Paling Bermanfaat Untuk Bunda yang Ingin Berhemat, Ini 6 Tips Mengemat Gas LPG

Komentar

Sumber gambar resepkoki.com

Menghemat gas di dapur sebenarnya mudah dan sederhana. Masalahnya, ini berhubungan dengan kebiasaan kita menggunakan kompor gas.

Selain hemat, Bunda akan dipuji jadi istri yang cerdas sama suami karena menghilangkan kebiasaan masak yang tak perlu...

Nah, dengan menghemat gas di dapur ini, Anda juga bisa membuat anggaran belanja bulanan lebih irit. Ingin tahu bagaimana caranya?

Berikut kami rangkum 6 tips menghemat kompor gas yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Ukuran Api

Gunakan api dengan nyala yang tidak terlalu besar melebihi bagian atas dari penggorengan atau panci. Panas berlebih ini akan terbuang percuma.

2. Tutup Panci

Ketika merebus usahakan untuk selalu menutup panci. Cara ini mampu mempercepat proses pematangan karena uap yang dihasilkan tidak terbuang percuma. Disamping nutrisi bahan pangan yang direbus tidak akan hilang.

3. Matikan Sejenak

Ketika menumis sayur, matikan api pemasak ketika sayur masak setengah matang. Biarkan sayur tetap berada di dalam penggorengan atau panci karena proses pematangan masih akan terus berlanjut sebagai akibat panas yang tersisa dari peralatan masak.

4. Gunakan perangkat masak berbahan stainless steel

Memang di pasaran banyak panci dan wajan yang berbahan aluminium yang harganya lebih murah, juga yang berbahan enamel yang tampilannya lebih cantik.

Tapi, sebenarnya kedua jenis logam tersebut bukan penghantar panas yang baik. Penghantar panas terbaik adalah stainless steel. Dengan menggunakan perangkat masak berbahan stainless steel makanan akan lebih cepat matang.

5. Sesuaikan ukuran alat masak dengan bahan yang dimasak

Gunakan perangkat masak yang ukurannya sesuai dengan porsi makanan yang akan dimasak. Kalau porsi makanan yang akan dimasak kecil, jangan menggunakan panci atau wajan yang besar.

Sebab, panci dan wajan yang besar membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi panas. Sehingga, penggunaan gas juga jadi lebih banyak.

6. Memasak daging terlalu lama

Bahan makanan paling boros menggunakan gas adalah daging, terutama yang bertulang seperti buntut atau iga. Jadi, jika kita hendak memasak daging, sebaiknya manfaatkan pressure cooker.

Sebagai perbandingan, memasak buntut atau iga sampai empuk tanpa menggunakan pressure cooker biasanya membutuhkan waktu hingga 2 jam. Sementara dengan menggunakan pressure cooker, 50 menit sudah empuk.
Top