Ini Alasan Banyak Suami Masuk Neraka Akibat Istri, Meski Ibadahnya Rajin Sekalipun

Komentar

Foto via hipwee.com

Banyak lelaki masuk neraka akibat istrinya...

Dan alasanya juga termasuk juga kata Rasulullah bahwa penghuni neraka adalah kebanyakan wanita....

Selain itu ini yang menyebabkan para suami juga ikut masuk neraka..

Jika dalam sebuah hadist Rasulullah SAW pernah menyampaikan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, bukan berarti laki-laki bisa tenang dan leha-leha begitu saja.

da empat golongan laki-laki yang akan masuk Neraka akibat tidak bertanngungjawab kepada wanita. Maka berhati-hatilah penuhilah hak-hak wanita dan Allah SWT akan meridhaimu.

Baca juga : Jangan Jadi Pembunuh Secara Halus, dengan Bertanya "Kapan Nikah dan Kapan Punya Anak"

Inilah golongan laki-laki yang akan masuk Neraka, sebagai berikut:

Pertama, seorang ayah. Jika seorang lelaki yang telah menyandang gelar ayah namun ia tidak mempedulikan anak perempuannya.

Tidak peduli dia sholat atau tidak! Tak peduli dia bisa ngaji atau tidak. Tidak peduli dia menutup aurat atau tidak.

Tidak peduli mau belajar agama atau tidak. Tugas seorang ayah bukan hanya mencari nafkah tetapi juga membimbing kepada kebaikan.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin, Seorang lelaki adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan Ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka,” (HR Muslim).

Kedua, seorang suami. Suami yang durhaka dan dzalim kepada istrinya. Istri merupakan amanah yang dititipkan walinya kepada seorang pria yang bernama suami.

Ingatlah! Isteri bukan hanya mesin pencetak anak, tetapi isteri adalah sebuah titipan yang harus dijaga dan beri kasih sayang.

Allah SWT berfirman, “….Dan bergaullah dengan mereka secara baik, kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, maka bersabarlah karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kepadanya kebaikan yang banyak,” (QS An-Nisa: 19).

Baca juga :Panduan Mendidik Anak Bagi Janda, Dijelaskan Rinci dalam Al-Qur'an

Ketiga, saudara laki-laki. Sebab jika ayahnya telah tiada, tanggungjawab menjaga seorang wanita adalah saudara lelakinya.

Termasuk dalam hal ini paman, jika mereka hanya mementingkan keluarganya saja, sementara adik atau keponakannya dibiarkan jauh dari ajaran Islam, maka tunggulah ancaman neraka di akhirat kelak.

Keempat, anak laki-laki. Sebab anak laki-laki wajib menafkahi istri dan anaknya, dan juga wajib memperhatikan nasib ibu kandungnya...

Jika ibunya tidak mampu, maka kewajiban nafkahnya juga menjadi tanggungjawabnya. Dan celakalah bagi anak laki-laki yang durhaka kepada kedua orang tuanya...

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut: “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah lalu bertanya, Wahai Rasulullah siapakah orang yang paling berhak aku pergauli dengan sebaik-baiknya?”Sabdanya, “Ibumu” Ia lalu bertanya “kemudian siapa ?” Sabdanya “Ibumu” “kemudian siapa lagi?” Sabdanya “Ibumu”, “Kemudian siapa lagi”, Sabdanya “Ayahmu” (HR. Muslim).

Hadis di atas menjelaskan bahwa kita sebagai anak harus memperlakukan orang tua sebaik-baiknya, khususnya seorang ibu yang telah melahirkan kita hingga kita dewasa kini.

Jika Ingin Dihalangi Dari Siksa Neraka, Lakukanlah Ini

Salah satu tugas suami ialah mencari nafkah. Tentunya, tanggungawab keperluan perut, pakaian dan tempat tinggal, sudah menjadi hal pokok yang harus dipenuhi oleh suami.

Mau tidak mau, suka tidak suka, sang suami harus berusaha mewujudkan itu. Sebab, ketika ia telah memutuskan untuk menikah, di situlah ia pun telah siap mengemban tanggungjawab sebagai kepala keluarga yang harus mensejahterakan anggota keluarganya.

Sekarang ini cari kerjaan susah. Ya, memang tak dapat dipungkiri, bagi seorang lelaki cukup sulit untuk mencari pekerjaan.

Tetapi, ia jangan hanya membiarkan dirinya berdiam diri di rumah. Apalagi hanya mengandalkan istri yang bekerja. Karena memang, seorang wanita yang kini lebih mudah untuk bekerja.

Baca juga : Jangan Cuma Suruh Istri Tampil Cantik, ini Alasan Nyata Suami Juga Harus Dandan

Jika hal itu dilakukan oleh Anda, sebagai suami, maka Anda sungguh sangatlah rugi. Mengapa? 

Sebab, tidak ada yang menghalangi diri Anda dari siksa api neraka. Ya, orang yang memperhatikan nafkah keluarga, maka ia akan terhindar dari siksa api neraka.

‘Adi bin Hatim berkata, “Selamatkanlah diri kalian dari neraka walau hanya melalui sedekah dengan sebelah kurma,” (HR. Bukhari no. 1417).

‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, “Ada seorang ibu bersama dua putrinya menemuiku meminta makanan, akan tetapi ia tidak mendapati sedikit makanan pun yang ada padaku kecuali sebutir kurma. Maka aku pun memberikan kurma tersebut kepadanya, lalu ia membagi sebutir kurma tersebut untuk kedua putrinya, dan ia tidak makan kurma itu sedikit pun. Setelah itu ibu itu berdiri dan pergi keluar. Lalu masuklah Nabi ﷺ, maka aku pun mengabarkannya tentang ini, lantas beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan lalu ia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka’,” (HR. Bukhari no 1418 dan Muslim no 2629).

Ummu Salamah, istri Nabi ﷺ, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mengeluarkan hartanya untuk keperluan kedua anak perempuannya, kedua saudara perempuannya atau kepada dua orang kerabat perempuannya dengan mengharap pahala dari Allah, lalu Allah mencukupi mereka dengan karunianya, maka amalan tersebut akan membentengi dirinya dari neraka,” (HR. Ahmad).

Anda tentu mengharapkan hal ini bukan? Apalagi posisi Anda sebagai suami, memang sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk memperhatikan kebutuhan rumah tangga.

Maka, ayolah bangkit. Jangan hanya berdiam diri di rumah. Sebab, itu tak akan membuat diri Anda bermanfaat, baik itu bagi keluarga maupun bagi diri Anda sendiri.
Top