Makanan Penyebab Kanker Serviks dan Lawannya yang Bisa Mengimbangi

Komentar
vebma.com

Tidak menutup kemungkinan bahwa makanan pun dapat memicu terjadinya kanker serviks.

Namun ada makanan tertentu yang menjadi penyebab besar kanker serviks, jika anda terlalu sering konsumsi..

Apa sajakah makanan penyebab kanker serviks?

Gaya hidup yakni mengkonsumsi makanan menjadi salah satu penyebab kanker serivks dan berikut ini adalah makanan penyebab kanker serviks yang sebaik anda hindari, utamanya bagi anda penderita kanker serviks dan wanita yang memiliki resiko tinggi terkena kanker serviks.

Kanker serviks sangat menakutkan bagi semua wanita. Cara terbaik, hindari makanan penyebab kanker serviks dan konsumsi makanan pencegah kanker serviks.

Namun ada beberapa jenis kanker tertentu yang hanya menginfeksi wanita saja. Salah satu contohnya yaitu kanker payudara dan kanker serviks. Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker serviks. Penyebab kanker serviks yang paling umum yaitu makanan.

Untuk mengatasinya selain dengan dilakukannya vaksin, rupanya ada juga beberapa makanan alami super sehat yang bisa membunuh virus tersebut. Berikut ini adalah macam-macam makanan yang dapat memicu terjadinya kanker

Makanan Penyebab Kanker

1. Makanan Berlemak

ilustrasi via Blog Bukalapak

Apabila seorang wanita seringkali mengkonsumsi makanan berlemak, maka lemaknya ini akan memproduksi hormon estrogen kemudian pada rahim seorang wanita yang sering kali mendapatkan hormon estrogen dalam jumlah berlebih maka akan memicu pertumbuhan sel kanker.

Kandungan lemak pada suatu jenis makanan banyak ditemukan pada jenis makanan yang digoreng seperti gorengan, keripik, dan juga berbagai jenis gorengan yang lain. 

Jenis makanan yang digoreng ini akan menjadi sangat menakutkan sebagai pemicu kanker serviks apabila digorengnya menggunakan minyak jelantah (minyak bekas). 

Dengan seringkali mengkonsumsi makan yang berlemak juga akan dapat membuat badan kita menjadi gemuk yang mana akan menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam melakukan kegiatan olah raga. Keadaan inilah yang juga akan menyebabkan sel kanker berubah semakin besar.

Oleh karenanya, sebaiknya anda termasuk kita semua harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang mana sangat berguna untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

2. Makanan dan Minuman Beralkohol

ilustasi via Detik Food

Makanan yang mengandung alkohol contohnya adalah seperti tape, cake yang mengandung alkohol (diolah menggunakan campuran rhum, tape, wine, dan lain-lain), dan lain-lain. Sedangkan minuman yang mengandung alkohol contohnya adalah seperti minuman keras, rhum, wine, arak, dan lain-lain.

Oleh karenanya bagi anda kaum wanita ataupun pria sebaiknya kurangilah jika perlu berhentilah dalam mengkonsumsi makanan maupun minum yang mengandung alkohol. Karena bagaimanapun juga alkohol tersebut tidak baik untuk tubuh.

3. Makanan dengan Bahan Campuran Kimia

ilustrasi via Tribunnews.com

Di zaman yang serba maju teknologinya seperti saat ini, rasanya akan sangat sulit sekali menemukan makanan yang terbebas dari campuran bahan-bahan kimia. Makanan dan miniman yang beredar dan dijual bebas di pasaran saat ini paling tidak sedikitnya sudah mengandung suatu jenis zat kimia seperti bahan pengawet, pewarna buatan, dan juga pemanis buatan. 

Oleh karenanya anda harus menghindari makanan dengan bumbu penyedap, makanan instan, makanan kaleng, dan juga daging dalam makanan siap saji karena jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu terjadinya kanker seviks.

Karena pada makanan yang mengandung berbagai macam bahan-bahan kimia dapat menimbulkan terjadinya penyakit, termasuk juga dapat memicu terjadinya kanker serviks.

4. Makanan yang Diolah dengan Dibakar atau Dipanggang

ilustrasi via Kota Bogor

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang?

Hampir semua orang menyukainya, apalagi ini adalah beberapa hari setelah hari raya Idul Adha banyak orang mengolah daging dengan cara dibakar atau dipanggang untuk dibuat sate, steak ataupun juga kambing guling. 

Namun ternyata bahwa makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dapat menjadi pemicu timbulnya kanker serviks. Penyebabnya adalah karena pada arang yang digunakan untuk membakar atau memanggangan bahan makanan, mengandung karbon. Yang mana karbon digolongkan sebagai zat karsinogenik atau zat pemicu terjadinya kanker.

Makanan Pencegah Kanker Serviks

Penyakit mematikan yang kerap mengancam pada kaum hawa ini semakin memprihatinkan. Saatnya kita mulai sadar untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi enam makanan berikut sebagaibentuk pencegahan kanker serviks.

Berikut Makanan Pencegah Kanker Serviks

Teh Hijau

ilustrasi via National Geographic Indonesia

Berfungsi melancarkan pencernaan dan mendukung proses diet, teh hijau juga mampu mengurangi risiko kanker dengan adanyanya kandungan polyphenol serta flavonoid yang membukat sel kanker bekerja secara pasif.

Wortel

ilustrasi via Merdeka

Kaya akan betakaroten, wortel sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker serviks, bahkan nutrisi di dalamnya mampu menetralisir nitrosamines yang mendukung pertumbuhan sel kanker.

Brokoli

ilustrasi via Hello Sehat

Sayuran ini memiliki kandungan kalsium setara dengan segelas susu. Kandungan vitamin B9 di dalam brokoli dapat membantu mengurangi tingkat pertumbuhan sel kanker serviks, prostat, dan payudara.

Raspberry, Blueberry, dan Blackberry

ilustrasi via Hello Sehat

Selain kaya vitamin dan mineral, terdapat pula senyawa fitokimia yang mampu menghambat proses inflamasi serta zat lutein yang berfungsi sebagai penghambat dan pencegah perkembangan pada sel kanker serviks.

Kacang

ilustrasi via Alodokter

Kandungan serta dan protein yang tinggi pada kacang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel. Selain itu terdapat phytochemical yang berfungsi menghancurkan pertumbuhan tumor sehingga tidak berkembang menjadi sel kanker serviks

Tomat

ilustrasi via Program Fitnes

Penelitian di Harvard School of Public Health membuktikan bahwa zat lycopene dalam tomat mampu menghancurkan radikal bebas pada polusi, asap rokok, dan zat bahaya lainnya, serta bermanfaat untuk mencegah sel kanker.

Semoga artikel mengenai makanan penyebab kanker serviks dan makanan pencegah kanker serviks ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Anda bisa terhindar dari kanker serviks.
Top