Doa Sebelum Belajar dan Setelahnya Agar Ilmu Barokah Serta Bermanfaat

Komentar

foto ilustrasi via tutorquran.com

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar lengkap dengan artinya...

Semoga dengan doa ini ilmu yang Anda ajarkan dan dipelajari anak Anda barokah dan bermanfaat

Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan dari usia anak-anak, remaja, dewaja, sampai orang tua sekalipun.

Membaca doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar selain bisa bermanfaat untuk melatih kepribadian anak-anak supaya lebih religius juga dapat menjadi permohonan kepada Alloh supaya kegiatan belajar yang dilakukan tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal. 

Sahabat yang di rahmati Alloh SWT, kali ini admin akan membahas mengenai Doa sebelum dan sesudah belajar,, Belajar atau mencari ilmu adalah perintah Alloh subhaanahu wa ta'aala kepada kita selaku hambanya, baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun. Ada pribahasa mengatakan "carilah ilmu sampai ke negri cina",akan tetapi sebelum anda menutut ilmu atau mau belajar jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu.

Doa sebelum belajar dan doa selesai belajar lengkap ini adalah doa yang sangat dianjurkan dibacakan ketika seseorang akan memulai untuk menuntuk ilmu. Belajar atau mencari ilmu merupakan perintah Allah SWT kepada kita selaku ummatnya agar terus mencari ilmu. Ilmu itu wajib dicari oleh siapa pun juga, baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun.

Kumpulan doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar lengkap dalam bahasa arab, latin serta terjemahan artinya.

Doa Sebelum Belajar 

Yang pertama adalah doa sebelum belajar. Rasululloh mengajarkan kepada kita supaya ketika hendak belajar menuntut ilmu, kita sebaiknya memohon kepada Alloh supaya dimudahkan dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Berikut ini lafal doa yang dapat dibacakan lengkap dengan latin dan artinya.


Latinnya : Rodlittu billahirobba, wabi islamidiina, wabimuhammadin nabiyyaw-warasulla. Robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa. 

Artinya : Kami ridhoi Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik. Doa di atas berisi tentang ucapan terimakasih kita kepada Alloh karena telah dilahirkan sebagai orang Muslim. 

Selain doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa lainnya sebagai permohonan supaya diberi kemudahan dalam pembelajaran. Atau akan lebih baik bila diamalkan keduanya. Berikut ini lafal dan artinya lengkap. 


Latinnya : Rabbii zidnii ‘ilmaan, warzuqnii fahmaan, waj’alnii minash-shaalihiin. 

Artinya : Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia agar dapat memahaminya, dan jadikanlah aku masuk ke dalam golongan orang-orang yang shaleh. Kedua doa sebelum belajar di atas dapat dibacakan baik ketika kita menuntut ilmu dunia maupun ilmu agama. Berdoalah sebelum belajar supaya kegiatan yang kita lakukan dapat menjadi amal sholeh dan kita dapat diberikan pemahaman olehnya.

Doa Setelah Belajar 

Setelah melewati kegiatan pembelajaran di sekolah, biasanya kita hanya membaca surat Al-Fatihah sebagai doa penutup pembelajaran. Padahal, doa tersebut sebetulnya tidak diajarkan oleh rasululloh. Sebagai gantinya, silakan gunakan doa berikut ini sebagai doa setelah belajar yang sesuai sunnah.


Latinnya : Allohumma arinal haqqo haqqon, warzuqnattibaa’ahu. Wa arinalbaathila baa-thilan warzuqnaj-tinaabahu. 

Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, agar kami dapat mengikutinya. Tunjukkanlah kepada kami keburukan agar kami dapat menjauhinya. Selain doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa setelah belajar dengan lafal berikut ini.


Latinnya: Allahumma innii-istaudi'uka maa-allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi, walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin. 

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan Pemelihara Alam. 

Adab Sebelum dan Setelah Belajar 

Nah, sebagai seorang muslim yang baik, selain dengan mengamalkan doa sebelum belajar dan sesudahnya, kita juga sebaiknya mengikuti adab-adab dalam menuntut ilmu seperti yang dicontohkan oleh Rasululloh. Berikut ini adab-adab tersebut. 

1. Mengikhlaskan niat semata karena Alloh dalam menuntut ilmu. 

2. Rajin berdoa kepada Allah Ta’ala untuk memohon ilmu yang bermanfaat. 

3. Bersungguh-sungguh saat belajar dan selalu merasa haus ilmu. 

4. Jauhkan diri dari dosa dan maksiat dengan bertaqwa kepada Allah Ta’ala. 

5. Tidak boleh angkuh atau sombong dan tidak boleh malu bertanya dalam menuntut ilmu. 

6. Mendengarkan pelajaran yang disampaikan ustadz, syaikh atau guru dengan baik-baik penuh perhatian. 

7. Diam ketika pelajaran disampaikan. 

8. Berusaha memahami dan menghapalkan ilmu syar’i yang disampaikan serta mengikat ilmu dengan tulisan. 

9. Amalkanlah ilmu yang telah diperoleh dan berusahalah untuk menyebarkan ilmu tersebut demi kebaikan. Jika ada yang bertanya tentang suatu ilmu kepada Anda, maka jawablah. Jangan pernah menyembunyikan ilmu.

Setelah membaca doa sebelum dan sesudah belajar segera dipraktekkan di rumah.Semoga bermanfaat dan kita semua dapat diberikan kemudahan dalam menerima ilmu yang disampaikan oleh guru di sekolah atau ketika kita belajar di rumah.
Top