Neraka Menunggu, Istri - istri yang Seperti ini. Pasti dan Tidak Diragukan Lagi

Penulis Penulis | Ditayangkan 10 Apr 2018
Neraka Menunggu, Istri - istri yang Seperti ini. Pasti dan Tidak Diragukan Lagi
Sumber gambar oneswtech.com

Yang membawa istri ke surga karena ketaatanya kepada suami, tapi jangan sampai karena kelalaian istri pada suami malah membawa ke neraka.

Dalam rumah tangga yang baik dalam islam pasti tidak ada yang namanya pertengkaran.

Walaupun hanya sebuah pertengkaran kecil, Seperti rasulullah, suasana rumah beliau tidak pernah ada keributan walaupun itu keributan kecil antara suami dan istri.

Neraka Menunggu, Istri - istri yang Seperti ini. Pasti dan Tidak Diragukan Lagi
Sumber gambar tayyiba.com

Dikutip dari Ceramah Ust. Ahmad Zainuddin, LC dalam akun Yufid.TV, bahwasanya khadijah sebagai istri rasulullah muhammad tidak pernah meninggikan suaranya kepada nabi muhammad.


Rasulullah SAW, berkata "Perhatikan sikapmu terhadap suamimu wahai para istri, Sesungguhnya dia (Suamimu) adalah surgamu ataupun nerakamu".

Neraka Menunggu, Istri - istri yang Seperti ini. Pasti dan Tidak Diragukan Lagi
Sumber gambar kabarmakkah.com

Ketahuilah bahwasannya didalam islam tidak ada yang namanya sifat balas dendam dalam sebuah keluarga.

Dan bagi para istri tidak diperbolehkan sama sekali berbicara kasar ataupun perbuatan yang menyakiti suami.


Karena suami yang tidak ridho dengan perbuatan istrinya akan mendapatkan balasan di kemudian hari.

Begitu pula bagi suami harus bisa mendidik istrinya supaya menjadi istri yang sholehah dan mendidiknya supaya bisa ke surga bersama-sama suami dan anak-anaknya.

Al-Munawi rahimahullah berkata,

أي هو سبب لدخولك الجنة برضاه عنك وسبب لدخولك النار بسخطه عليك فأحسني عشرته ولا تخالفي أمره فيما ليس بمعصية

Maknanya: Suamimu adalah sebab yang memasukkanmu ke surga karena keridhoannya kepadamu, dan sebab yang memasukkanmu ke neraka karena kemarahannya kepadamu, maka perbaguslah dalam mempergaulinya dan janganlah menyelisihi perintahnya yang bukan maksiat kepada Allah.” [Faidhul Qodir, 3/78]

Beberapa Pelajaran:

1) Agungnya hak suami atas istri, dan itu sebanding dengan tanggung jawabnya yang besar untuk menafkahi, melindungi dan menjaga istrinya dari api neraka.

2) Durhaka kepada suami termasuk dosa besar.

3) Wajib bagi istri menuruti semua perintah suami selama bukan kemaksiatan kepada Allah ta’ala, walau pun tidak sesuai dengan kemauan istri atau keluarga istri.

4) Saling menjaga, memperhatikan dan memenuhi hak dan kewajiban antara suami istri adalah sebab keharmonisan rumah tangga dan kebahagiaan di akhirat.

5) Pentingnya ilmu agama dalam rumah tangga, dengan ilmu bahtera rumah tangga lebih terarah, dan dengan ilmu riak-riak gelombang yang menerpanya dapat dihadapi dan dilalui dengan baik insya Allah ta’ala
SHARE ARTIKEL