"Allah Melaknat" Ibu yang Sengaja Tak Mau Kasih ASI Ke Bayinya Tanpa Alasan ini

Komentar
Foto via wajibbaca.com dari berbagai sumber

Jangan dikira tak menyusui anak itu nggak dosa....

Kalau Ibu sengaja nggak mau menyusui, tanpa alasan kuat berikut ya pasti dosa...

Semisal tidak mau ribet jika keluar rumah harus membuka-buka baju, kalau menyusui tak bisa makan pedas, lebih gampang pakai susu formula

Hati-hati azabnya pedih lho...

Berdosakah apabila seorang ibu tidak memberikan ASI kepada buah hatinya? Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثُمَّ انْطَلَقَ بِي فَإِذَا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَّاتُ, قُلْتُ: مَا بَالُ هَؤُلَاءِ؟ قِيلَ: هَؤُلَاءِ اللَّاتِي يَمْنَعْنَ أَوْلَادَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ

“Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.”

(HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya 7491, Ibnu Khuzaimah 1986, dan Syaikh Muqbil rahimahullah dalam Al-Jami’ush Shahih menyatakan: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.” Hadis ini juga dinilai shahih oleh Imam Al-Albani).

Dari hadits di atas bisa kita simpulkan bahwa perilaku tidak menyusui sang bayi dengan sengaja merupakan perkara yang dilaknat oleh Allah SWT. 

Berbeda ketika seorang ibu tidak memberikan susu tapi dengan alasan yang syar’i seperti payudara susah atau tidak keluar susu.

Baca juga : Satu Hal yang Dilarang Keras Oleh Rasullullah untuk Diceritakan Pada Suami

Dalam Islam, menyusukan bayi kepada orang lain karena halangan syar’i ternyata diperbolehkan.

Sebagaimana Allah SWT dalam firmanNya,

وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلادَكُمْ فَلا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ

“Jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang layak…” (QS. Al-Baqarah: 233).

وَإِنْ تَعَاسَرْتُمْ فَسَتُرْضِعُ لَهُ أُخْرَى

“Jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya…” (QS. At-Thalaq: 6).

ASI merupakan asupan terbaik untuk bayi. Tidak ada yang bisa menggantikan nutrisi yang diberikan oleh ASI. Sehingga, memberikan susu formula bagi bayi yang baru lahir merupakan kesalahan besar.
Top