Rumput Fatimah: Bermanfaat Melancarkan Persalinan Tapi Beresiko Keguguran

Komentar
Gambar via family.fimela

Disalahkan gunakan untuk dijadikan penglaris dagangan...

Banyak yang masih mempercayai dan menganggap khasiat rumput fatimah ini untuk memperlancar persalinan. bahkan banyak yang menisbatkan dengan pengobatan yang bersumber dari nabi Muhammad.

Apakah disini ada yang tahu tentang rumput fatimah? Beberapa orang yang sedang mengandung dan akan melahirkan biasanya kental dengan isu-isu mengenai rumput fatimah.

Rumput fatimah biasanya menjadi ciri khas oleh-oleh yang wajib dibawa jamaah Indonesia saat selesai menunaikan ibadah haji di Arab Saudi saat hendak kembali ke Tanah Air.

Rumput fatimah adalah salah satu tanaman semak yang berasal dari Timur Tengah.

Tanaman ini dalam bahasa Arab disebut dengan Kaf Mariyam (telapak tangan Mariyam). Bagian dari tanaman ini yang sering digunakan adalah akarnya, yaitu dengan cara direndam dan meminum airnya.


Sumber gambar tribunnews.com

Bahaya Rumput Fatimah Jika Salah Mengkonsumsi!

Dilansir dari Kompas, menurut dr. Ali Sungkar, Sp.OG, takaran dosis yang acak antar pembuat jamu membuat efek samping dari rumput fatimah tidak bisa ditentukan dengan pasti. “Rumput fatimah tidak aman untuk dikonsumsi untuk ibu hamil karena tidak jelas isinya apa. Kita juga tidak tahu kandungan aktifnya itu di akar, batang, atau daunnya,” ungkap Ali.

Sumber gambar kaoskuningan.com

Apakah Rumput Fatimah Adalah Thibbun Nabawi?

Tidak ada satupun hadits shahih mengenai rumput fatimah ataupun keutamaannya. Masyarakat awam banyak salah paham, hanya karena di namakan dengan “Fatimah” kemudian banyak ditawarkan kepada jama’ah haji dan umrah. 

Bahkan dijadikan oleh-oleh, maka banyak yang menganggap rumput fatimah adalah thibbun nabawi atau ada keutamaannnya dalam Islam sebagaimana kurma dan air zam-zam. Oleh karenanya kita sebaiknya berhati-hati dengan segala sesuatu yang dinisbatkan dengan thibbun nabawi, bisa jadi ini merupakan jalan “pelaris dagangan” saja...

Sumber gambar wajibbaca.com

Sejauh Ini Apakah Ada Kasus Mengenai Bahaya Rumput Fatimah ?

Saya akan menceritakan di antara peristiwa yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah.

Waktu itu saya full day tinggal dirumah sakit 24-7 alias 24 jam serta 7 hari. Waktu saya tengah istirahat sore jam 7an malam, mendadak saya dikejutkan berita dari bidan jaga yg menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan serta waktu dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung telah tidak ada alias janin telah meninggal.

Suami pasien serta keluarga pasien marah-marah serta menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan.

Mereka masih tetap berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin itu. Tetapi pada akhirnya bidan jaga menemukan ada rendaman `rumput` serta gelas di kamar pasien, serta barulah keluarga pasien itu mengakui.

Ternyata pasien telah diberikan minuman rendaman rumput fatimah waktu di kamar rawatan, serta ini diluar pengetahuan dokter.

Tanaman ini memiliki efek uterotonik alias dapat menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya dapat mengakibatkan persalinan, oleh karenanya sebagian orang memakai tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak bisa di pastikan, dengan demikian batas aman juga susah diputuskan. 

Seandainya suatu zat dapat mengakibatkan kontraksi, jadi dalam kadar rendah dapat `memperlancar persalinan`. Namun pada kandungan yg tinggi ada bahaya yg mengintai, yakni bisa mengakibatkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya : hiperstimulasi). 

Keadaan inilah yang sangatlah beresiko dikarenakan dapat menyebabkan janin tak mampu sampai bisa meninggal, atau bahkan juga rahim yg tidak sanggup sampai dapat robek serta mengakibatkan meninggalnya ibu serta janin.

Oleh sebab itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dan lain-lain supaya menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini.
Top