Meski Nggak Mesra, yang Penting Keperluan Cukup, Apa Gitu Rumah Tangga?

Komentar

foto via hambamuslim.com

Ini lho alasan kenapa nggak cuma kebutuhan keluarga yang penting...

Kemesraan itu penting banget lho....

Camkan itu wahai para suami....

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki caranya sendiri dalam memperlihatkan kemesraann pada pasangan.

Hal ini bisa dilihat dan ditunjukkan dalam bentuk fisik maupun emosional.

Namun seiring berjalannya waktu, hubungan suami istri bisa saja merenggang dan tak semesrah sebelumnya.

Apakah hubungan Anda dengan pasangan sudah tak sedekat dulu lagi?

1. Bergandengan Tangan


foto via steemkr.com

Bergandengan tangan (saling memegang tangan) nampaknya merupakan hal sepele yang kadang dilupakan oleh pasangan suami istri. Padahal bila ini dilakukan dengan lemah lembut dan perasaan kasih sayang yang mendalam, merupakan satu hal yang dapat menjadikan suasana semakin mesra bagi pasangan tersebut.

Baca Juga : Istri yang Kebelet Minta "Jatah" Bisa Dilihat Dari 5 Hal in

Ini sangat bermanfaat jika sebelumnya ada hal-hal yang kurang mengenakkan, sehingga untuk membicarakannya perlu suasana yang tenang dan penuh kasih sayang.

Yang lebih penting lagi, bila dilakukan dengan niat untuk mencari keridhoan Alloh, ketika seorang suami memegang tangan istrinya dengan penuh kasih sayang, dosa-dosa mereka akan keluar melalui celah-celah jari tangan mereka, seperti yang diriwayatkan dalam hadits dari Abu Sa?id.

Ada perkataan bijak yang perlu dipertimbangkan setiap pasutri : ? Sungguh bila seorang suami memandang istrinya (dengan rasa kasih sayang) dan istrinya juga memandang suaminya (dengan rasa kasih sayang), maka Alloh akan memandang keduanya dengan pandangan kasih sayang. Dan bila suami memegang tapak tangan istrinya, maka dosa-dosa mereka keluar dari celah-celah jari mereka.?

2. Membelai


foto via sembangviral.com

Hal yang kedua yang dicontohkan Rasululloh SAW, yang menambah kemesraan hubungan suami istri adalah membelai. Dengan belaian yang lembut penuh kasih sayang dari suaminya, seorang istri akan merasakan ketenangan batin, sehingga hal ini dapat menjadikan dia semakin sayang kepada suaminya. Hal ini dilakukan Rasululloh SAW kepada para istrinya, sekalipun beliau belum akan mencampurinya. Abu Dawud meriwayatkan sebuah hadits dari sahabat :

Rasululloh SAW biasa setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (para istrinya) seorang demi seorang. Beliau menghampirinya dan membelainya, sekalipun tidak mencampurinya, sehingga sampai ke tempat istri yang tiba gilirannya, lalu bermalam disitu.? (HR. Abu Dawud). 

Hal ini kadang tidak dilakukan oleh pasangan suami istri, karena mungkin dinilai memperlakukan istri seperti kanak-kanak, atau memang belum mengetahui bahwa hal ini sebenarnya diperlukan istri untuk menunjukkan kasih sayangnya.

3. Mencium istri atau suami


foto via islamozaik.com

Ada cara lain untuk menciptakan suasana kemesraan suami istri yang juga dicontohkan Rasululloh SAW, diantaranya adalah beliau mencium istrinya sekalipun ia sedang berpuasa. Berciuman merupakan cara sederhana dan mudah dilakukan untuk tetap menjaga kemesraan suami istri.

Berciuman tidak hanya dilakukan ketika akan melakukan hubungan seksual. Hal ini baik juga dilakukan pada saat terlarang untuk berhubungan seksual. Misalnya ketika sedang berpuasa dan saat istri sedang haid atau nifas. Pada saat-saat itu kemesraan tetap harus dijaga. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya :

Dari Umar bin Abu Salamah, sungguh ia pernah bertanya kepada Rasululloh SAW : ?Apakah seorang yang berpuasa boleh mencium?? Beliau menjawab : ?Tanyakan kepada orang ini (maksudnya Ummu Salamah).? Lalu (Ummu Salamah) memberitahukan bahwa Rasululloh sering berbuat begitu? ? (HR. Muslim). 

Dalam beberapa riwayat lain juga dijelaskan bahwa Rasululloh SAW pernah mencium istrinya setelah beliau berwudhu sebelum menjalankan sholat.

4. Tidur Seranjang


foto via islamidia.com

Jika suami istri tidur seranjang, tentunya lebih banyak hal yang dilakukan dalam bermesraan. Dengan tidur satu ranjang memungkinkan mereka saling berdekapan dan berpelukan. Hal ini menjadikan keduanya merasa tentram dan tenang. Hal ini juga dapat menjadi wahana hiburan atau penyegaran setelah melakukan tugas rutin sehari-hari.

Mengingat pentingnya tidur seranjang ini, maka Rasululloh SAW mencontohkan bahwa, beliau tetap tidur seranjang dengan istrinya sekalipun istrinya sedang haidh, seperti diceritakan pada sebuah hadits :

Dari Aisyah ra, ujarnya : ?Rasululloh SAW dahulu biasa menyuruh kami berkain, lalu beliau sentuhkan dirinya padaku, padahal saya sedang haidh.? (HR. Bukhari dan Muslim). 

Sebaliknya seorang istri yang tidak bersedia tidur seranjang akan mendapat laknat malaikat, sebagaiman sabda Rasululloh SAW pada hadits berikut :

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : ?Rasululloh SAW pernah bersabda : ?Jika seorang istri semalaman tidur memisahkan diri dengan suaminya, maka malaikat melaknatnya hingga shubuh.? (HR. Bukhari). 

5. Mandi Bersama


foto via pusatinfokesehatan

Mandi bersama juga merupakan hal penting untuk menjaga kemesraan suami istri. Mandi bersama dapat menjadikan hiburan yang menyenangkan sekaligus menyegarkan. Rasululloh SAW sebagai tauladan kita juga mencontohkan mandi bersama istrinya, sebagaimana diriwayatkan pada hadits berikut :

Dari Aisyah ra, ia berkata : ?Aku biasa mandi bersama Rasululloh SAW dalam satu tempat mandi. Antara tanganku dan tangan beliau saling bergantian mengambil air, tetapi beliau mendahului aku, sehingga aku berkata : ?Sisakan untukku? sisakan untukku??. Ketika itu kami sedang junub.? (HR. Bukhari dan Muslim).


Berkomunikasi dengan pasangan adalah solusi terbaik yang bisa Anda lakukan. Mungkin saja pasangan juga merasakan hal yang sama yang Anda rasakan terhadapnya, yakni tidak merasa dipahami.

Cobalah untuk terus belajar dan memahami cara berpikir pasangan Anda untuk menemukan kembali kemesrahan yang terus berkurang akibat tidak saling memahami.

Jadi, jangan sampai hubungan suami-istri menjadi renggang karena kemesrahan yang kurang antara suami dan istri. Anda harus bisa dan benar-benar menjaga keharmonisan keluarga.

Tapi sebagian suami-istri masih salah kaprah dan tidak bisa menunjukkan kemesrahan. Terutama istri yang membutuhkan perhatian dari suami dengan bentuk kemesrahan.

Nah, agar hubungan kemesrahan dan keharmonisan dalam keluarga tetap terjaga, berikut caranya sebagaimana dikutip netralnews.com


Cara Merawat Hubungan Suami Istri Agar Tetap Mesra

Setiap pasangan tentu menginginkan pernikahan satu kali untuk selamanya. Namun, terkadang kenyataan tidak seperti apa yang kita inginkan.


Sebenarnya hal tersebut kembali lagi pada kita apakah mau berusaha atau tidak.

Ada beberapa rahasia agar hubungan suami istri tetap mesra yang bisa dilakukan agar pernikahan senantiasa harmonis dan jauh dari kata perpecahan.

Nah, berikut rahasia menjaga hubungan suami istri agar tetap mesra dan tetap saing menyayangi:
1. Tidak Pernah Berhenti Kencan 
2. Memiliki Waktu Kencan untuk suami-istri 
3. Merawat Tubuh Masing-masing 
4. Dapatkan Citra Emosional melalui Saling Tidak Berbusana 
5. Tidak Malu Memperlihatkan “Milik” Anda
Nah, itu rahasia menjaga hubungan suami istri tetap mesra di dalam pernikahan. Coba Anda praktekkan  rahasia di atas. Selamat mencoba.

Kesimpulan :

Jadi hubungan suami-istri bisa selalu mesrah dan harmonis itu tergantung apa yang anda lakukan dan perbuat.
Top