Bukan Hanya dengan Minum Air, ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif

Komentar

Foto via republika.co.id

Kebingungan mencari cara menghilangkan cegukan yang tepat dan cepat?

Gangguan kesehatan yang satu ini memang sering terjadi, meski tidak tergolong berbahaya namun jika terus-menerus tak ada henti bisa jadi tanda bahaya pada tubuh

Ini kami kasih cara yang mudah untuk menghilangkan cegukan, begini caranya.

Apa yang Anda rasakan ketika mengalami cegukan? Jengkel sudah pasti, yang lebih menjengkelkan lagi ketika cegukan terus menurus tak kunjung berhenti, padahal mungkin sudah melakukan berbagai cara menghilangkan cegukan namun tidak cukup untuk menghentikannya.

Baca juga : Hanya 5 Menit, Begini Cara Menghilangakan Batuk Berdahak Pada Bayi Tanpa Obat

Penyebab cegukan

Bagian perut dan dada kita memiliki pembatas yang disebut diafragma. Otot utama yang berada di bagian dasar rusuk ini akan membantu tubuh mengendalikan proses pernapasan.

Cegukan merupakan reaksi tiba-tiba akibat kontraksi diafragma. Saat difragma berkontraksi, tubuh menghirup udara secara cepat.

Udara tersebut kemudian akan terhenti pada kotak suara yang tertutup tanpa sengaja. Inilah yang akan menghasilkan bunyi khas pada tenggorokan saat kita cegukan.

Secara umum, cegukan dialami dalam jangka pendek. Biasa akan berhenti dalam beberapa menit.

Pemicu cegukan jangka pendek bisa berhubungan dengan berbagai hal. Di antaranya meliputi:
  • Perut yang kembung.
  • Makan terlalu cepat atau kebanyakan .
  • Konsumsi minuman hangat, bersoda, atau beralkohol.
  • Makan yang pedas-pedas.
  • Tidak sengaja menelan udara saat makan permen atau mengunyah permen karet.

Lantas bagaimana cara yang benar-benar ampuh?

Cegukan atau disebut dengan hiccup dalam bahasa Inggris karena menutupnya pita suara secara tiba-tiba karena terpicu oleh kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Diafragma sendiri adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan

Untuk dapat menghilangkan cegukan dengan efektif, maka setidaknya kita harus memahami bagaimana cegukan bisa terjadi.

Dalam istilah medis cegukan disebut dengan synchronous diaphragmatic flutter (SDF) atau singultus.

Cegukan terjadi ketika diafragma (otot yang memisahkan antara rongga perut dan dada) tiba-tiba berkontraksi tanpa disadari, dan saat yang bersamaan laring (kotak suara) juga berkontraksi dan glotis menutup.

Bila terjadi cegukan pada bayi, sebaiknya anda juga perlu membaca cara menghilangkan cegukan pada bayi 

Dalam sebagian besar kasus, tidak perlu dilakukan cara menghilangkan cegukan, karena cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu singkat.

Namun, cegukan dapat berlangsung lama sehingga dapat membuat tak nyaman, menganggu tidur, makan, atau kehidupan sehari-hari.

Biasanya cegukan yang ringan tidak memerlukan perawatan medis, lain halnya dengan cegukan terus menerus (parah), berikut akan kami sajikan beberapa tips mengatasi cegukan, baik yang ringan ataupun yang parah.

Baca juga : Cara Mempercepat Haid Normal atau yang Lambat dengan Aman dan Alami

Apa prinsip yang digunakan agar cegukan cepat hilang?

Karena cegukan terjadi akibat kontraksi otot diafragma yang dipengaruhi oleh saraf Vagus, maka agar berhasil menghilangkan cegukan dilakukanlah metode yang mengatur ulang diafragma agar normal kembali.
  • Berkumur, menjulurkan lidah atau minum dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus, saraf yang mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan termasuk mengatur kontraksi diafragma. 
  • Menahan nafas dilakukan untuk mengurangi asupan oksigen dan menahan karbon dioksida sehingga diharapkan otot diafragma akan berkurang kontraksinya dan cegukan berhenti. Cara yang lebih terperinci dijelaskan di bawah ini. 

Cara Mudah Menghilangan Cegukan Biasa (Ringan) 

Berikut ini beberapa tips mengatasi serangan cegukan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Semua ini adalah cara yang direkomendasikan oleh lembaga kesehatan berskala internasional:
  • Tarik napas dalam-dalam, lalu menahan nafas selama sekitar sepuluh detik, kemudian hembuskan perlahan. Ulangi cara ini tiga atau empat kali. Kemudian melakukannya lagi dua puluh menit kemudian. 
  • Bernapas ke dalam kantong kertas (jangan menutupi kepala seluruhnya)
  • Mendekatkan lutut ke dada dan memeluknya selama beberapa menit 
  • Berkumur dengan air es 
  • Minum dari sisi yang jauh dari kaca – berdiri, membungkuk dan menempatkan mulut Anda di sisi berlawanan dari kaca. Ketika Anda membungkuk, miringkan kaca menjauh dari Anda dan minuman Memberikan tekanan ringan pada dada, hal ini bisa dilakukan dengan bersandar ke depan 
  • Tempatkan beberapa tetes cuka ke dalam mulut 
  • Menekan hidung secara lembut saat menelan 
  • Meletakkan beberapa gula pasir di mulut. Telan gula ketika sudah meleleh 
  • Minum segelas air hangat secara perlahan, minumlah sampai habis tanpa dijeda dengan bernafas Ambil sepotong tipis lemon, letakkan di lidah dan menghisapnya 
  • Bersendawa – beberapa orang menemukan bahwa jika mereka mengkonsumsi minuman bersoda dan bersendawa, cegukan akan cepat hilang. Namun, beberapa dokter memperingatkan bahwa soda dapat memicu cegukan.
  • Menunggu – dalam sebagian besar kasus, cegukan akan hilang dengan sendirinya. Beberapa mengatakan bahwa hanya dengan menunggu dan tidak perlu khawatir, maka masalah cegukan akan hilang lebih cepat. 
  • Menjulurkan lidah – memegang ujung lidah dengan jari-jari lalu tariklah. Ini akan merangsang saraf vagus menenangkan diafragma, yang kadang-kadang dapat menghilangkan cegukan. 
Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana di atas secara kombinasi, tidak harus semuanya, pilih saja cara yang mana yang menurut Anda mudah dalam mengatasi masalah cegukan yang Anda alami.

Baca juga : Dari Kejang Sampai Hilang Nyawa, Waspadai Gejala Diare Pada Anak Berikut

Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus dan Parah 

Jika dengan cara sederhana di atas, namun cegukan tak kunjung hilang, maka ada kemungkinan penyebab yang lebih serius dan ini membutuhkan perhatian khusus.

Jika cegukan begitu gigih dan belangsung lama, Dokter mungkin akan meresepkan obat cegukan, terutama jika Anda begitu terganggu karenanya, misalnya saja sampai tidak bisa makan dengan benar, kehilangan berat badan, susah tidur, atau memiliki tanda-tanda dan gejala depresi.

Obat cegukan berikut terbukti dapat membantu menghilangkan cegukan yang terus menerus:
  • Baclofen – relaksan otot 
  • Klorpromazin – obat antipsikotikn
  • Gabapentin – awalnya digunakan untuk mengobati epilepsi, namun saat ini sering diresepkan untuk mengatasi nyeri neuropatik dan cegukan
  • Haloperidol – obat antipsikotik 
  • Metoclopramide – obat yang sering digunakan untuk mengatasi mual dan muntah 

Ingatlah bahwa, obat-obatan yang digunakan untuk menghilangkan cegukan di atas tidak boleh sembarang minum, karena alasan keamanan maka penggunaannya harus berdasarkan rekomendasi dokter.
Top