Cara Mempercepat Haid Normal atau yang Lambat dengan Aman dan Alami

Komentar

Foto via nationalgeograpic.co.id

Menstruasi tak kunjung usai, apa sebabnya?

Seringkali Haid membuat kita menjadi PMS atau pre-menstrual syndrome, badan semua rasannya sakit, mood yang naik turun, terkadang kondisi seperti ini ingin sekali rasanya menyudahi dengan cepat, bagaimana caranya?

Tak semua wanita memiliki durasi dan jumlah perdarahan menstruasi yang sama. Menstruasi normal pada umumnya berkisar antara tiga sampai tujuh hari; rata-rata terjadi setiap 28 hari.

Perdarahan menstruasi yang terlalu berat, berkepanjangan, atau tidak teratur disebut menorrhagia. Menstruasi berkepanjangan didefinisikan sebagai perdarahan yang melampaui durasi seminggu.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi lama dan tak kunjung usai, hal ini tidak normal kecuali jika Anda mendekati menopause (biasanya antara usia 45-55).

Baca juga : Dari Kejang Sampai Hilang Nyawa, Waspadai Gejala Diare Pada Anak Berikut

Menstruasi lama yang berlangsung lebih dari seminggu juga dapat diakibatkan oleh perubahan hormon yang menandakan tubuh Anda sedang bersiap menyambut “perubahan” yang akan datang.

Beberapa hari menjelang menstruasi, tak hanya fisik, psikis pun ternyata juga mengalami gangguan. Payudara membesar dan tulang rasanya seperti mau patah. Belum lagi emosi Anda yang ikut-ikutan terganggu.

Anda tiba-tiba menjadi tidak sabar, sensitif serta mudah tersinggung. ‘Derita’ ternyata belum berakhir, selama menstruasi berlangsung Anda masih merasakan hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti; sakit perut, kejang otot atau sakit kepala.

Nah, tahukah Anda bahwa sebenarnya rasa tidak menyenangkan yang Anda rasakan sepanjang siklus mentruasi tersebut ternyata dapat mudah diatasi.

Bahkan Anda pun bisa memanfaatkan ‘situasi’ di sepanjang siklus tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna daripada sekedar mengeluh.

Tidak menguntungkan, karena banyak dari kita yang harus mengalami rasa sakit atau mood yang naik-turun, yang sering kita sebut sebagai pre-menstrual syndrome atau PMS.

Sayangnya, tidak semua wanita dapat merasakan menstruasi yang teratur. Ada yang haidnya datang tidak menentu, atau merasakan sakit yang begitu hebat.

Bahkan jika mens kita teratur, namun darah keluar dalam jumlah berlebihan, juga merupakan tanda bahwa kita memiliki masalah menstruasi.

Perempuan mengalami pendarahan dari v*gina selama kira-kira 2-7 hari. Namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Bila Anda tidak menggunakan kalender haid, kadang haid bisa datang pada waktu yang tidak terduga. Kadang juga ada perempuan yang mengalami datangnya haid disaat yang tidak tepat.

Misalnya: saat Anda sedang bertamasya ke pantai atau kolam renang, tiba-tiba saja haid datang. Tentunya hal tersebut menjengkelkan dan membuat rasa malu. Tapi harus bagaimana lagi, karena haid adalah hal alami yang normal dialami perempuan.

Baca juga : Allah Melarangnya, 3 Kebiasaan ini Bisa Membawa ke Neraka dan Menimbulkan Penyakit

Datangnya haid yang tiba-tiba ini kadang membuat mood kita jadi tidak nyaman atau badmood. Susah payah menyusun Acara sampai matang, tapi terpaksa dibatalkan karena mengalami haid.

Selain mengalami haid yang tiba-tiba datangnya, ada juga perempuan yang mengalami haid yang selalu datang terlambat.

Pada umumnya siklus haid yang normal adalah 28-35 hari. Tapi kenyataanya hal ini tidak terjadi dengan keadaan yang sama pada semua perempuan.

Ada yang mengalami haid tidak lancar. Kadang ada yang tidak rutin sekali dalam sebulan, bisa juga sekali dalam dua bulan atau tiga bulan.

Mengalami haid yang terlambat datang atau tidak teratur ini, tidak selalu menandakan bahwa perempuan tersebut mengalami kehamilan.

Masalah haid yang tidak teratur ini, yaitu: yang datang tiba-tiba dan haid yang selalu datang terlambat dialami hampir semua perempuan.

Banyak yang merasa bingung bagaimana caranya agar haid bisa cepat selesai jika datangnya tidak terduga, juga ada yang berharap agar haid datang teratur dan tidak selalu terlambat.

Kali ini, kita akan membahas cara mempercepat selesai haid dan cara mempercepat datangnya haid. Berikut caranya di bawah ini.

Cara mempercepat selesai haid

Bagi Anda yang mengalami masalah haid dan ingin agar proses haid dapat selesai lebih cepat, ada bermacam cara, yaitu secara medis atau alami yang bisa membantu agar proses peluruhan rahim atau haid bisa cepat selesai.

Tapi perlu diingat agar tidak sering-sering melakukannya supaya tidak menimbulkan efek samping masalah kesehatan lainnya.

Mungkin juga Anda sedang mengalami keadaan haid yang lama (terjadi sampai 1 minggu lebih) dan merasa terganggu karenanya? Dibawah ini adalah cara mempercepat selesai haid.

1. Jangan menggunakan tampon

Bila selama ini saat mengalami haid Anda biasa menggunakan tampon, sebaiknya mulai sekarang jangan menggunakannya lagi. Karena dengan menggunakan tampon malah akan memperpanjang masa haid Anda. Lebih baik gunakanlah pembalut daripada tampon.

2. Menggunakan menstrual cup

Menstrual cup bisa anda gunakan bila Anda sedang bepergian atau akan berenang. Alat ini berguna untuk menghentikan haid Anda. Fungsi sebenarnya bukanlah untuk menghentikan tapi untuk mencegah darah mengalir keluar dari vagina. Cara kerjanya adalah untuk menampung darah saat haid. Alat ini dapat digunakan selama 12 jam dan bisa digunakan lagi selama haid.

3. Meminum obat

Ada beberapa jenis obat yang berfungsi untuk mempercepat masa haid Anda. Yaitu: obat tablet asam traneksamat yang mampu menginduksi pembekuan darah di rahim sehingga mengurangi pendarahan dan mempercepat haid.

Anda juga bisa mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid, contohnya: asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen. Obat-obatan tersebut adalah obat untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk mempercepat masa haid Anda.

4. Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi baik itu suntik, spiral, dan obat yang diminum adalah cara efektif untuk mempercepat masa haid Anda. Tapi sebelum Anda melakukannya, Anda harus berkonsultasi dulu ke dokter, untuk mengetahui jenis alat kontrasepsi apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Peringatan: jangan melakukan penggunaan alat kontrasepsi untuk jangka waktu yang panjang karena akan berakibat negatif atau ada efek samping bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Lemon

Memiliki khasiat dan sifat yang sama seperti cuka, asam lemon juga dapat mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid Anda.

Caranya :

  • Potong 1 buah lemon, dan peras.
  • Minum air perasan lemon tersebut.

6. Cuka apel

Memang penggunaan cuka tidak bisa secara efektif sampai benar-benar menghentikan haid, tapi bisa digunakan untuk mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid Anda. Khasiat ini berasal dari sensasi atau rasa asam dari cuka.

Caranya adalah :
  • Siapkan 1 gelas air dan 2 sdm cuka apel.
  • Aduk ke 2 bahan tersebut sampai tercampur, minum ramuan tersebut.

7. Operasi

Jika Anda biasa mengalami haid selama lebih dari 1 minggu atau malahan selama berminggu-minggu, mungkin anda harus menjalani operasi.

Hal ini mungkin karena ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh Anda. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu, sebelum melakukannya.

Baca juga : 9 Makanan yang Dilarang Keras Dikonsumsi Anak Dibawah 5 Tahun

Cara mempercepat haid yang terlambat

Anda merasa sia-sia dan bingung dalam menggunakan kalender haid karena haid yang selalu saja tidak teratur atau terlambat datangnya?

Jadi Anda ingin memiliki siklus haid yang teratur? Berikut ini ada bermacam cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat haid yang terlambat.

1. Jus wortel

Wortel, jenis sayuran ini memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik dan berguna bagi kesehatan tubuh. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron berguna untuk menjaga hormon-hormon dalam tubuh agar tidak mengalami gangguan.

Caranya :
  • Blender wortel dan tambahkan air secukupnya sampai lembut
  • Minum jus wortel tersebut
  • Bisa langsung diminum atau tambahkan sedikit gula
  • Dengan rutin meminum jus wortel ini dapat digunakan sebagai cara mempercepat haid yang terlambat.

2. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki rasa yang pahit, karena itu sebagian orang tidak suka dengan rasanya, namun dibalik rasa pahit tersebut ternyata memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam Daun pepaya terdapat kandungan vitamin yang lengkap seperti A, B, C, D, E dan kalsium.

Cara mempercepat haid yang terlambat dengan daun pepaya adalah :

Siapkan bahan-bahan ini :
  • Air mineral 2 gelas
  • Garam
  • Daun pepaya
  • Asam jawa
  • Rebus semua bahan-bahan di atas hingga airnya tersisa sebanyak 1 gelas saja
  • Minumlah ramuan tersebut, karena ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid

3. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat. Senyawa ini berguna untuk melawan berbagai macam penyakit. Fungsinya sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus.

Dan juga mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat membantu untuk mencukupi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak salah lagi jika menggunakan air kelapa muda sebagai cara mempercepat haid yang terlambat.

4. Kunyit

Kunyit seringkali digunakan sebagai bumbu dapur. Juga banyak ramuan jamu tradisional yang menggunakan kunyit sebagai komposisinya. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berkhasiat sebagai obat. Senyawa ini berfungsi sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Cara mempercepat haid yang terlambat dengan kunyit:

  • Minum jamu dengan racikan kunyit.
  • Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

5. Jahe

Jahe kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Yaitu: minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bisa bermanfaat sebagai cara mempercepat haid yang terlambat secara alami.

Caranya :

  • Madu 2 sdm
  • Jahe diparut atau dikeprek
  • Air panas untuk menyeduh
  • Minumlah air seduhan jahe dengan madu tersebut
  • Minumlah dengan rutin setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

6. Gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup yang sehat merupakan cara mempercepat haid yang terlambat selanjutnya.. Gaya hidup sehat berhubungan dengan makan makanan yang sehat juga berolahraga.

Tapi bila Anda mempunyai kebiasaan yang tidak sehat. Anda juga perlu mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat, contohnya: merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi dengan berlebihan, dan begadang.

Karena hal-hal tersebut telah terbukti bisa mengganggu jadwal datangnya haid pada perempuan.

7. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Untuk mencukupi asupan gizi sehingga produksi hormon lancar dan tidak terganggu, Anda harus mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan banyak gizi.

Sehingga sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi dengan jauh lebih baik dan haid pun bisa datang lebih cepat dan teratur.

8. Istirahat teratur

Bila anda mendapatkan istirahat yang cukup, maka tubuh akan dapat memproduksi hormon kortisol dengan baik. Sehingga dapat meredam stres yang Anda alami dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

9. Rajin berolahraga

Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga dapat menjaga dan memperkuat kesehatan tubuh. Melalukan olahraga tidak perlu terlalu keras atau susah. Dengan melakukan gerakan yang mudah seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Latihan badan tersebut akan membantu untuk memperlancar aliran darah, sehingga haid pun menjadi lancar dan teratur.

10. Rajin minum air mineral

Dengan rajin dan teratur meminum air mineral, dapat membantu dan berguna sebagai cara mempercepat haid yang terlambat yang mudah.

Air mineral penting dan berguna untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan menjadi lancar pula.

Semoga bermanfaat.
Top