Pelukan Ibu Bisa Turunkan Demam Anak, Bagaimana Bisa? Ini Penjelasan Medisnya

Komentar

foto via kumpulanpenyakit.com

Panik saat si kecil demam?

Mulai sekarang nggak usah panik dan repot sendiri, ternyata demam si kecil bisa diatasi hanya dengan menggendongnya lho bun.

Benarkah...?

Pelukan yang diberikan ibu kepada bayinya ternyata sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Menurut penelitian, dekapan hangat bisa membuat anak menjadi lebih tenang dan bahagia. Ibu yang memeluk dengan nafas dalam juga dapat merangsang saraf motoris dan sensoris buah hatinya. Beberapa ibu bahkan mengaku jika pelukan bisa menurunkan demam bayi. Benarkah?

Aktris Laura Basuki mengaku pernah mengalami. Ibu dari Owen Sandjaja yang kini berusia delapan bulan tersebut mengatakan pernah mendekap anaknya saat tengah demam.

Baca Juga : Musim Hujan Marak Demam, dan Radang Tenggorokan, Atasi dengan Cara Sederhana ini

Pelukan itu pun bisa membuat panas Owen turun satu derajat celcius.

"Sentuhan penting sekali. Ketika baru lahir bayi yang otomatis menangis, waktu ditaruh di dada langsung tenang karena mendengarkan detak jantung kita. Kita juga jadi tenang dan ASI langsung keluar. Anak demam 38,5 derajat jadi 37,5 derajat," kata Laura saat mengisi acara pengenalan kampanye MamyPoko Love Touch di Pokojang Land, Atrium mal Central Park, Jakarta Barat.

Dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK (K) pun memberikan pendapatnya.

Menurutnya, kontak antar kulit memang bermanfaat bagi anak dan ibunya. Salah satunya adalah membantu mengurangi demam. Meski begitu, perlu diingat bahwa memeluk saja kadang tidak cukup untuk mengobati panas tinggi yang dialami buah hati.

Baca Juga : Dikira Demam Biasa, Tapi Aneh Hingga Sebulan Tak Sembuh, Ternyata Ada Benda ini Dihidungnya



"Seperti air panas yang dicampur dengan dingin. Air itu bisa berkurang tingkat kepanasannya karena sebagian suhu diabsorsi. Tapi itu tidak menyembuhkan. Penyebabnya tidak hilang tapi mengurangi," ungkap Titi.

TIPS LAIN MENGATASI DEMAM SI KECIL

Kalau cara diatas masih belum bisa menurunkan demam sikecil, bunda bisa cari cara alternatif lainnya yang bisa turunkan demam si kecil.

Agar bunda tak repot dan ribet, berikut cara mengatasi demam si kecil sebagaimana dikutip natural.com

Baca Juga : Irisan Bawang di Sudut Kamar dan Jaring Kipas Angin, Ampuh Hilangkan Alergi Hingga Demam Anak

1- Memperbanyak asupan cairan bagi anak / bayi. Memberikan cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, misalnya dengan memberinya air putih yang cukup, sari buah, maupun makanan berbentuk cair. Untuk bayi di bawah 1 bulan, sebaiknya cukup menyusui ASI yang cukup.

2- Rajin mengontrol suhu tubuh anak dengan termometer yang tepat untuk anak / bayi. Contohnya untuk bayi usia 0 hingga 3 bulan, pakailah termometer yang digunakan lewat anus, untuk bayi 3 bulan hingga 4 tahun bisa digunakan termometer anus maupun yang dipakai lewat mulut. Untuk anak usia 4 tahun ke atas gunakan termometer yang dipakai lewat mulut. Sebaiknya hindari menebak suhu tubuh anak jangan hanya dengan tangan, pakailah termometer.

3- Jangan memakaikan anak pakaian maupun selimut yang tebal, pakaikanlah pakaian yang tipis. Hal ini bertujuan untuk mencegah overheating (suhu panas berlebih). Selain itu, dengan menggunakan pakaian yang tipis, bayi atau anak akan bebas bergerak dan hal ini juga dapat mengurangi resiko terjadinya kejang.

4- Selalu rutin mengganti pakaian anak agar ia selalu merasa nyaman. Sebaiknya memilih pakaian yang berbahan katun yang dapat menyerap panas dan keringat anak / bayi.

5- Kompres anak dengan menggunakan air hangat (30 hingga 32 derajat celcius). Hindari penggunaan air dingin maupun alkohol pada saat mengompres, karena dapat memicu penyempitan pembuluh darah bawah kulit si anak yang justru akan mengakibatkan terperangkapnya suhu panas di dalam bagian tubuh yang lebih dalam. Selain itu, penggunaan alkohol dapat meningkatkan resiko keracunan saat kandungan alkohol terserap kulit bayi.

6- Memberikan makanan bayi dengan tekstur yang lembut serta rendah serat serta gizi yang seimbang untuk memperkuat daya tahan tubuh anak, seperti biskuit, roti, sereal, maupun bubur. Hindari pemberian makanan pedas pada anak.

7- Pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup.

8- Tidurkan / baringkan anak di suhu ruangan yang nyaman, yaitu tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

9- Terapi dekapan bunda. Terapi skin to skin antara ibu dan anak sangat efektif untuk memberikan rasa nyaman pada mereka. Anak / bayi akan lebih merasa terlindungi dan aman saat berada dipelukan ibu.

10- Memberikan obat penurun panas. Pemberian obat seperti paracetamol, acethaminophen, maupun ibuprofen dapat membantu meringankan demam pada anak. 

Jika mendapati anak / bayi sedang terserang demam, langkah awal sebagai orang tua adalah tetap berfikir tenang dan jangan terlalu panik, cari tahu penyebabnya, dan segeralah menghubungi dokter jika demamnya berlanjut parah.
Top