Waspada, Modus Perampokan Baru Nyamar Jadi Polisi. Kenali Ciri-Cirinya

Komentar

foto via facebook yuni rusmini

Begal semakin merajalela

khususnya buat anak sekolah yang sering bawa motor 

Jangan sampai kejadian seperti ini terulang. Modus baru begal berkedok polisi. Kenali ciri-ciri dan cara menghindari begal ini agar tak menjadi korbannya..

Memang saat ini perampok, begal marak terjadi dan sudah banyak yang menjadi korbannya

Berbagai cara mereka lakukan demi mendapat barang yang sedang diincar.

Mulai dari trik penampilan agar tak dikenali orang sampai menyamar jadi orang lain atau orang yang tidak bisa dicurigai.

Seperti baru-baru ini terjadi, begal dengan modus baru berkedok polisi telah tertangkap warga.

Dari postingan facebook Yuni Rusmini, begal tersebut tertangkap warga setelah merampok motor anak sekolah. Tepatnya didesa Bangsri, Kepanjen Malang Jawa Timur 9 April 2018

Awalnya, begal yang bermodus polisi ini menyita motor anak sekolah saat berada didepan halaman sekolah. Katanya pelanggarang dan akan dibawa ke kantor polisi.

Baca Juga : Mengungkap, 5 Kehebatan Maling Motor Hanya 1 Menit Menggasak Motormu

Setelah perjalanan lewat desa Bangsri, tepatnya di persawahan korban langsung dilempar ke pinggir jalan.

Untungnya, ada guru korban yang sengaja mengikuti muridnya dan motornya saat dibawa ke begal yang bermodus polisi.

Akhirnya guru dan korban berteriak hingga warga yang mendengarnya langsung buru-buru menangkap begal tersebut. Merasa geram dan kesal, warga juga meghajar begal.

Bagaimana tidak geram dan kesal, sebab si begal bermodus sebagai polisi bak anggota yang sedang melaksanakan tugasnya.


Nah, dari kejadian ini kita haru lebih waspada dan hati-hati, begal dan perampok sedang berkeliaran dimana-mana. Jangan sampai kita menjadi korbannya.

Agar kita tak menjadi korban begal dan perampokan, kita juga harus mengenali bagaimana sih cara mengenali mana begal dan tidak.

Baca Juga : Waspada Modus Baru Pencurian Motor, Pelakunya Kerjasama Driver Ojek Online

Dan bagaimana cara mengatasi atau melawan agar tak dibegal.

Agar semua tahu dan tidak ada lagi yang menjadi korban begal, simak ciri-ciri dan cara mengatasi begal ini.

Ciri-ciri begal (pencuri sepeda motor dengan cara paksa)


foto via tribunnews.com

1. Bermotor berduaan dengan memakai helm serta membawa kelompoknya

Seorang begal/pencuri ini pasti jika hendak melakukan aksinya selalu berdua tidak akan sendirian karena begal yang satunya yang akan membawa motor hasil curiannya itu. Jika anda terpaksa sendirian keluar rumah saat malam hari dengan membawa motor diusahakan untuk membawa teman atau membawa alat beladiri untuk menghindari terjadinya pembegalaan yang tidak diduga-duga, Karena jika anda berdua dengan teman ada maka seorang begal akan berpikir dua kali untuk merebut motor anda.

Baca Juga : Betapa Kõnyolnya, Sudah Ditangkap Polisi, 2 Maling ini Malah Adu Jotos Karena Hasil Curian

2. Berada di jalan sempit/luas dan sepi

Jika sobatterpaksa untuk keluar rumah saat malam hari atau di siang hari cobalah untuk melewati jalan yang tidak terlalu gelap dan sepi karena seorang begal pertama kali mengincar pelakunya dari jalan-jalan yang sepi dan gelap. Disarankan untuk memakai jaket yang tebal dan sarung tangan serta helm karena senjata apapun seperti golok akan mengurangi cidera ketika terkenanya.

Tips : agar tidak menjadi mangsa para pembegal
  • Jangan pernah terlihat lesu tapi jadilah seperti orang yang terlihat kuat 
  • Jangan pernah berkendara konstan, ubahlah sedikit kecepatan jika memang jalan sudah sepi kalau bisa tancap gas 
  • Jika ente adalah seorang anak ABG disarankan untuk tidak berkendara pada malam hari 
  • Selalu gunakan spion untuk memprediksi pengendara motor lainnya dari belakang apakah ada seorang begal disana.
Tips ini tidak berlaku untuk ibu-ibu yang lampu sennya kekiri tapi beloknya kekanan.

 Motor yang biasanya di incar oleh begal

1. Motor matic

Selain harganya yang lumayan terjangkau, motor matic ini sangat banyak sekali peminatnya maka dari itu janganlah berkendara pada malam hari karena kebanyakan begal selalu mengincar motor matic yang mudah dijual serta dibawa.

Baca Juga : Waspada! Marak Begal "Payừdara" di Jakarta, Kenali Seperti ini Modusnya

2. Motor yang potensial

Karena seorang pembegal adalah seorang dari balapan liar, adapun motor potensial yang di incar antara lain :
Suzuki satria f150 
Yamaha zupiter Z 
Yamaha zupiter XM 
Motor matic yamaha.
Setelah mengetahui ciri-ciri begal, kita juga harus bisa mneghadapi begal. Apalagi disaat kita sedang diincar. Simak cara mengatasi atau menghindaari begal motor ini

Trik Mengatasi Atau Menghindari Begal


foto via youtube.com

1. Usahakan jangan berpergian pada malam hari apalagi tengah malam, hal ini berpotensi terhadap kejahatan perampokan, ataupun pembunuhan.

2. Jika memang harus keluar malam hari, jangan memilih tempat yang sepi walaupun mungkin itu akan menyingkat waktu. Lebih baik memilih tempat yang ramai, biarpun lebih jauh tidak masalah.

Baca Juga : Waspada dengan 4 Modus Baru 'Begal ATM' yang Bisa Menguras Bersih Uang Anda

3. Jangan pergi sendirian, naluri penjahat akan mencoba melakukan aksinya kepada lawan yang dianggapnya mampu dia taklukkan dengan mudah, setidaknya jika kita berpergian lebih dari 1 orang, kemungkinan penjahat tersebut mengurungkan niatnya.

4. Jika merasa diikuti oleh seseorang, sesegeralah menuju tempat yang ramai.

5. Berhati2lah kepada orang yang berpura2 menanyakan alamat, pastikan terlebih dahulu bahwa di sekeliling anda terdapat orang banyak, jika ada yang menanyakan alamat pada tempat yang sepi, lebih baik anda berhati2.

6. Jangan melamun di saat dalam perjalanan, hal ini sangat penting karena jika kita tidak sadar, dan ada yang mengikuti kita, kita tidak akan tahu.

7. Jika di depan anda, ada kendaraan yang anda kenal, berjarak dekatlah, hal ini akan meminimalkan kemungkinan tindak kejahatan, karena penjahat juga tidak mau aksi kejahatannya dilihat orang lain.

Baca Juga : Belajar Dari Nasabah BRI yang Uangnya Terkuras, ini 6 Tips Agar Uang di ATM Aman

8. Jika anda mengantuk dan anda ingin berhenti, pastikan anda berhenti di tempat yang anda kenal atau setidaknya di tempat yang ramai atau dekat dengan kantor polisi.

9. Jika anda melihat ada gerombolan orang jauh di depan sana, usahakan jangan sengaja melewatinya, pilihlah alternatif lain. Biasanya orang banyak akan merasa lebih berani untuk melakukan kejahatan,

10. Jika anda sudah terlambat untuk mencegah terjadinya kejahatan, lebih baik anda menyerahkan harta anda, daripada anda harus kehilangan nyawa anda. Tinggalkanlah kendaraan anda, kemudian larilah sekencang2nya ke rumah warga. Ini adalah langkah terakhir yang anda harus lakukan jika anda benar2 dalam keadaan bahaya.

Tips Kedua :

1. Satu kilometer sebelum melewati area tersebut, berhentilah sejenak dan tunggu bikers lain lewat. kalo kelamaat nunggu bikers lain lewat mending batalkan aja dan balik kucing

Baca Juga : Jika Dapat "Missed Call" dari Nomor Luar Negeri Berikut ini Jangan Diangkat, Awas Perampokan

2. Ambil jalan lain yang lebih aman walaupun jaraknya lebih jauh atau memutar

3.Pandangan harus selalu waspada, sesekali lihat kaca spion apakah ada motor lain yang mengikuti atau tidak.

4. Nyalakan lampu sein sebelah kanan, Ini seperti kode etik sesama penjahat 😀

5. Bila dalam jarak sekitar 15-20 meter didepan anda melihat benda atau mahluk hidup yang melintang dijalan (biasanya orang, bayi, pohon tumbang dll), segeralah putar balik dan tancap gas.

6.Sebelum melewati jalan tersebut ambilah benda keras yang ada dimotor anda , misal kunci pas, obeng dll diselipkan ditempat yang mudah untuk mengambilnya. Misal diselipkan disepatu sebelah kanan, diselipkan dipergelangan jaket sebelah kiri untuk jaga-jaga bila menemui kondisi terburuk.
Top