Satu Bagian Tubuh ini yang Paling Banyak Menjerumuskan Manusia ke Neraka

Komentar

Foto via sumber.com

Kita ini manusia sempurna dengan semua anugrah...

Jangan salah gunakan, karena salah pakai, seperti anggota tubuh yang satu ini bisa menjerumuskan Anda ke neraka....

Bagian tubuh ini seringkali menjerumuskan manusia kedalam kebinasaan dan kehancuran. Namun manusia masih saja selalu salah menggunakannya

Dan yang paling sering menggunakannya adalah ibu-ibu...

Lidah tak bertulang. Itulah ungkapan yang sampai hari ini kita ingat. Memang demikian, lidah adalah bagian tubuh yang kecil dan tak bertulang, lentur dan mudah digerakkan.

Baca juga : 7 Rahasia Suami yang Sangat Berat Untuk Diberitahukan Kepada Istri

Karena kelenturannya itu setan pun sangat mudah mengendalikannya hingga apa yang keluar tiada lain kecuali kata dan kalimat yang kotor.

Begitulah jadinya saat lidah menguasai seorang manusia, padahal tanpa sadar setiap kali ia memainkan lidahnya maka malaikat telah siap untuk mencatatnya, firman Allah Ta’aala:

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

“(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Q.S. [50] Qaaf 17-18)

Namun di sisi lain lidah merupakan salah satu kenikmatan yang agung yang Allah karuniakan, dengannya haq dapat tersampaikan dengan baik hingga tegaklah hujjah di muka bumi ini. Layaklah jika Nabi Musa ‘alaihis salam berdoa:

وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Q.S. [20] Thaha:27-28)

Syaikh As Sa’di rahimahullah berkata dalam Taisir Karimur Rahman (I/504)” Ahli tafsir berkata bahwa dalam lidah Nabi Musa alaihis salam terdapat kelu yang sebab itu perkataannya hampir tidak dimengerti, maka ia memohon kepada Allah agar menghilangkan hal itu agar mereka mengerti apa yang ia ucapkan.”

Baca juga : Sedang Haid, Melaksanakan Akad Nikah, Sah Nggak Nikahnya?

Bila kita perhatikan banyak orang yang tertipu dengan nikmat agung ini, bahkan lebih dari itu lidahnya tiada lain hanya ibarat mesin yang memproduksi kata-kata buruk semata yang dengannya ia akan memetik hasil dari kata-kata itu pada hari kiamat kelak. Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam mengingatkan hal ini dalam hadits ini:

وَهَلْ يَكُبُّ النَّاسَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ أَوْ عَلَى مَنَاخِرِهِمْ إِلَّا حَصَائِدُ أَلْسِنَتِهِمْ

“Tidaklah manusia itu disunggkurkan ke dalam neraka di atas muka atau hidung mereka melainkan karena hasil ucapan lisan mereka?” (HR. Turmudzi, no. 2541, hadits hasan sahih)

Dengan adanya hal itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun mengingatkan umatnya agar bisa menjaga lidahnya dan menjanjikan surga bagi yang bisa menjaganya. Nabi shallallahu alaihi wa salam bersabda:


مَنْ يَضْمَنْ لِي مَا بَيْنَ لَحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ


“Siapa yang dapat menjamin bagiku sesuatu yang berada di antara jenggotnya (mulut) dan di antara kedua kakinya (kemaluan), maka aku akan menjamin baginya surga.” (HR. Bukhari, 5993)

Semoga kita senantiasa bisa menjaga lidah dari perkataan yang tidak berguna dan menyimpangkan manusia dari hidayah Allah serta kita terhindar dari terjerumus ke dalam api neraka.
Top