20 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Mengembang Sehat Secara Alami

Komentar


www.tokopedia.com

Mau rambut Anda panjang sehat mengembang? Berikut ini tipsnya buat Anda!

Bagi perempuan, tidak ada hal yang paling menyebalkan daripada salah memotong rambut. Namun, masih ada cara alami untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Nah jika Toppers mengalami kesulitan dalam mendapatkan rambut yang panjang, berikut ada beberapa cara agar rambut cepat panjang yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu.

Namun jika terlalu sering digunakan, panas dari alat-alat tersebut akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga mudah patah, serta rontok.

20 cara manjur rambut cepat panjang & lurus yang bisa kamu lakukan. Selain itu juga disarankan untuk memanfaatkan berbagai bahan alami yang membantu pertumbuhan yang baik agar rambut cepat panjang dan lurus. 

Penting untuk selalu diingat, memiliki rambut panjang dan juga lurus membutuhkan proses, sehingga tidak sekejap dapat terpenuhi hal tersebut.Salah satunya nutrisi untuk kesehatan rambut yang tidak terpenuhi, membuat pertumbuhan rambut menjadi lambat.

Cara agar rambut cepat panjang secara alami dan tetap menjaga kesehatan rambut. Bahan yang digunakan mudah ditemukan, tidak mahal, dan ada di sekitar kita.

Ingin punya rambut panjang alami tanpa harus pasang sambungan rambut alias hair extension? Simak cara sehat memanjangkan rambut berikut ini.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan rambut panjang yang sehat serta kuat, bila kalian merasa binggung silahkan simak saja panduan cara memanjangkan rambut dengan cepat dalam yang ada dibawah sini. Tapi ingat anda harus membaca seluruh panduan cara memanjangkan rambut berikut ini.

Masalah lain yang sering membuat wanita ingin agar rambutnya cepat panjang adalah karena salah potong rambut. Kamu pasti pernah salah potong rambut sehingga ingin rambut untuk segera tumbuh. Jangan keburu minder dahulu, ladies! Ada beberapa cara agar rambut kamu bisa segera panjang lho.

Penyebab Rambut Lama Panjangnya

1. Stress.
Hal itu karena stres bisa mempengaruhi kerontokan dan pertumbuhan rambut, penting untuk mulai mengusahakan menjaga kondisi pikiran yang baik agar terhidari dari stress.

Selain berdampak buruk pada rambut, sering stres juga bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Asupan nutrisi yang tidak cukup.
Salah satunya nutrisi untuk kesehatan rambut yang tidak terpenuhi, membuat pertumbuhan rambut menjadi lambat.

Kandungan seperti kalsium, vitamin E, ferritin, zinc, dan vitamin B12 memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut. Sehingga, penuhi kebutuhan asupan tersebut yang mencukupi bagi tubuh.

3. Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat. 
Kesalahan dalam memilih dan menerapkan penggunaan produk perawatan rambut berakibat pada pertumbuhan rambut yang terhambat. Sehingga rambut tidak panjang-panjang padahal sudah lama dinanti.

Termasuk seperti penggunaan produk tertentu dari shampo, kondisioner, ataupun vitamin rambut, apabila tidak cocok (yang mengakibatkan efek buruk pada rambut), maka segera hentikan penggunaannya, atau ganti dengan produk lainnya.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan pakarnya dalam masalah pemilihan produk yang cocok untuk Anda.

Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

1. Menggunakan Lidah Buaya
Cara pertama ini mungkin sudah tidak asing, lidah buaya memiliki khasiat penting untuk rambut, yang sering digunakan oleh banyak orang untuk perawatan rambut agar cepat panjang, lurus, dan juga lebat.

Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki nutrisi penting untuk memanjangkan rambut. Cara penggunannya, pertama-tama kupas lidah buaya, lalu ambil gel yang ada di dalamnya.

Lalu oleskan gel itu ke kulit rambut anda. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas hingga bersih. Disarankan melakukannya setelah keramas, atau juga menggunakan gel lidah buaya dicampur dengan madu (opsional).

Pada tulisan berjudul How To Use Aloe Vera Gel For Hair Growth -- Stylecraze.com menjelaskan bahwa lidah buaya kaya akan asam amino dan enzim proteolitik yang sangat efisien dalam meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengoptimalkan proses pertumbuhan rambut.

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu memperbaiki sel-sel rusak di kulit kepala. Hal ini berguna untuk meningkatkan kesehatan folikel dan secara tidak langsung meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih cepat.

Kandungan di dalam lidah buaya juga bermanfaat untuk:
  • Mencegah rambut rontok.
  • Memastikan rambut tetap tebal
  • Sfat anti-inflamasi yang menenangkan kulit kepala dari iritasi
  • Sifat antijamur untuk penyembuhan ketombe
  • Menghidrasi rambut dan kulit kepala.

2. Menggunakan Minyak Zaitun
Minyak zaitun digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan perawatan kecantikan. Untuk pemakaiannya, bisa dengan meneteskan 4-5 tetes minyak zaitun pada kulit kepala setelah keramas (disarankan dilakukan di sore hari).

Setelah itu pijat-pijat kulit kepala. Lalu biarkan selama semalaman (artinya rambut jangan diguyur air atau dibasahi). Setelah itu, baru pada pagi harinya dibilas sampai bersih.

Pada tulisan berjudul How to Use Olive Oil for Hair Care -- Healthline.com menjelaskan bahwa minyak zaitun telah nyata memberikan manfaat besar bagi rambut, yang bahkan telah digunakan untuk perawatan rambut selama ribuan tahun.

Kandungan di dalam minyak zaitun bekerja untuk memberikan kelembaban, menambah kelembutan dan juga menguatkan rambut.

Dalam pengaplikasian minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut, maka lakukan dengan sembari memijat. Pijat minyak zaitun dalam-dalam ke rambut Anda selama beberapa menit. Anda juga bisa memijatnya ke kulit kepala jika Anda memiliki kulit kepala kering.

Untuk pengkondisian yang lebih efektif, disarankan untuk membungkus rambut Anda dengan topi mandi, dan biarkan minyak meresap sekitar 15 menit. Atau jika tidak merepotkan bisa dibiarkan semalaman.

Setelah itu, bilas rambut hingga bersih kembali. Dan juga lakukan shampoo. Penggunaan minyak zaitun ini bermanfaat agar rambut tetap lembab dan kuat, membantu menghaluskan ujung rambut Anda, menghilangkan kutu kepala, dan mengurangi ketombe.

Pada artikel berjudul Does Olive Oil Stimulate Hair Growth? -- Livestrong.com menyebutkan bahwa minyak zaitun telah digunakan banyak orang (baik itu pria dan wanita) untuk mengatasi masalah kerontokan rambut dan memperkuat rambut.

Vitamin dan nutrisi minyak zaitun bisa membantu menjadikan helai rambut lebih tebal, menghilangkan penumpukan sebum penyebab lambatnya pertumbuhan rambut, serta menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

3. Menggunakan Teh Hijau
Teh hijau umumnya digunakan sebagai minuman yang sehat. Selain digunakan sebagai bahan minuman, juga bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut secara alami.

Hal itu, kerena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau, memberikan efek yang membuat aliran sirkulasi darah di kepala lebih lancar, membuat pertumbuhan rambut lebih mudah panjangnya.

Untuk menggunakannya sebagai perawatan bahan alami untuk rambut, caranya pertama-tama seduh teh hijau, lalu balurkan ke kulit kepala anda. Lalu bungkus dengan handuk sekitar 20 menit. Lalu bilas rambut hingga bersih.

Pada artikel berjudul Hair Growth: The Benefits of Green Tea -- Livestrong.com menyebutkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas. Departemen Dermatologi di Seoul National University College of Medicine melaporkan bahwa teh hijau dapat merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut dapat tumbuh lebih cepat.

Hanya saja Food and Drug Administration belum menganggap teh hijau sebagai OBAT untuk menumbuhkan rambut. Sehingga jika Anda mengalami masalah rambut rontok dalam jumlah banyak, dan pertumbuhan rambut yang sangat lambat, maka penggunaan teh hitam tidak mampu untuk mengobati masalah tersebut, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Menurut Perpustakaan Nasional AS, sebuah penelitian tahun 2007 oleh ilmuwan Korea di Seoul National University College of Medicine menemukan bahwa epigallocatechin-3-gallat (EGCG) terkandung di dalam teh hijau yang berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dan merangsang sel-sel papila dermal, untuk meningkatkan produksi rambut.

Menurut University of Maryland Medical Center, teh hijau bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang optimal atau lebih cepat, maka salah satu manfaatnya yaitu dapat mengoptimalkan proses pertumbuhan rambut.

University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa teh hijau mengandung konsentrasi tinggi antioksidan kuat berupa polifenol. Antioksidan ini berfungsi untuk menjaga rambut agar tetap sehat, dan rambut tumbuh secara optimal.


4. Konsumsi Banyak Makanan Sehat
Memaksimalkan nutrsi rambut tidak hanya cukup dilakukan dari luar saja, peran makanan sehat juga tidak kalah penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Cukupi asupan protein dan serat bagi kebutuhan tubuh, karena kedua kandungan tersebut baik untuk folikel rambut.

Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, pertama yaitu kacang kedelai dan kacang merah yang memiliki kandungan protein tinggi untuk memenuhi nutrisi rambut, sehingga kesehatan rambut terjaga dengan baik. Disarankan konsumsi kacang kedelai yang terdapat pada tempe, tahu, dll.

Kedua yaitu daging ayam yang memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, juga terdapat kandungan zat besi dan vitamin B yang mendukung untuk memperkuat rambut dari akarnya, sehingga rambut tidak mudah rontok.

Ketiga yaitu yoghurt yang memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin-vitamin yang keberadaannya sangat penting bagi rambut, khususnya vitamin D.

Keempat yaitu telur yang selain mengandung protein tinggi, juga mengandung selenium, zat besi, seng dan belerang. Kandungan ini berfungsi untuk menambah asupan oksigen pada folikel rambut. Hal itu karena rambut kita merupakan organ yang juga bernapas.

Rambut membutuhkan oksigen yang mencukupi untuk bisa tumbuh dengan sehat. sehingga rambut bisa cepat panjang.

Kelima yaitu sayuran hijau seperti brokoli, sayur bayam, lobak, dsb. Memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan rambut.

Kandungan di dalam sayuran bayam yaitu beta karoten, vitamin C dan zat besi, yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel-folikel pada rambut.

Keenam yaitu ubi jalar yang mengandung vitamin A, yang khasiatnya menghilangkan gatal pada kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Rambut yang bebas ketombe adalah ciri rambut yang sehat, yang dengannya pertumbuhan rambut berjalan dengan baik.

Ketujuh yaitu ikan salmon yang memiliki kandungan protein dan vitamin D, berfungsi agar rambut menjadi kuat dan mencegah kerontokan rambut.

Kandungan asam lemak yang dihasilkan oleh omega 3 dari ikan salmon, berkhasiat menjaga kesehatan kulit kepala.

Minyak alami yang berasal dari ikan salmon membantu untuk menjaga rambut selalu terhidrasi dengan baik.

5. Batasi Penggunaan Peralatan Rambut yang Menghantarkan Panas
Cobalah agar mengurangi penggunaan peralatan rambut yang menghantarkan suhu panas, contohnya pengering rambut, karena suhu panas tidaklah baik bagi kesehatan rambut.

Dimana rambut yang sering terkena suhu panas (baik itu dari sinar matahari maupun produk) mengakibatkan rambut mudah kering dan rontok.

Hal tersebut mengakibatkan keinginan untuk memperoleh pertumbuhan rambut yang cepat, lurus dan sehat menjadi sulit terpenuhi.

6. Hindari Kebiasaan Mewarnai Rambut
Hal peting agar menambah nutrisi rambut, sangat dianjurkan agar selalu memenuhi asupan makanan yang kaya akan kandungan vitamin E. Kemudian sangat penting menghindari kebiasaan mewarnai rambut yang berdampak buruk bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

7. Ramuan Kulit Apel
Cara penggunaannya yaitu dengan menghaluskan kulit apel, lalu mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut hingga merata.

Setelah itu, pijat kulit kepala secara perlahan dan lembut, agar kandungan kulit apel dapat meresap dengan baik untuk rambut. Setelah itu, diamkan selama 20 menit, lalu baru dibilas dengan air bersih.

8. Menyisir Rambut
Hindari membiarkan rambut yang tidak tersisir, sehingga terlihat kusut atau tidak rapi. Kondisi rambut yang kusut seperti itu mengakibatkan rambut mudah patah.

9. Hindari Rambut Kering
Seperti salah satunya, agar sebisa mungkin meminimalisir penggunaan blow dry atau alat pengering rambut. Karena jika terlalu sering menggunakannya, bisa memicu rambut rontok, kering, dan kusam.

Untuk itu, yang disarankan ketika ingin mengeringkan rambut, maka lakukan secara alami seperti anginkan saja rambut di luar rumah, menggunakan handuk, dll.

10. Potong Ujung Rambut
Potonglah ujung rambut dengan teratur (tidak usah sering-sering), hanya 1 bulan sekali saja. Tujuan ujung rambut yang dipotong, untuk mencegah rambut bercabang. Sehingga rambut bisa menyalurkan nutrisi dengan baik dan optimal.

11. Jangan Lupa Creambath
Menggunakan creambath bertujuan untuk memberikan nutrisi tambahan kepada rambut, yaitu dengan metode membantu peredaran darah pada kulit kepala.

Dengan proses peredaran di kulit kepala lancar dan optimal, memberikan manfaat agar proses pertumbuhan rambut bisa lebih cepat.

12. Batasi Frekuensi Berenang
Anda jangan terlalu sering berenang, hal itu karena kolam renang memiliki kandungan klorin yang beresiko merusak dan menghambat pertumbuhan rambut.

Demikian juga di pantai, air asin alami tersebut juga beresiko menyebabkan kerusakan pada rambut. Disarankan jika ingin berenang, agar menggunakan penutup rambut.

13. Kondisioner
Penggunaan kondisioner berguna untuk menjaga kelembaban yang memang dibutuhkan rambut. Penggunaan kondisioner yaitu setelah keramas, agar rambut bisa lebih sehat dan pertumbuhannya berjalan dengan lancar.

14. Minum Air Putih
Asupan air putih sangat penting untuk dipenuhi bagi anda yang ingin pertumbuhan rambut cepat panjang. Hal itu karena keberadaan air putih sangat penting dalam melancarkan peredaran darah dan mengaktifkan berbagai sel pada rambut.

15. Gunakanlah Penutup Rambut
Saat berada tempat terik dan panas, disarankan menggunakan penutup, karena terlalu lama rambut terkena sinar matahari, berakibat rambut bercabang, kering, dan rusak. Untuk itu, jangan biarkan terlalu lama rambut terkena sinar matahari langsung.

16. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Aksesoris Rambut
Contohnya jangan sering-sering menggunakan karet untuk menguncir, atau jepitan rambut karena bisa menyebabkan rambut menjadi patah. Untuk itu, menguncir rambut dilakukan sesekali saja.

17. Ramuan dari Daun Seledri
Cara penggunaaanya, pertama-tama tumbuk sampai halus beberapa buah batang daun seledri (pilihlah yang masih segar).

Setelah itu masukan air bersih secukupnya, lalu peras hingga keluar air. Ambil air sarinya tersebut. Lalu simpan di dalam botol, biarkan selama 1 malam.

Setelah dibiarkan 1 malam, gunakan ramuan dari bahan seledri itu untuk keramas, seperti hlanya creambath.

18. Ramuan Jeruk Lemon dan Air Kelapa
Campurkan dua sendok air jeruk lemon dan segelas air kelapa. Lalu aduk rata dan masukkan ke dalam selama satu hari.

Setelah satu hari, baru oleskan ramuan tersebut ke seluruh kulit kepala dan rambut. Setelah itu, bungkus kepala dengan sower cup, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

19. Ramuan Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis, berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan membuat pertumbuhan rambut cepat panjang.

Untu penggunannya, hanya dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala.

Setelah itu, diamkan sekitar 20 menit, lalu bersihkan rambut dengan air hingga bersih, atau bisa juga ditambah dengan keramas seperti biasa.

20. Menggunakan Minyak Alami dan Pijat Kepala Secara Teratur
Menggunakan minyak alami sebagai bahan alami pelembab rambut, cukup disarankan guna memperoleh pertumbuhan rambut yang cepat panjang dan lurus.

Minyak alami ini berisi kandungan yang memiliki khasiat untuk merangsang atau mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Penggunaan yang disarankan, oleskan minyak lavender pada kulit kepala serta helaian rambut, kemudian pijat beberapa menit agar minyak meresap.

Memijat kepala secara teratur, bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang akan menuju ke rambut.
Top