5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista

Penulis Penulis | Ditayangkan 27 Apr 2018

5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista
Sumber gambar google+

Coba cek dulu seperti ini tanda-tanda haid tidak normal yang menyerang perempuan.

Waspadai penyakit berbahaya ini...

Umumnya kaum hawa mengalami menstruasi atau haid sekali dalam sebulan. Namun ada beberapa yang mengalami haid 2 kali dalam sebulan.

Hal ini terjadi pada Anda, apa yang Anda pikirkan? Daripada menduga-duga yang tak pasti, lebih baik memahami penyebab dan solusinya

Untuk mengetahui normal tidaknya haid yang kita alami memang sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. Tapi kita bisa mengeceknya sendiri.

Secara umum, ada lima gejala haid yang kemungkinan tidak normal. Kalau kamu mengalaminya, ada baiknya untuk bisa mencari penanganan langsung ke dokter, ya.

1. Nyeri Haid Parah

5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista
Sumber gambar dreamers.id

Nyeri haid merupakan hal yang normal dialami wanita menjelang atau saat sedang haid. Tapi seperti yang dilansir oleh familyshare.com, jika nyeri yang dirasakan sangat parah sampai susah bangun dari tempat tidur, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter. Salah satu gejala haid yang tak normal adalah nyeri haid yang yang terasa lebih parah dari biasanya. Hal ini bisa jadi indikator kamu mengalami endometriosis.

2. Telat 3 Siklus Haid Berturut-Turut

5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista
via derherbal.com

Menurut Cleveland Clinic, kalau telat haid sampai lebih dari 90 hari (3 bulan), ini gejala yang tak normal. Kecuali kalau kondisimu masih remaja yang baru awal-awal mengalami haid, baru melahirkan, sedang menyusui, atau menjelang menopause. Penyebab telat haid ini bisa bermacam-macam, seperti faktor diet, penggunaan alat kontrasepsi, atau mengalami kanker serviks.

3. Darah Haid Keluar Lebih dari 7 Hari

5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista
via bintang.com

Rata-rata haid berlangsung lima hari. Kalau darah haid keluar lebih dari seminggu, saatnya kamu melakukan check up.

4. Keluar Darah di Antara Siklus Haid

5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista
via ujiseo.com

Seperti yang dikutip dari Mayo Clinic, keluarnya darah dari Miss V saat sedang tidak haid penyebabnya bisa sangat beragam dan berhubungan dengan sistem reproduktif. Penting untuk selalu mencatat atau setidaknya menandai siklus haidmu setiap bulannya untuk bisa memperhatikan normal tidaknya darah yang keluar dari Miss V.

5. Susah atau Sakit Saat Buang Air Kecil

5 Tanda Kemungkinan Haidmu Nggak Normal, Bisa Jadi Kista
via calciumsoftgel.com

Gejala ini merupakan salah satu gejala kanker rahim. Kanker rahim membuat mulut rahim bengkak dan menekan kandung kemih, sehingga ketika buang air kecil akan merasa kesulitan atau kesakitan.

Kalau kamu mengalami tanda atau gejala tersebut, segera periksakan diri, ya. Jangan sampai semua terlambat karena kita mengabaikan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh kita.

Bagaimana mengobati haid 2 kali sebulan? 

Pengobatan tergantung pada penyebab haid 2 kali yang Anda alami. Jika normalnya Anda memang memiliki siklus haid yang lebih pendek atau jika Anda baru saja mulai menstruasi (remaja puteri), pada kondisi ini tidak diperlukan tindakan perawatan.

Namun, jika dokter melihat ada kemungkinan timbulnya anemia maka dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi seperti yang dikutip dari mediskus.com

Berkonsultasi dengan dokter 

Perubahan siklus haid dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk segera menghubungi atau berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami perdarahan berlebih atau abnormal, seperti pada kasus haid 2 kali sebulan ini.
SHARE ARTIKEL