Berdoa Usai Berwudhu di Kamar Mandi ada Toilet, Bolehkah?

Komentar

Foto via nulisbabe.news

Membaca doa usai wudhu adalah sunah. Tapi bagaima jika doa dibaca saat wudhu di kamar mandi yang ada klosetnya?

Apa iya habis dari kamar mandi baru wudhu diluar? bagaimana wudhunya?

Pada dasarnya tidak ada larangan berwudhu di kamar mandi. Namun yang menjadi masalah adalah terkait dengan pembacaan basmalah sebelum berwudhu di dalam kamar mandi yang ada WC-nya.

Karena membaca basmalah disyariatkan sebelum melakukan segala hal yang penting (baik).

Terdapat anjuran melafalkan basmallah saat akan berwudhu. Demikian pula, sangat dianjurkan membaca doa usai berwudhu.

Baca juga : "Jangan baca nama dibatu nisan, nanti kamu jadi pelupa"

Dua amalan ini, banyak dipahami, tidak boleh dikerjakan di tempat kotor seperti kamar mandi dengan tempat buang hajat atau kloset.

Sementara, banyak ditemui keluarga yang tidak memiliki tempat khusus wudhu di rumahnya. Sehingga mereka berwudhu di kamar mandi yang ada klosetnya.

Lantas, bagaimana hukumnya membaca doa usai wudhu di kamar mandi, yang jelas tidak boleh ada lafal suci diucapkan di sana?

Persoalan ini menjadi pembahasan para ulama tempo dulu. Pendapat mereka dapat dijumpai dalam kitab Al Mawsu'atul Fiqhiyyah, yang merupakan eksiklopedia fikih.

قال ابن عابدين: لو توضأ في الخلاء فهل يأتي بالبسملة وغيرها من أدعية الوضوء مراعاة لسنته؟ أو يتركها مراعاة للمحل؟ قال: الذي يظهر الثاني لتصريحهم بتقديم النهي على الأمر وهو مقتضى ما عند الحنابلة من أن التسمية في الوضوء واجبة، وأن الذكر بالقلب لا يكره، وذهب المالكية إلى يكره الذكر في الخلاء


" Ibnu 'Abidin mengatakan, andaikan seorang berwudhu di kamar kecil, apakah dianjurkan baginya membaca bismillah dan kesunahan lainnya dari membaca doa wudhu demi menjaga kesunahan atau meninggalkannya mengingat tempatnya? Menurut Ibnu 'Abidin, pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunahan karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama dari Mazhab Hanbali yang mengatakan bismillah wajib dalam wudhu’, sementara tetap berdzikir di dalam hati tidak dimakruhkan. Dan menurut ulama madzhab Maliki dimakruhkan zikir di kamar kecil."

Berdasarkan pendapat di atas, sangat dianjurkan untuk tidak membaca doa usai wudhu di kamar mandi. Ini untuk menghormati kesucian dari lafal doa tersebut.

Sementara demi mengejar keutamaan sunah dalam wudhu, dianjurkan untuk membaca lafal doa setelah keluar dari kamar mandi.

Adapun terkait kesunahan berdo’a setelah wudhu, solusinya ialah membacanya pada saat keluar dari kamar mandi.

Baca juga : Doa dan Tata Cara Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan, Menurut Ustadz Somad


Berikut ini penjelasan dari Ustad Khalid Basalamah : 




Kesimpulan

Maka bagi yang menganggap bacaan basmalah sebagai sunnah, boleh tidak dibaca jika berwudhu di kamar kecil, terutama jika kamar kecilnya sangat kotor dan khawatir ada najis. Namun, bagi mereka yang menganggap membaca basmalah adalah wajib hukumnya, maka sebaiknya dibaca dengan sirr (di dalam hati), atau dibaca sebelum masuk kamar mandi, atau kalau kamar mandinya bersih boleh juga dibaca dengan suara jahr (terdengar). Lantas bagaimana dengan doa sesudah wudhu? Sebaiknya dibaca di luar kamar mandi ketika sudah selesai wudhu. Jadi kesimpulannya, boleh berwudhu di kamar mandi dengan ketentuan seperti di atas. (nu

Baca juga : Nama Bayi Perempuan dalam Islam ini Indah Namun Jarang Digunakan

Bacaan Doa Sesudah Wudhu


اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)

Wallahu a’lam.
Top