ini.

Tumbuhan jahe ini memiliki senyawa yang dapat mengurangi produksi prostaglandins pada tubuh, yang membuat kontraksi urin selama menstruasi berkurang. Kalau kamu berminat menggunakan jahe sebagai penghilang nyeri haid alami, campurkan dengan teh dan air hangat agar efeknya lebih terasa maksimal.

4. Minum Teh Chamomile
Teh chamomile merupakan salah satu jenis minuman yang sudah terbukti dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada siklus menstruasi. Kandungan yang ada pada teh ini pun dapat membuat tubuh nyaman pada saat Pre-Menstrual Syndrome (PMS), dan membuat emosi lebih stabil.

Agar efek dari teh chamomile ini dapat bekerja secara efektif, ada beberapa trik yang harus dilakukan. Pada saat menyeduh daun/sachet chamomile dengan air panas, kamu harus mendiamkannya dulu selama 5 menit agar kandungan di dalamnya keluar dengan sempurna. Teh chamomile ini bisa kamu gunakan sebagai cara untuk menghilangkan nyeri haid secara alami, dengan meminumnya minimal 2 kali sehari.

5. Akupresur
Akupresur merupakan cara yang mudah dilakukan untuk menghilangkan nyeri haid. Tidak perlu bantuan orang lain, anda juga bisa melakukannya sendiri loh! Apabila kamu menekan dengan keras pada punggung, kaki, dan perut, aliran darah akan mengalir dengan lancar dan tubuh akan mengeluarkan senyawa endorphin yang akan membuat tubuh dan pikiran menjadi nyaman.

Kamu juga bisa mencoba menekan bagian tangan diantara jempol dan telunjuk, yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit.

6. Hilangkan Dengan Panas
Rasa keram pada bagian perut biasanya terjadi akibat otot-otot yang terus tegang dan berkontraksi. Untuk melemaskannya, kamu bisa menggunakan panas tidak langsungdari berbagai macam benda seperti heating pad, dan botol air minum.

Caranya pun sangat mudah, isi botol air minum dengan air panas yang tidak mendidih, dan taruh secara perlahan pada bagian yang dirasa nyeri. Mandi atau berendam dengan air panas pun akan membantu meredakan nyeri haid kamu, karena otot-otot akan menjadi lemas, membuat badan menjadi lemas dan pikiran menjadi tenang dan nyaman.

7. Olahraga
Banyak orang bilang bahwa olahraga akan membuat rasa sakit bertambah. Padahal dengan bergerak dan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan endorphin yang merupakan senyawa anti nyeri alami.

Olaharaga juga dapat menghilangkan rasa keram dan nyeri, karena otot-otot akan bergerak dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa berolahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau senam singkat.

8. Yoga
Jika dirasa olahraga terlalu berat, kamu juga bisa mencoba yoga untuk meringankan nyeri haid. Yoga ini akan meregangkan otot-otot yang kaku, sekaligus membuat tubuh dan fikiran menjadi tenang dan rileks. Namun perlu di perhatikan, tidak semua pose yoga cocok dilakukan pada saat nyeri haid datang. Gunakan pose yoga yang fokus pada daerah perut dan punggung seperti pada gambar untuk mengurangi rasa nyeri akibat haid.
Top