Tetangga Piknik Tiap Bulan Tapi Uangnya Kok Malah Mengalir Terus? Jawabannya Cuma 1

Komentar

Foto via momonganak.org

Pernah gak sih Bunda melihat foto teman-teman Bunda yang lagi piknik terus? Isinya kok cuma main-main saja. 

Pernah lihat? Dan pernahkah Bunda berpikir begini, “Kok uangnya gak abis-abis? Kan mahal tuh piknik mulu.”

Mau tau jawabannya? cuma simple tapi ngena banget 

Melihat teman bisa pergi-pergi, bisa jalan-jalan sama keluarganya rasanya minder dengan diri sendiri yang setiap hari kerjanya di dapur pakainnya kusut, bau keringat karena didapur panas.

Baca juga : Bukan Karena Suami Lebih Tua, ini Fakta Kenapa Istri Terlihat Lebih Tua dari Usianya

Setiap bulan uang buat anak bayar sekolah, buat bayar tagihan listrik, tagihan air, beli beras, dan kebutuhan lainnya habis akhirnya tak bisa jalan-jalan.

Tapi kenapa melihat teman-teman ya hidup juga sama pas-pasan tapi kenapa bisa tiap bulan piknik terus, apa uangnya gak habis?

Kalau Bunda berpikir begitu, berarti sama dengan yang dipikirin oleh Arya Dewandra. Ia menuliskan begini di akun media sosialnya.

Dulu saya pernah heran dengan beberapa teman saya, mengapa ya mereka itu hobi banget keluyuran piknik keluar negeri sama anak istri. Apalagi badjetnya pasti gak sedikit. Tapi kok anehnya uangnya ngalir terus gak habis habis..

Saya juga terheran heran dengan beberapa teman saya yang hobi banget koleksi barang antik, padahal harganya selangit.

Kalo dipikir ngapain juga beli barang kayak gituan yang gak penting, malah pemborosan. Tapi kok anehnya uang mereka kayak gak habis habis gitu, dan ngalir terus kayak air terjun.

Saya makin kepo dan bertanya pada mereka, kok piknik terus keluar negeri? Apa gak boros? Kenapa sih kok beli barang kayak gitu..? Kan mahal?

Baca juga : Terjadi Perselisihan Antara Istri dan Ibunya, Mana yang Harus Diikuti Suami?

Jawaban mereka simpel, semua itu cuma buat senang-senang aja..!

Jawaban yang simpel tapi sudah menjawab rasa penasaran saya selama ini. Ternyata memang benar, ketika kita mengeluarkan uang dengan perasaan senang justru uang itu akan kembali lagi berlipat lipat. 

Namun sikap ini berlawanan dengan kebanyakan orang yang merasakan kesedihan ketika mengeluarkan uangnya.

Hmmm.. Pantes saja ada yang kaya makin kaya ada yang miskin makin miskin, ini terjadi bukanlah karena banyak atau sedikit uangnya, tapi karena sikapnya terhadap uang.

Memang benar kata seorang guru, bersenang senanglah dengan duit karena memang duit itu untuk dinikmati, bukan terus di keluhi..


Allah sudah memberitahukan kita semua lewat Al-Quran, yang berbunyi:

“Allah telah menjamin rezeki untuk setiap makhluk-Nya. Tiada suatu binatang melatapun yang tidak mendapat jaminan rezeki dari-Nya.”
(QS. Huud: ayat 6)

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: ayat 2-3)

Tugas utama seorang istri adalah “Ummu Warobatul Bait ” ibu dan pengatur Rumah Tangga. Jika tugas utama ini terabaikan dengan aktifitas mubahnya dalam bekerja maka hukum bekerja menjadi tidak diperbolehlan (Allah membencinya).

Karena jika hilang fungsi istri dan seorang ibu maka kehancuran generasi sudah menjadi suatu kepastian, karena mereka adalah madrasatul ula (pendidikan pertama dan utama) bagi anak-anaknya.
Sebagai tambahan nih, kami berikan tips liburan keluarga yang kami kutip dari liburkeluarga.com.

Baca juga : Viral Bayi 9 Bulan Merangkak di Jalan Raya, Mudah Mencegahnya Jika Orangtua Lakukan 9 Hal ini

10 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Untuk yang anggarannya agak cekak, masih bisa liburan kok. Berikut ada 10 tips liburan hemat tapi tetap berkesan bagi keluarga Anda:

1. Persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika kita mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan kita selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

2. Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika kita bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Kita dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

3. Biasanya dengan mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika kita ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

Baca juga : Balita 3 Tahun Disiksa Gurunya, ini yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Anak Dianiaya Guru

4. Cermatlah dalam memilih tempat liburan. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

5. Sama seperti tempat liburan, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika kita memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir kita sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.

6. Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya selain pengalaman yang menyenangkan, tentunya bisa menghemat uang kita.

7. Jika kita mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Kita bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season”.

8. Jangan lupa untuk selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, kitapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.

9. Bawalah uang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua pengeluaran selama perjalanan dari awal hingga akhir.

10. Jika budget kamu saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak. Bahkan rumah pun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

Semoga tips yang disajikan bisa bermanfaat untuk keluarga Anda
Top