Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Serta yang Masih Hidup Agar Selalu Mendapat Perlindungan

Komentar
Ilustrasi via www.muslimah.co.id

Berikut adalah doa untuk orang tua yang wajib anak amalkan

Doa anak untuk orang tuanya termasuk bagian dari "birrul walidayn" baktinya seorang anak terhadap orang tua. Hal ini juga akan mengalir dalam genetika keturunan selanjutnya, Jika kita berbakti kepada kedua orang tua, secara tidak langsung kita mulai merangkai membuat anak keturunan kita juga akan berbakti.

Berbakti kepada orang tua

Kedua orang tua kita yaitu bapak dan ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita, mereka lah yang merawat kita sejak baru lahir hingga tumbuh dewasa tanpa meminta imbalan kepada kita.

Tanpa mereka belum tentu kita bisa seperti sekarang.

Mereka pula yang yang memberikan cinta, kasih dan sayang yang murni kepada kita, mereka juga rela berkorban untuk kita tanpa meminta balasan sedikitpun.

Doa untuk orang tua adalah salah satu amalan seorang anak soleh yang mesti dilakukan setiap saat.

Bagi seorang muslim, kita mungkin sering mendoakan kedua orang tua sesudah melaksanakan shalat 5 waktu.

Berbakti kepada orang tua tentu tidak akan bisa menggantikan jasa mereka, oleh karena itu, maka kita juga harus sadar untuk mendoakan dan membahagiakan mereka setiap waktu

Ada 3 doa untuk kedua orang tua yang mudah dipelajari dan diterapkan

1. Q.S. Al Isra' : 24

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا   

Artinya : "Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (Q.S. Al Isra' : 24)


2. Q.S. Ibrahim : 41

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ

Artinya: "Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)". (Ibrahim 14:41)


3. Q.S. Nuh : 28

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Artinya: "Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan"


DOA UNTUK ORANG TUA :

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَات

Artinya:
Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua menyayangiku ketika aku masih kecil

Sebagai seorang anak maka kita sepatutnya harus mendoakan/doa untuk orang tua, karena orang tua tidak pernah meminta balasan dari seorang anak kecuali doa.

Kasih sayang orang tua pada anaknya adalah kasih sayang yang abadi sepanjang masa, mulai kita dilahirkan, dibesarkan, sampai dinikahkan.

Entah berapa banyak pengorbanan yang sudah mereka, ayah dan ibu kita lakukan.

Tak ada yang sanggup membalas seluruh kebaikan tersebut.

Doa untuk kedua orang tua dari al-Quran Doa untuk orang tua (yaitu doa untuk ibu dan bapak) yang akan kita pelajari ini, insya Allah, adalah doa untuk orang tua yang shahih.

Tentu saja, karena bersumber dari al-Quran

Doa ini sangat penting bagi kita semua sebagai seorang anak dan wajib kita panjatkan setiap hari untuk selalu mendoakan kedua orang tua, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, supaya dosa-dosa mereka diampuni oleh Allah SWT, dan Allah SWT menyayangi mereka sebagaimana mereka menyayangi kita diwaktu kecil.

Hubungan antara anak dan orang tua atau orang tua dengan anak sampai kapanpun tidak akan terputus di dunia ini walau misal ada kebencian diantara yang berhubungan tersebut "Naudzubillah", walau demikian tetap yang namanya keluarga tetap keluarga, meski terpisah karena jarak jauh pun tetap anak adalah darah daging dari orang tuanya, dari itu doa sepasang orang tua ibu khususnya takan pernah terputus dari mendoakan anaknya.
Top