Banyak Anggapan Rezeki Itu Berupa Uang dan Harta, Ini Jenis Rezeki yang Allah Jamin Untuk Hambanya

Komentar

Sumber gambar SlideShare

Mungkin kamu tidak tahu dimana letak rezekimu. Tapi rezekimu tahu dimana kamu berada.

Tidak usah takut, karena Allah telah menjamin rezeki setiap makhluk bernyawa. Bahkan rezeki binatang melata dan binatang sekecil semutpun dijamin oleh Allah.  

Rezeki selalu dimaknai oleh banyak orang sebatas uang ataupun harta penghasilan. Akibatnya, ketika uang penghasilan dirasa kurang untuk mencukupi kebutuhan hidup, orang dengan segera menganggap rezekinya lagi seret alias sempit.

Tanpa disadari anggapan itu cukup berbahaya karena bisa menjerumuskan seseorang pada sifat kufur nikmat lantaran kurang bersyukur atas rezeki yang Allah berikan kepada makhluk-Nya yang tidak sebatas berupa harta benda.

Padahal, hakikat rezeki sejatinya adalah seluruh rahmat Allah Ta’ala yang dikaruniakan-nya kepada seluruh makhluk-Nya di alam semesta ini.

Berikut adalah delapan jenis rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba dalam kehidupan.

1. Rezeki karena usaha 


“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” (QS. An-Najm: 39)

2. Rezeki yang telah dijamin

Sumber gambar islamkafah.com

“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (QS. Hud: 6)

3. Rezeki karena bersyukur

Sumber gambar muslim.or.id

“Sesungguhnya, jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7)

4. Rezeki tak terduga

Sumber gambar pesugihan.net

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberi nya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. At-Thalaq: 2-3)

5. Rezeki karena menikah

Sumber gambar facebook/beritaagamaislam

“Dan nikahkanlah orang-orang yg masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan ke- cukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (QS. An-Nur: 32)

6. Rezeki karena anak

Sumber gambar sayangawak.com

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. Al-Israa’: 31)

7. Rezeki karena sedekah

Sumber gambar lancarrezeki.blogspot.co.id

‎“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245)

8. Rezeki karena tobat

Sumber gambar independent.ie

“Tobatlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (QS. Nuh: 10-11)

Semoga menjadi penguat keyakinan kita semua, agar senantiasa yakin bahwa Allah sudah menjamin Rezeki kita semua, semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bishawab. 
Top