Bacaan Niat Sholat Idul Adha dan Waktu yang Dianjurkan Puasa Sebelum Idul Adha

Komentar

gambar via newsth.com

Niat Sholat Idul Adha

Niat adalah sesuatu yang sangat pokok dalam pelaksanaan ibadah. Tidak sah ibadah seseorang yang tidak disertai dengan niat. Niat terletak di dalam hati, yang menandakan adanya kesengajaan dalam menunaikan ibadah tertentu.

Seperti sholat pada umumnya, niat sholat hari raya qurban idul adha juga cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan RidhoNya. Adapun untuk lafadz bacaan niatnya sebagai imam atau makmum lengkap dalam bahasa arab.

Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Sholat idul adha merupakan amal khusus di hari raya idul adha yang pahalanya luar biasa. Setelah menjalani rangkaian ibadah puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah, dan melaksanakan takbiran pada malam harinya, umat muslim diseluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H atau bertepatan dengan ibadah haji di makkah.

Idul Adha disebut juga dengan hari raya haji atau hari raya qurban karena di hari ini, disunnahkan untuk berkurban bagi yang mampu.

Bagi orang islam hari raya idul adha menjadi salah satu yang sangat istimewa selain hari idul fitri, karena selain hanya termasuk hari yang di agungkan serta di dalamnya menyimpan berbagai peristiwa menarik, tetapi pada hari raya idul idul adha ini kebersamaan dan toleransi antar umat muslim semakin terlihat karena adanya salah satu aktivitas menyembelih hewan yang kemudian di bagikan kepada semuanya

Shalat sunnat hari raya Idul Adha hukumnya sunnah Mu'akkad bagi setiap muslim dan muslimah.

Puasa Sebelum Idul Adha

Di antara waktu tersebut, ada dua hari di mana muslim dianjurkan berpuasa, yakni puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Kedua puasa dilakukan sebelum perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh 10 Dzulhijjah.

Kedua puasa mengusung keistimewaan masing-masing. Tarwiyah diyakini akan menghapus dosa yang dibuat tahun lalu, sementara puasa Arafah kerap identik dengan puasa sehari yang menghapus dosa dua tahun.

Puasa yang dilaksanakan 2 hari pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah sebelum tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha). Di antara keutamaannya:

1. Puasa Tarwiyah dapat menghapus dosa satu tahun yang telah terlewati.
2. Sedangkan puasa hari 'Arafah dapat menghapus dosa dua tahun (1 tahun lalu dan 1 tahun yang akan datang)

Hari 'Arafah ialah hari sembilan Zulhijjah. Ia adalah hari terbaik sepanjang tahun kerana Nabi s.a.w. bersabda; “Tidak ada hari yang paling banyak Allah membebaskan hambanya pada hari tersebut dari neraka dari hari 'Arafah” (Riwayat Imam Muslim).

Itulah bacaan niat sholat idul adha dan waktu yang dianjurkan puasa sebelum idul adha yang dapat kami share. Semoga bermanfaat.
Top