Cara Mengajarkan Anak Agar Bisa Bersyukur Sejak Kecil

Komentar


Jangankan mengerti arti kata bersyukur. Meski tak dimanjakan anak kecil memang sudah punya sifat manja...

Apalagi kalau kita sebagai orangtua yang kehidupannya masih dibawah rata-rata. Sedangkan anak ingin minta barang ini itu karena berteman dengan anak yang kaya...

Minta sepeda bagus, minta smartphone bagus, dll... Gimana mengajari anak seperti ini. Simak selengkapnya...!

Orangtua memang akan selalu melakukan banyak hal agar anaknya bisa bahagia.

Salah satunya adalah dengan memanjakannya. Sebab anak akan merasa tercukupi dan terpenuhi hidupnya.

Namun, hal ini malah tak baik untuk perkembangan masa depan anak. Sampai dewasa anak akan selalu ingin dimanja dan tak mau mandiri.

Untuk itu para orangtua diharuskan untuk membatasi perlakuan yang terlalu memanjakan anak.

Dengan cara apa kita sebagai orangtua membatasi untuk memanjakan anak?

Yaitu dengan cara mengajarkan anak untuk selalu bersikap bersyukur.

Dengan cara ini diharapkan anak bisa mengerti dan tak terlalu dimanjakan karena sudah bisa bersyukur, apalagi sejak dini.

Nah, jika kalian para orangtua nggak tahu bagaimana caranya, simak tipsnya berikut ini

1. Mendidik anak sejak usia dini



Mendidik anak untuk selalu bersyukur sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membatasi setiap keinginan anak. Ketika anak menginginkan sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya Anda jangan langsung memberikan benda tersebut.

Baca Juga : Masih Banyak Orang yang Tidak Tahu dengan 13 Gejala Tipus Pada Anak ini

Berikan pengertian pada anak tentang konsep mensyukuri sesuatu yang telah dimilikinya karena tidak semua orang bisa mendapatkannya.

2. Berikan contoh yang baik dan jadilah panutan



Anak-anak cenderung lebih mudah untuk meniru apa yang dilihatnya. Nah, kemampuan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan anak belajar bersyukur.

Anda sebagai orangtua hendaknya menjadi panutan dengan memberikan contoh yang baik bagi anak. Ketika anak melihat kebiasaan baik Anda seperti beramal, berhemat ataupun mensyukuri sesuatu maka secara tidak langsung anak akan meniru kebiasaan tersebut.

3. Mempraktikan langsung



Mendidik anak dengan teori saja tidak akan cukup dan kemungkinan untuk berhasilnya pun sangat kecil.

Anda harus mempraktikan langsung apa yang Anda ajarkan pada anak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa anak memiliki kecenderungan untuk meniru. Nah, maka dari untuk membentuk pribadi anak yang selalu bersyukur harus dimulai dari diri Anda dengan memberikan contoh yang nyata.

Baca Juga : Sering Disepelekan, Bunda Tanamkan Kebiasaan ini Pada Anak Setiap Waktu

4. Ajarkan pada anak untuk beramal



Dalam mendidik anak untuk selalu bersyukur, Anda juga harus menerapkan konsep untuk berbagi dengan sesama. Ajarkan pada anak untuk membantu sesama yang nasibnya tidak seberuntung dirinya. Dengan begitu anak akan belajar bersyukur dan lebih menghargai apa yang dimilikinya.

Itulah beberapa langkah dasar dalam mendidik anak untuk selalu bersyukur.  Dampak positif dari pendidikan moral yang satu ini akan membentuk pribadi anak yang selalu menghargai dan menyayangi sesama. Selain itu, anak-anak akan lebih menghargai sesuatu yang dimilikinya sehingga menggunakannya dengan bijak.
Top