Sebelum Titipkan Anak ke Baby Sitter, Hal-Hal Penting ini Perlu Diperhatikan

Penulis Unknown | Ditayangkan 20 Mar 2018
Sebelum Titipkan Anak ke Baby Sitter, Hal-Hal Penting ini Perlu DiperhatikanFoto via merdeka.com

Yakin menitipkan anak ke baby sitter?

Nggak takut?

Kalau anda sebagai orangtua belum yakin, pastikan beberapa hal ini dulu agar anda bisa yakin untuk menitipkan anak ke baby sitter...

Setiap orangtua pasti ingin si kecil dirawat sendiri tanpa harus menyewa baby sitter atau yang lainnya.

Sebab perkembangan anak akan jauh lebih baik jika dirawat orangtuanya sendiri.

Namun, bagi orangtua berkarier banyak yang rela menyewa baby sitter untuk anaknya.

Sebenarnya selain baby sitter, orangtua dapat memanfaatkan daycare atau tempat khusus mengasuh bayi.

Keuntungan menggunakan jasa baby sitter adalah Si Kecil akan mendapat perhatian penuh dan lebih mudah diawasi serta dipenuhi kebutuhannya dalam lingkungan rumah yang stabil.

Selain itu, baby sitter juga dapat membantu mengantar dan menemani Si Kecil sambil mengawasinya ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Hanya saja biaya baby sitter mungkin akan relatif lebih mahal dibandingkan daycare.

Baca Juga : Iya Butuh Duit, Tapi Kalau Anak Ditinggal Terus, Itu Anak Ibu atau Anak Baby Sitter?

Kemudian jika baby sitter sakit atau berhalangan, maka rutinitas dan kegiatan anak bisa saja terganggu.

Nah, untuk mencari amannya saat menitipkan anak ke baby sitter simak tips berikut ini sebagaimana dikutip alodokter.com


Memastikan Baby Sitter Sesuai Kriteria

Dalam mencari baby sitter yang cocok dan sesuai dengan keinginan, kamu dapat meminta rekomendasi dari teman atau keluarga yang dapat dipercaya, agar mendapatkan pengasuh yang handal dan bertanggung jawab. Mintalah bantuan tetangga, jika kamu masih baru berada di lingkungan tersebut. Informasi juga bisa diperoleh dari sekolah atau tempat penitipan anak terdekat.

Sebelum Titipkan Anak ke Baby Sitter, Hal-Hal Penting ini Perlu Diperhatikan
foto via pembantu.com

Baca Juga : Dinilai Tak Pantas dan Tak Manusiawi, Menu Khusus Baby Sitter atau ART di Restoran Adik Raffi Ahmad Ini Gegerkan NetiZen

Peran baby sitter sangat penting bagi Si Kecil. Untuk itu penting untuk cermat memilih baby sitter dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Mencari baby sitter yang berpengalaman

Perhatikan usia baby sitter yang akan menjaga Si Kecil di rumah, pilihlah yang memiliki usia cukup matang dan tidak terlalu muda. Jangan menggunakan jasa baby sitter yang masih berusia remaja, atau kurang dari 14 tahun. Selain itu, hal yang penting juga adalah pengalaman dalam merawat anak-anak serta kecocokan orangtua dan anak dengan kepribadian baby sitter.

2. Melakukan wawancara 

Meski telah mendapatkan rekomendasi dari teman, sebaiknya kamu harus mewawancarai terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyiapkan daftar pertanyaan penting, seperti pengalaman mengasuh dan merawat anak-anak dan sertifikat yang menunjukkan dia pernah mengikuti pelatihan baby sitter. Baby sitter yang baik tidak hanya dapat mengasuh dan merawat anak saja, tetapi juga harus bisa memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) pada anak.

3. Memperhatikan interaksi dengan Si Kecil

Saat wawancara baby sitter di rumah, lihat bagaimana ia melakukan interaksi langsung dengan Si Kecil. Selain itu, kamu bisa menanyakan apa tindakannya jika Si Kecil tidak mematuhi perintahnya atau melakukan hal yang dilarang. Kemudian untuk anak-anak yang lebih besar, bagaimana cara baby sitter menghibur atau mengajak anak bermain untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Baca Juga : Babysitter di Kalimantan Bunuh Balita Hanya Karena Terganggu Saat Merokok

Tetap Mengamati Baby sitter

Ketika pertama kali baby sitter bekerja, sebaiknya kamu berada di rumah selama beberapa hari untuk mengawasi dan memberi tahu rincian tugas yang harus dikerjakan. Amati pekerjaannya, bagaimana dia interaksi dan mengasuh Si Kecil. Jelaskan sejak awal apa saja pekerjaan dan tanggung jawabnya. Jangan memberikan pekerjaan lain yang bukan tugasnya.

Sebelum Titipkan Anak ke Baby Sitter, Hal-Hal Penting ini Perlu Diperhatikan
foto via venuejakarta.com

Baca Juga : Jangan Khawatir Moms, ini Tips Memilih "Daycare" yang Cocok Untuk Perkembangan Anak

Berikan semua informasi yang dibutuhkan padanya, seperti nomor telepon penting yang bisa dihubungi saat keadaan darurat dan di mana dia bisa mencari bantuan jika memerlukan pertolongan. Jelaskan jadwal harian Si Kecil, agar bisa menjalankan jadwal yang sama meski kamu tidak ada di rumah. Beri tahu baby sitter juga apa yang perlu dihindari Si Kecil.

Mencari baby sitter yang cocok itu tidaklah mudah. Jika kamu sudah mendapatkannya, jagalah hubungan baik dengannya agar dia nyaman serta betah bekerja merawat dan menjaga Si Kecil.

Kuncinya adalah buat dia merasa dibutuhkan, dihargai, dan diterima di rumahmu. Ingat bahwa ini adalah hubungan kerjasama dua arah. Jika kamu menghormatinya, dia juga akan memperlakukanmu demikian, termasuk pula dengan perlakuannya terhadap Si Kecil.

Namun, alangkah baiknya jika merawat anak itu dirawat sendiri saja tanpa perlu menyewa baby sitter.

Sebab rasa sayang anak akan berkurang kepada orangtuanya sendiri. Dan lebih ke baby sitternya.
SHARE ARTIKEL