Tindihan itu Bukan Mistis, ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Menurut Medis

Komentar

Foto via wajibbaca.com ilustrasi tindihan

Tindihan bisa sebabkan kematian?

Benarkah itu karena hal mistis? Atau memang ada penjelasan secara medis?

Merasa ada yang tidak biasa dengan keseharian terutama saat tidur? atau sudah sangat sering dan dalam waktu yang lama pula hingga hampir setiap hari disaat tidur selalu merasakan tindihan? dalam tindihan sering melihat sosok seorang besar hitam yang menindihi? Bukan hal Mistis, Ketahui jawabannya disini.....

Bagaimana bisa terjadi yang namanya ‘tindihan’?

Tubuh kita memang telah Allah ta’ala desain dengan sedemikian rupa. Ketika kita tidur, pada saat mencapai suatu fase, tubuh akan mematikan/memutus hubungan saraf motorik(somatik) dengan otak kita, sehingga tubuh kita tidak dapat bergerak. Kegagalan tubuh dalam mengatur hal ini ada 2 jenis:

Baca juga : Usia Tepat yang Baik Untuk Mengkhitan Anak Menurut Syariat dan Medis

Tubuh tidak memutus hubungan dengan saraf motorik ketika seseorang sedang bermimpi. Nah disinilah yang disebut dengan mengigau.

Misal saja orang tsb sedang bermimpi bermain bola, maka kakinya bergerak-gerak seolah menendang bola dalam keadaan tidurnya. Atau seseorang mengucapkan sesuatu yang terdengar dengan jelas ketika tidur, yang sebenarnya itu adalah ucapan dalam mimpinya.

Tubuh masih memutus hubungan dengan saraf motorik ketika kita terbangun. Disinilah yang orang-orang sebut dengan tindihan. Ketika terbangun, kita sangat sulit/tidak dapat menggerakkan tubuh sama sekali, termasuk lisan kita.

Tindihan saat tidur bisa saja disebabkan oleh jin. Tapi yang umum adalah bahwa itu bisa dijelaskan secara medis.

Gejala ini disebut sleep Paralysis: Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh).

Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

PENYEBAB TINDIHAN SECARA MEDIS

1. Tubuh yang sangat lelah, biasanya secara fisik.
2. Kurang tidur beberapa hari
3. Faktor stres dan tekanan sepanjang hari.
4. Pengaruh obat-obatan.
5. Perubahan jam tidur/pola tidur.

CARA MENGATASI TINDIHAN

Beberapa tips yang cara mengatasi tindihan:

(a) Jangan Panik Tarik napas dan buat diri Anda dalam kondisi santai.
(b) Kepalkan Tangan: Cara ini juga bisa pelan-pelan mengendurkan kelumpuhan yang terjadi.
(c) Batuk: batuklah beberapa kali untuk melemaskan otot-otot di sekitar leher
(d) Segera Bangun: bangunlah pelan-pelan. Cuci wajah dan minumlah beberapa teguk air agar tubuh lebih rileks.

Saat tengah nyenyak tidur, pernahkah kamu tiba-tiba membuka mata dan merasa tidak nyaman?

Tubuh merasakan ada yang tidak beres di ruangan kamar, lalu kamu mencoba bergerak tapi tidak bisa.

Ingin berteriak, tapi diri tak bisa bersuara.

Perasaan takut dan mencekam mendominasi pikiran kita.

Jika kamu mengalami hal-hal seperti di atas, berarti kamu mengalami ketindihan atau sleep paralysis.

Clete Kushida, MD, PhD, direktur medis dari Stanford Sleep Medicine Center Redwood City, California mengungkapkan bahwa ketindihan atau kelumpuhan tidur dialami oleh 40 persen manusia di dunia.

Baca juga : Jangan Suka Buang Makanan Sisa, Allah Sangat Membenci, Ini Azabnya

Fenomena ini terjadi saat seseorang ada di masa peralihan antara fase gerakan mata cepat dan fase sadar.

Biasanya, orang-orang yang mengalami kelumpuhan tidur berhalusinasi tentang kehadiran penyusup, tekanan pada dada, dan pengalaman keluar dari tubuh.

Selama ini, kelumpuhan tidur dianggap sebagai fenomena biasa.

Namun, apabila hal ini terjadi sangat sering dan mengganggu tidur, bisa menimbulkan beberapa masalah.

Masalah yang ditimbulkan adalah tubuh menjadi kurang sehat karena jam tidur kita menjadi berkurang.

Selain itu, kelumpuhan tidur yang sering disebut sebagai indikasi penyakit neurodegeneratif.

Neurodegeneratif adalah keadaan di mana sel saraf mengalami perubahan struktur dan fungsi yang seharusnya.

Menurut Dr John Peever dari University of Toronto, sebanyak 80% orang yang sering mengalami kelumpuhan tidur menderita penyakit neurodegeneratif.

John juga menambahkan bahwa sebaiknya orang yang sering mengalami kelumpuhan tidur segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kelumpuhan tidur menjadi semakin parah.

MEMBACA DOA DAN DZIKIR SEBELUM TIDUR

Walaupun sudah dijelaskan bahwa itu adalah gejala medis biasa, namun tidak menutup kemungkinan adanya jin yang masuk ke dalam raga anda pada saat tindihan itu terjadi. Oleh karena itu, Islam mengajarkan kita agar berdoa sebelum tidur. Doa dan bacaan yang dianjurkan Rasulullah menjelang tidur adalah sebagai berikut:

- Doa sebelum tidur agar tidak diganggu jin/setan berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari adalah sbb:[1]

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لا مَلْجَأَ وَلا مَنْجَى مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

- Doa sebelum tidur yang lebih singkat (berdasar hadits sahih riwayat Bukhari):[2]

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

- Dianjurkan membaca: tasbih (Subhanallah) 33x, tahmid (Alhamdulillah) 33x, takbir (Allahu Akbar) 33x (berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim).[3]

- Dianjurkan membaca: Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Sebelum membaca, kumpulkan kedua tangan lalu ditiup, lalu membaca ketiga Surah di atas, setelah itu usapkan kedua tangan pada seluruh badan dimulai dari kepala, wajah, badan bagian depan. Lakukan ini tiga kali. (berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim).[4] 

Adapun onani yang dilakukan adalah haram dan berdosa. Dalam Islam pada intinya segala bentuk stimulasi hasrat seksual -- baik dilakukan sendiri atau dengan orang lain-- adalah haram kecuali apabila dilakukan antara suami dan istri.

Baca juga : Teknik Ruqyah yang Mudah Memusnahkan Sel-Sel Kanker dengan Cepat

Teks hadits di atas dalam bahasa Arab sbb:

[1]

عَنْ أَبي عُمَارَةَ البراءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:" يَا فُلانُ إِذَا أَوَيْتَ إِلى فِرَاشِكَ فَقُلْ: اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لا مَلْجَأَ وَلا مَنْجَى مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ، فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ مِتَّ عَلى الْفِطْرَةِ، وَإِنْ أَصْبَحْتَ أَصَبْتَ خَيْراً "، رواه البخاري

[2]

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ رضي الله عنه قَالَ :
( كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ )
رواه البخاري 

[3]

وروى الشيخان عن علي رضي الله عنه، أنّ رسول الله - صلّى الله عليه وسلّم - قال له ولفاطمة رضي الله عنها:" إذا أويتما إلى فراشكما أو أخذتما مضاجعكما فكبّرا ثلاثاً وثلاثين، وسبّحا ثلاثاً وثلاثين، واحمدا ثلاثاً وثلاثين "،

[4]

وفي الصّحيحين أنّ النّبي صلّى الله عليه وسلّم:" كان إذا أوى إلى فراشه كلّ ليلة جمع كفّيه، ثمّ نفث فيهما، وقرأ فيهما ( قل هو الله أحد ) و( قل أعوذ بربّ الفلق) و( قل أعوذ بربّ النّاس)، ثمّ مسح بهما ما استطاع من جسده، يبدأ بهما على رأسه، ووجهه، وما أقبل من جسده، يفعل ذلك ثلاث مرّات ". قال أهل اللغة: النّفث: نفخ لطيف بلا ريق

Tulisan ini ditutup dengan nasihat untuk diri dan pembaca agar memperbanyak porsi dzikrullaah kita. 

Terutama untuk dzikir pagi-sore (atau yang lebih mengenalnya dengan istilah alma’tsurat) karena selain sunnah muakkadah, terdapat keutamaan yang besar dalam adzkaar tersebut dan kandungan doa-doanya yang amat mendalam. 

Dzikir akan melindungi kita dari segala gangguan makhluk, dan yang peling penting bahwa dzikir merupakan kebutuhan dan kehidupan bagi setiap mu’min, ibarat ikan yang membutuhkan air. Jangan lupa juga untuk berdzikir sebelum tidur, atau minimal membaca doa sebelum tidur
Top