Rasulullah Melarang, Jangan Makan dengan Posisi Seperti ini

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 15 Mar 2018
Rasulullah Melarang, Jangan Makan dengan Posisi Seperti ini
Foto via iadzah.com
Sekarang malah posisi seperti ini memang favorit semua orang

Rasulullah melarangnya, dan setelah bari baru ini diteliti, posisi makan yang seperti ini akan mengakibatkan perut yang menjadi semakin buncit

Namun dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melakukannya, karena yang seperti ini paling enak posisinya dan banyak yang seperti ini...

Cara makan yang tidak disukai adalah makan sambil bersandar. Cara makan seperti ini termasuk cara makan orang yang lahap sehingga tidak disukai atau dinilai makruh.

Baca juga : Balasan Pedih Bagi Suami yang Tak Memperhatikan Istri Saat Hamil, Tapi Malah Perhatikan Ibunya

Jika demikian, maka sudah sepantasnya kita menghindarinya. Abu Juhaifah mengatakan, bahwa dia berada di dekat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, kemudian Rasulullah berkata kepada seseorang yang berada di dekat beliau,

“Aku tidak makan dalam keadaan bersandar.” (HR. Bukhari no. 5399)

Makna makan muttaki-an. Ibnul Atsir rahimahullah berkata, “Yang dimaksud muttaki-an adalah condong ketika duduk bersandar pada salah satu sisi.” (Lihat Tawdhihul Ahkam, 5: 439)

Disebutkan oleh Ibnu Hajar rahimahullah dalam Fathul Bari (9: 451), “Mengenai makna ittika diperselisihkan maknanya oleh para ulama.

Ada yang mengatakan, pokoknya bersandar ketika makan dalam bentuk apa pun. Ada yang menjelaskan, yang dimaksud adalah condong pada salah satu sisi.

Ada pula yang memaknakan dengan bersandar dengan tangan kiri yang diletakkan di lantai.”

Dari perkataan Imam Malik yang disimpulkan oleh Ibnu Hajar- terdapat isyarat bahwa beliau memaksudkan duduk ittika untuk segala macam bentuk bersandar, tidak khusus pada cara duduk tertentu.

Disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (9: 451) bahwa ada hadits yang melarang bersandar dengan tangan kiri ketika makan. Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Adi dengan lafazh,Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang seseorang bersandar pada tangan kiri ketika makan.”

Rasulullah Melarang, Jangan Makan dengan Posisi Seperti ini
Posisi makan seperti ini yang mestinya dihindari

Baca juga : Jangan Semir Rambut Meski Banyak Uban, Terungkap Sehelai Uban Punya Beribu Manfaat

Sayangnya, sanad hadits ini dhoif sebagaimana kata Ibnu Hajar. Namun posisi makan seperti ini sebaiknya dihindari karena masih termasuk ittika (bersandar) sebagaimana kata Imam Malik.

Apa hukum makan sambil bersandar? Ibnul Qashsh menyatakan bahwa hal ini hanya dimakruhkan untuk nabi. Namun Al Baihaqi menyatakan, yang lainnya pun dimakruhkan makan sambil bersandar. Karena cara makan seperti ini berasal dari para raja non Arab. Namun jika ada seseorang yang tidak memungkinkan makan selain dengan bersandar, hal itu tidak dikatakan makruh. (Lihat Fathul Bari, 9: 451)

Di antara alasan kenapa makan sambil bersandar terlarang karena dikhawatirkan perut menjadi bertambah buncit. Sebagaimana ada riwayat dari Ibnu Abi Syaibah dari jalan Ibrahim An Nakhoi. Disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Al Fath (9: 452).

Ibnu Hajar mengatakan, “Jika sudah disadari bahwasanya makan sambil bersandar itu dimakruhkan atau kurang utama, maka posisi duduk yang dianjurkan ketika makan adalah dengan menekuk kedua lutut dan menduduki bagian dalam telapak kaki atau dengan menegakkan kaki kanan dan menduduki kaki kiri.” (Fathul Bari, 9: 452)

Semoga Allah senantiasa memberikan kita taufik untuk beramal dan mengikuti sunnah Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
SHARE ARTIKEL