Bacaan Doa Istinja Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Komentar

gambar via janganbrisik.blogspot.com

Bacaan Do'a Istinja

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bacaan doa Istinja, namun alangkah baiknya kita sedikit mengetahui apa yang dimaksud dengan Istinja.

Istinja merupakan salah satu bersuci (thaharah) dari najis. 

Apa sih makna istinya sebenarnya..?

Istinja Adalah

Istinja menurut bahasa artinya terlepas atau selamat, dari bahasa Arab الْاِسْتِنْجَاء . Sedangkan istinja menurut istilah syariat Islam ialah bersuci sesudah buang air besar atau buang air kecil.

Istinja adalah bersuci dari hadas di mana di dalam agama Islam ada beberapa macam cara untuk menyucikan diri dari hadas, yaitu:

Mandi wajib (mandi janabat, mandi besar)
Wudhu (wudu, wudlu)
Tayammum

Ketiga macam cara bersuci tersebut dibedakan atas hukum (atau lebih tepat disebut fiqih) kapan masing-masingnya dapat dilakukan.

Istinja adalah membersihkan apa-apa yang telah keluar dari suatu jalan (di antara dua jalan : qubul atau dubur) dengan menggunakan air atau dengan batu atau yang sejenisnya (benda yang bersih dan suci.

Bersuci semacam ini dalam syara' disebut istinja', karena orang yang beristinja’ berusaha melepaskan diri dari penyakit dan berupaya menghilangkannya dari dirinya, dan pada umumnya berlindung di balik gundukan tanah yang cukup tinggi dan semisalnya, supaya dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan tenang.

Dan yang lebih diutamakan adalah beristinja dengan batu kemudian mengikutinya dengan air.

Boleh juga hanya (beristinja) dengan air atau dengan tiga buah batu yang dapat membersihkan tempat najis. Jika ingin (beristinja) hanya dengan salah satu dari keduanya maka dengan air lebih utama.

Beristinja' hukumnya wajib bagi setiap kaum muslim setelah buang air besar maupun baung air kecil. Sebab segala yang keluar dari alat kelamin maupun anus itu najis, selain mani. Beristinja’ bisa dilakukan dengan tiga cara.

Pertama, membasuh dan membersihkan tempat keluarnya kotoran itu sampai bersih.

Kedua, membersihkan tempat keluarnya kotoran dengan batu, kemudian dibersihkan dan dibasuh dengan air.

Ketiga, membersihkan tempat buang air besar ataupun kecil dengan batu, atau tisu khusus atau benda kesat lainnya sampai bersih. Jika masih ada yang memakai batu, maka sekurang-kurangnya dengan tiga buah batu atau sebuah batu yang memiliki tiga ujung sampai bersih.

Doa Istinja

Setelah buang air besar ataupun buang air kecil, maka wajib untuk melaksanakan bersuci. Cebok atau dalam istilah islam adalah istinjak hendaknya dilakukan dengan benar untuk menghilangkan hadats. Sebelum melakukan istinja/cebok hendaknya membaca Doa istinja/cebok setelah kencing/berak.

Berikut adalah bacaan doanya:


اَللهُمَّ طَهِّرُ قَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْخِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

ALLAAHUMMA THAHHIR QALBII MINAN NIFAAQI WA HASHSHIN FAJRII MINAL FAWAAHISYI

Artinya : " Wahai Tuhanku, sucikanlah hatiku dari sifat kepura-puraan (munafiq) serta peliharalah kemaluanku dari perbuatan keji "

Isi kandungan dalam doa istinja/cebok setelah kencing/berak yaitu kita memohon kepada Allah SWT agar supaya hati kita disucikan dari sifat pura-pura atau munafik serta memohon agar kemaluan kita terjaga atau terpelihara dari perbuatan keji.

Itu adalah doa yang diucapkan setelah beristinja' dan hukumnya sunnah.

Doa istinja dibaca ketika kita bersuci atau cebok untuk membersihkan qubul dan dubur dari kotoran dan najis yang menempel.
Top