Kumpulan Doa Harian Untuk Orang Tua Serta Anak, Agar Menjadi Anak yang Sholeh Dan Sholihah

Komentar
Gambar via kisah asalusul

Mendoakan anak serta orang tua kita...

Pada dasarnya kita memiliki kewajiban untuk mendoakan orang tua kita, namun sebagai orang tua kita juga harus mendoakan anak-anak kita agar menjadi anak-anak yang sholeh dan sholihah.

Lantas seperti apa doa harian untuk anak dan orang tua kita?

Doa untuk Orang Tua

Kedua orang tua kita yaitu bapak dan ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita.

Mereka lah yang merawat kita sejak baru lahir hingga tumbuh dewasa tanpa meminta imbalan kepada kita. tanpa mereka belum tentu kita bisa seperti sekarang.

Mereka pula yang yang memberikan cinta, kasih dan sayang yang murni kepada kita, mereka juga rela berkorban untuk kita tanpa meminta balasan sedikitpun.

Oleh karena janganlah kita membuat marah atau kecewa orang kedua orang tua kita, karena keridhoan Allah Swt, tergantung pada keridhoan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua, maka dari itu sayangi dan hormatilah mereka.

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya:
"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Doa untuk orang tua adalah salah satu amalan seorang anak soleh yang mesti dilakukan setiap saat.

Bagi seorang muslim, kita mungkin sering mendoakan kedua orang tua sesudah melaksanakan shalat 5 waktu.

Berbakti kepada orang tua tentu tidak akan bisa menggantikan jasa mereka.

Sebagai seorang anak maka kita sepatutnya harus mendoakan/doa untuk orang tua,karena orang tua tidak pernah meminta balasan dari seorang anak kecuali doa.

Tak ada yang sanggup membalas seluruh kebaikan tersebut, jikalau doa dari anak sholeh untuk orang tuanya.

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"

Doa untuk Anak

Jika anak kita sholeh dan sholehah, maka orang tua juga lah yang akan menikmati hasilnya. Maka dari itu sejak kecil selalu tanamkanlah nilai nilai syariat agama islam kepada anak anak kita, didiklah mereka dengan ajaran islam serta jangan lupa membaca doa agar anak penurut, pintar dan sholeh.

Mendidik anak supaya menjadi seseorang yang lebih baik akan menjadi lebih sempurna jika didampingi dengan mendoakan buah hati kapanpun dan dimanapun.

Oleh karena itu,berikut kumpulan doa terbaik yang sebaiknya dipanjatkan orangtua untuk kebaikan hidup anaknya.

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur'an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”.

Doa Agar Anak Rajin Sholat

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Surat Ibrahim Ayat 40)

Doa Agar Anak Cerdas dan Sukses

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya:“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

Doa Mohon Anak yang Baik

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’

Artinya: Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa. (Surat Ali ‘Imran Ayat 38 / Doa Nabi Zakaria)

Doa Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum

Artinya:“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

Doa Anak Sholeh

Jika anak kita sholeh dan sholehah, maka orang tua juga lah yang akan menikmati hasilnya. Maka dari itu sejak kecil selalu tanamkanlah nilai nilai syariat agama islam kepada anak anak kita, didiklah mereka dengan ajaran islam serta jangan lupa membaca doa agar anak penurut, pintar dan sholeh.

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

 اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya : Yaa Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.

Doa Anak Sholeh & Sholehah merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus meskipun manusia sudah meninggal dunia.

 Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Muslim tentang Doa Anak Shaleh dan/atau Sholehah "Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara.
Top